Cara membuat QR Code untuk blog

- Diupdate 19 September
Cara membuat QR-Code untuk blog

Apa itu QR Code?

QR Code atau kode QR tahu kan? saya yakin teman-teman pasti tahulah. Kode QR (Quick Response) merupakan sebuah kode yang menyimpan informsi tertentu seperti link, kartu nama, teks, kontak, nomor telepon dan sebagainya. Kode QR ini sendiri semacam metrik barcode yang ditemukan oleh perusahaan otomotif Jepang Denso Wave.

Ketika kode QR ini discan dengan menggunakan aplikasi QR Scanner maka informasi yang tersimpan di dalamnya akan ditampilkan secara instan. Yah namanya juga quick response. Untuk informasi berupa link yang muncul kita bisa menyentuhnya untuk mengakses link tersebut. Namun beberapa aplikasi kode QR Scanner bisa membuka link tersebut secara otomatis tanpa perlu kita sentuh.

Umumnya kita bisa menemukan kode QR ini pada kemasan produk layaknya barkode pada umumnya, pada kartu nama, dinding-dinding cafe, billboard iklan, billboard perusahaan, banner, selebaran, buku atau majalah dan sebagainya.

Keberadaan kode QR ini menjadi pintasan yang membuat akses informasi lebih efisien. User yang ingin mengakses informasi tidak perlu lagi capek-capek untuk mengetik di smartphone mereka, cukup scan saja and done.

Keuntungan blogger memiliki QR Code

Lalu apa keuntungan bagi blogger memiliki kode QR? Tentu saja ada beberapa keuntungan yang akan kita peroleh terutama untuk branding.

  1. Bagus untuk branding blog
  2. Membuat blog kita terlihat profesional
  3. Memudahkan user dalam mengakses blog kita
Lalu apakah memiliki kode QR aman untuk blog kita? Tentu saja aman...

Cara membuat Kode QR untuk blog

Untuk membuat kode QR caranya sangat mudah dan tentu saja gratis. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Masuk ke situs https://id.qr-code-generator.com/
  2. Masukkan alamat blog kalian pada kolom url yang disediakan
  3. Klik tombol BUAT KODE QR
  4. Dibawah area preview kalian bisa memberi gaya tambahan (optional) seperti menambahkan logo (daftar dulu), merubah bentuk bar, warna maupun bingkai.
  5. Klik tombol UNDUH Jpg

Nah gambar kode QR yang sudah kalian unduh ini nanti bisa kalian cetak dan dibuat stiker. Lalu dimana kalian harus menempatkan kode QR ini? Yang pasti jangan dipasang di blog kalian tapi pasang di area lain yang bisa dilihat orang untuk meningkatkan branding kalian. 

Jika kalian jualan produk seperti makanan, kalian bisa menempelkan kode QR ini di setiap bungkusannya. Kalian juga bisa menempatkan kode QR ini pada baju kaos atau mungkin bagian belakang kaca mobil kalian. Yang pasti jangan di kaca mobil orang ya

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan