Mesin Binding Buku untuk Jilid Lem Panas

- Diupdate 30 Juli

Tahap terakhir dalam pembuatan buku adalah proses penjilidan (binding). Proses ini terbilang penting terutama untuk buku-buku komersial mengingat proses finishing ini akan menghasilkan bentuk buku yang sempurna.

Dalam dunia percetakan dikenal beberapa teknik dalam menjilid buku. Teknik-teknik tersebut disesuaikan dengan jenis buku, tebal dan budget. Semakin bagus dan sempurna teknik jilid yang digunakan akan semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Model jilid yang dihasilkan dari teknik ini juga beragam tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa teknik jilid yang biasanya digunakan dalam percetakan yaitu:

  1. Jilid Biasa 
  2. Jilid kawat (staples)
  3. Jilid Spiral 
  4. Jilid Benang 
  5. Jilid Lem Panas (Perfect Binding)

Teknik Jilid lem Panas merupakan teknik menjilid yang digunakan pada buku yang berukuran tebal seperti novel, komik, buku pelajaran sekolah dan buku komersial lainnya. Teknik Jilid lem Panas ini sendiri membutuhkan mesin binding buku yang khusus. Mesin ini tentu saja berbeda dari mesin yang digunakan pada metode jilid buku lainnya. 

Mesin binding buku yang digunakan adalah jenis Mesin Glue Binding. Mesin ini merupakan mesin yang dibuat khusus untuk menghasilkan jilid yang sempurna. Mesin yang memanfaatkan lem panas seperti EVA (Ethylene Vinyl Acetate) sebagai media perekat antara lembaran kertas dengan cover bukunya. 

Cara kerja Mesin Glue Binding ini cukup mudah dimengerti. Tumpukan lembaran kertas yang akan dijilid dipotong sisi dalamnya dengan menggunakan pisau oleh mesin. Potongannya ini menghasilkan permukaan kasar yang. Permukaan yang kasar ini akan membuat rekatan dengan lem semakin kuat nantinya. Berikutnya mesin akan mengolesi bagian yang sebelum dipotong tersebut menggunakan lem panas. Cover buku kemudian ditempelkan ke badan buku dan setelah lem kering ketiga sisi buku akan dipotong agar menghasilkan sisi yang lebih rapi.

Kinerja dari Mesin Glue Binding ini terbilang sangat efektif dan praktis. Bayangkan saja untuk buku standar penerbit dengan ketebalan 500 lembar bisa diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari 5 menit. Hal ini tentu saja sangat menguntukan bagi penerbit dan percetakan karena mampu menjilid banyak buku dalam waktu yang singkat.

Metode penjilidan buku perfect binding dengan mengguanakn Mesin Glue Binding ini memberikan hasil yang rapi dan menarik secara visual. Sisi-sisinya yang rapi membuat buku menjadi lebih mudah disusun baik secara baris maupun menumpuk sehingga menghemat ruang penyimpanan. Bagian belakang buku juga bisa diisi dengan informasi tambahan.

Mesin Glue Binding memiliki harga yang bervariasi tergantung pada kinerja dari mesin tersebut. Harganya mulai dari jutaan sampai ratusan juta rupiah. Jenis-jenis Mesin Glue Binding ini sendiri cukup mudah didapatkan. Mesin ini banyak dijual di toko-toko online atau website yang khusus menjual mesin percetakan  seperti Maxipro.

Berikut ini jenis-jenis Mesin Glue Binding yang tersedia di Maxipro.

  • Mesin Glue Binding Desktop Telson
  • Mesin Glue Binding Desktop Telson M40 ST 
  • Mesin Glue Binding Probind Modif 
  • Mesin Glue Binding Telson 320B 
  • Mesin Glue Binding Telson 320C 
  • Mesin Glue Binding Telson 320E 
  • Mesin Glue Binding Telson 60A 
  • Mesin Glue Binding Telson Lem Putih 
  • Mesin Glue Binding Telson PUR 
  • Mesin Modul Rel Buku Glue Binding 60A

Jika anda berminat untuk membuka percetakan atau perusahaan penerbit buku, mesin Glue Banding sudah pasti menjadi keharusan untuk dimiliki. Anda bisa coba memesan mesin di Maxipro.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan