😲 Makanan dan minuman ini berasal dari tinja, muntahan dan liur

- Diupdate 29 Juli

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bersumbar dari bahan yang tidak "lazim"? beberapa berasal dari kotoran/tinja, liur bahkan muntahan. Berikut ulasannya.

1. Kopi luwak

kopi luwak
Luwak dan kotorannya, Wie Djatmiko, CC BY 3.0

Siapa yang tidak kenal kopi luwak, kopi asli dari Indonesia ini bahkan mahsyur di dunia sebagai kopi termahal. harganya yang mahal membuat kopi luwak ini menjadi kopi eksklusif. Di Indonesia harga perkilonya bisa mencapai 1 juta rupiah. Di luar negeri harganya lebih mahal lagi, bisa 2 kali lipat dari harga di Indonesia.

Lalu apa yang membuat kopi ini memiliki harga yang sangat tinggi? tentu saja karena keunikan dan prosesnya, secara kandungan kopi ini tidak terlalu jauh berbeda dengan kopi lainnya. Jika kopi biasa langsung di panen di pohon kopi, dikeringkan, dipanggang dan digiling menjadi bubuk kopi, kopi luwak melalui proses yang berbeda.

Sesuai dengan namanya, biji kopi ini diambil dari tinja (kotoran, feses) musang luwak. Kopi yang sudah matang dipanen kemudian diberikan pada musang luwak untuk dimakan. Luwak ini kemudian memilih milih kopi yang kemaatangannya bagus. Dalam sistem pencernaan musang luwak, hanya kulit dan daging yang bisa dicerna sedangkan bijinya akan tetap utuh dan dikeluarkan bersama tinja. Tinja yang mengandung biji kopi ini kemudian dicuci bersih beberapa kali kemudian diolah sampai menjadi produk yang siap dipasarkan.

2. Teh kotoran panda

Teh panda
Teh Panda, Lisa Amy, CC BY 3.0

Jika kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia maka teh tinja panda menjadi teh termahal di dunia. Teh kotoran panda sesuai dengan namanya adalah teh yang disuburkan dengan tinja panda. tidak tanggung-tanggung harga percangkirnya berkisar 2 - 3 juta rupiah. Sedangkan untuk mentahya bisa mencapai lebih dari 900 juta perkilogram.

Teh kotoran panda ini ditemukan oleh seorang pengusaha teh asal Tiongkok bernama An Yashi. An Yashi yang tinggal dekat dengan penangkaran panda membeli 11 ton kotoran panda. Menurut ahli, bambu yang menjadi makanan utama panda hanya 30% dari nutrisinya yang bisa diserap oleh pencernaan panda. Sisanya sebesar 70% akan terbuang bersama tinja. Kotoran panda ini kemudian digunakan An untuk menyuburkan tanaman tehnya.

3. Madu

madu

Madu merupakan substansi makanan kental dan manis yang dihasilkan oleh beberapa jenis serangga, salah satunya adalah lebah madu.

Dalam sebuah koloni lebah madu, para lebah pekerja akan terbang mencari bunga-bunga untuk diserap nektarnya (sari manis). Nektar ini kemudian disimpan dalam perut "kedua" lebah ini. Saat penuh lebah kemudian kembali kesarang mereka yang dan mulai memuntahkan nektar tersebut kedalam lubang-lubang kecil berbentuk heksagonal.

Mungkin ada yang bertanya, buat apa sih lebah mencari madu yang jumlahnya kadang sampai berkilo-kilo? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk persediaan makanan koloni dan larva lebah madu. Larva-larva baru yang tumbuh dalam lubang-lubang pada sarang lebah akan memakan madu, pollen yang telah disediakan lebah pekerja. Sedangkan untuk calon ratu akan disediakan makanan yang lebih eksklusif yaitu royal jelly.

Madu sendiri memilik kandungan gizi yang melimpah. Ada banyak kandungan yang sangat berguna untuk kesehatan seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, riboflavin atau vitamin B2, niacin atau vitamin B3, vitamin C dan lain-lain. Beberapa manfaat madu untuk kesehatan seperti:

  • Membantu menurunkan tekanan darah 
  • Menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik 
  • Menurunkan trigliserida Meredakan diare, gejala sembelit, dan melegakan perut 
  • Membantu proses pengobatan sindrom iritasi usus.

4. Sarang burung walet

Sarang Burung
Sumber: www.sarangburung123.com

Sarang burung walet sangat terkenal di Indonesia. Bukan karena banyak dikonsumsi tetapi banyak dibudidayakan dan diimpor ke Tiongkok dengan harga yang sangat mahal, sekitar 8 - 15 juta perkilonya.

Sarang burung walet ini sendiri dihasilkan oleh burung walet (Collocalia Vestita). Burung ini tersebar di kawasan Asia Tenggara. Burung walet ini akan membuat sarang dengan menggunakan liurnya. Substansi berwarna putih tersebut akan menggumpal seperti karet dan menempel dicelah-celah tebing.

Yang membuat harga sarang burung walet ini mahal karena dianngap sebagai obat mujarab serta memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan seperti Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Besi, vitamin dan mineral lainnya. Umumnya sarang burung walet ini di sajikan dalam bentuk sup atau bubur.

Di Indonesia sendiri banyak petani-petani sarang burung walet. Umumnya mereka membangun bangun beberapa tingkat ditengah persawahan. Dalam bangunan tersebut kemudian diberi suara walet sebagai pancingan. Walet-walet yang mencari serannga di perswahaan akan tertarik dengan suara tersebut kemudian mulai membuat sarang pada bangunan tersebut.

[Bonus] Sake Kuchikami

kuchikami girl

Sake Kuchikami dibuat dengan menggunakan nasi yang sebelumnya dikunyah sampai bercampur dengan ludah dan liur. Yang mengunyahnya bukan sembarang orang melainkan para wanita atau hanya perawan saja. Cairan hasil kunyahan tersebut kemudian disimpan dalam wadah dan ditutup rapat agar terfermentasi secara sempurna.

Di beberapa wilayah di perfektur Okinawa praktek pembuatan sake Kuchikami biasa dilakukan dalam sebuah acara yang dilakukan dikuil shinto. 

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan