Update template Blogger Gratis Pinktong Versi 1.5

- Diupdate Oktober 03, 2021
Update template Blogger Gratis Pinktong Versi 1.5
Template Pinktong

Pinktong merupakan template/tema blogger (blogspot) freemium keren yang saya bagikan secara gratis. Saat ini tema ini sudah sampai saya update ke versi 1.5. Tema ini ternyata cukup banyak yang pakai termasuk pada blog-blog agc dan spam. Bahkan saya beberapa kali dichat oleh beberapa blogger yang mengeluhkan konten mereka dicuri dan mengira saya adalah pelakunya.

Di versi 1.5 ini tentunya semua masalah yang ada di versi sebelumnya sudah diperbaiki. Ditambah lagi beberapa perubahan penting guna untuk membuat tema ini lebih menarik. Banyak CSS maupun baris html yang dibuang karena obsolote serta tidak digunakan sehingga kode yang digunakan lebih ramping.

Tampilan dan fitur 

Sama seperti versi sebelumnya, pinktong memiliki header, bilah postingan, sidebar dan footer. Untuk widgetnya sendiri masih menggunakan versi 1.

Untuk header masih menggunakan skema warna seperti pada versi sebelumnya yaitu berupa warna gradien. Di versi ini saya menggunakan css root untuk warna sehingga nantinya pengguna lebih mudah dan mengganti warnanya.

Di versi sebelumnya, menu khusus untuk mobile sangat simpel, cukup menampilkan list menu dengan model jatuh ke bawah saat tombol menu ditekan. Di versi terbaru ini menu menggunakan mode slide ke samping sehingga memberi kesan yang modern.

Perbaikan selanjutnya yaitu pada breadcrumb. Di versi sebelumnya rilis sebelum google mengupdate kebijakannya bahwa breadcrumb yang menggunakan vocabulary dinyatakan tidak didukung lagi. Semua blogger disarankan untuk menggunakan breadcrumb berdsasarkan Scheme.org. Di versi terbaru ini masalah breadcrumb sudah teratasi.

Next adalah tombol share. Pada versi sebelumnya tombol share saya buat berdampingan dengan nama pembuat artikel dan timestamp. Akibatnya jika nama pembuat artikelnya panjang maka tampilan tombol share akan berantakan.Di versi ini tampilan lebih rapi karena tombol share akan otomatis ke bawah pada ukuran layar lebih kecil atau versi mobile.

Selain itu di versi terbaru ini ada penambahan tombol share baru yaitu tombol telegram mengingat beberapa permintaan pengguna tema ini. Tombol telegram dan whatsapp ini sendiri hanya akan muncul ketika blog diakses menggunakan smartphone. Toh kedua aplikasi ini memang tersedia di smartphone saja.

Jadi di versi desktop tombol share yang ditampilkan hanya tombol share ke facebook, twitter dan pinterest. Tombol whatsapp dan telegram nanti muncul di versi mobile.

Di bagian sidebar, widget popular post tampilannya juga sudah dirubah. Pada saat opsi link saja yang ditampilkan, pada list teratas gambar tetap ditampilkan dengan ukuran yang besar.

Pada bagian footer dibuat menjadi lebih sederhana dimana kolom berlangganan dihilangkan. Toh kolom ini menggunakan layanan feedburner yang saat ini sudah dihilangkan oleh blogger. Jadinya sisa sitelink serta tombol media sosial dan kredit pada bagian bawah.

Berikutnya template ini juga sudah saya tambahkan fitur dark mode, jadinya template ini akan lebih eyes friendly bagi pengunjung blog.

Kecepatan dan SEO

Untuk kecepatan sendiri masih terbilang cepat  skor di Gtmetrix untuk performa dan strukturny sudah grade A. Hal ini dikarenakan penggunaan javascript lebih ramping dan tanpa adanya javascript eksternal. Selain itu semua semua gambar pada halaman index menggunakan script lazyload. Untuk membuktikannya teman-teman bisa melakukan pengujian langsung ke Gtmetrix.

Untuk urusan SEO sendiri template ini menggunakan meta tag yang baru yang susunannya lebih rapi dan mudah untuk diedit. Untuk tag headingnya juga terstruktur dengan baik mulai dari H1 sampai H3 sehingga tema ini sudah pasti SEO oriented.

Kelebihan dan Kekurangan Template Pinktong Versi 1.5

Kelebihan

  1. Tampilan rapi dan profesional
  2. Cepat
  3. SEO oriented
  4. Free
  5. Banyak fitur

Kekurangan

  1. Belum menggunakan gadget versi 2 dan layout versi 3
  2. Belum support menu customizer blogger

Detil Fitur Template Pinktong Versi 1.5


Pinktong V.1.5 (FREE)
Browser yang didukung Firefox, Chrome, Safari,
Ie/Edge, Mobile Browser, dll
Loading Cepat Yes
Responsif Yes
Schema.org Yes
SEO Yes
Breadcrumb Yes
Tombol Share Yes
Lazy load Youtube Yes
Lazy load Gambar Yes
Related Post Yes
Slot Iklan adsense/lainnya Yes
Mode Malam Yes
Sticky Sidebar Yes
Sistem Komentar Yes, Disqus | Blogger

Changelog Template Pinktong Versi 1.5

Berikut ini saya rangkum hal-hal baru yang ada di template blogger Pinktong versi 1.5

Changelog Pinktong v.1.5.1

  • Perbaikan ukurang gambar author
  • Perbaikan gambar tidak tampil di halaman pencarian
  • Perbaikan minor lainnya

Changelog Pinktong V.1.5

  • Perbaikan meta tag
  • Perbaikan struktur HTML dan CSS
  • Perbaikan breadcrumb
  • Perbaikan posisi tombol share
  • Penambahan tombol share ke whatsapp dan telegram di versi mobile
  • Membuang kotak berlangganan feedburner.
  • Perbaikan tampilan komentar blogger
  • Perbaikan tampilan tata letak
  • Mengganti script sticky sidebar

Download template Pinktong Versi 1.5

Bagi teman-teman yang ingin menggunakan template ini bisa langsung mendownloadnya melalui link di bawah.


Pemasangan

Untuk tutorial pemasangan silahkan cek: Panduan pemasangan

Tampilkan Komentar Sembunyikan Komentar 46

46 Komentar

Batalkan