Kelebihan dan Kekurangan Server Vps

- Diupdate Agustus 25, 2021

Kelebihan dan Kekurangan Server Vps - VPS atau disebut juga Virtual Private server adalah suatu metode untuk membagi sumber daya (resources) dari sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual. Dan server virtual memiliki kemampuan untuk menjalankan sistem operasinya sendiri seperti server fisik.

Kapan Saya Membutuhkan VPS?

  • Perluasan kebutuhan sumber daya di mana shared hosting tidak lagi memadai, seperti ruang yang besar, dan membutuhkan sumber daya yang besar
  • Website anda memiliki tingkat trafik yang tinggi dimana jika anda menggunakan shared hosting akan mengganggu pelanggan lain dalam satu cloud server vps (biasanya akan diperingatkan oleh pihak hosting)
  • Jaminan keamanan lebih tinggi, karena Anda melakukan pengaturan sendiri
Kelebihan dan Kekurangan Server Vps

Bagaimana Cara Kerja Hosting VPS?

Server adalah komputer, tempat web hosting Anda menyimpan file dan database untuk situs web Anda. Ketika pengunjung mengakses situs web, browser mereka mengirimkan permintaan ke server, kemudian server mentransfer file yang diperlukan melalui internet. Biasanya perusahaan hosting menggunakan teknologi virtualisasi, dengan memasang lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) server yang ada.

Lapisan ini akan membagi server menjadi beberapa partisi dan memastikan pengguna untuk melakukan proses instalasi OS dan perangkat lunak. VPS bersifat virtual dan private karena teman memiliki kontrol penuh. Server ini terpisah dari server pengguna lain di tingkat OS.

Jika Anda memilih VPS, Anda memiliki keuntungan mendapatkan keamanan lebih dengan sumber daya terjamin (memori, ruang disk, inti CPU, dll.) yang tidak mengharuskan Anda untuk berbagi dengan pengguna lain. Banyak sekali orang yang menggunakan vps ini karena memiliki banyak keunggulan. Fiturnya pun tidak merugikan masyarakat.

Apa kelebihan dan kekurangan VPS?

Segala macam produk tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dibawah ini kami uraikan beberapa kelebihan dan kekurangan VPS yang bisa anda perhatikan.

Kelebihan :

  • Lebih cepat dan lebih andal daripada server shared hosting.
  • Memiliki jaminan resource server yang kuat misalnya pada daya proses, sehingga fluktuasi resource yang tersedia berkurang, hal ini menyebabkan web selalu normal.
  • Masalah yang terkait dengan situs web dan lalu lintas yang terjadi pada pengguna lain tidak memengaruhi situs Anda.
  • Anda mendapatkan akses superuser (root) ke server.
  • Privasi pengguna lebih aman, seperti file dan database yang disimpan dan disembunyikan dari pengguna di server lain.
  • Layanan yang mudah diukur. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan website, sobat dapat dengan mudah mengupgrade resource server (RAM, CPU, disk space, bandwidth, dan lain-lain).

Kekurangan :

  • Lebih mahal dari shared hosting.
  • Membutuhkan teman-teman untuk memiliki pemahaman yang lebih teknis untuk dapat mengelola server.
  • Selama proses setting server, jika salah akan menimbulkan resiko yang tinggi terhadap keamanan.

Kegunaan Dan Fungsi VPS

Radius atau Manajer Pengguna Cloud

Userman sangat berguna untuk membatasi voucher atau user yang dibuat. Namun, fitur User Manager ini cukup berat dan memakan resource pada router MikroTik. Misal kita punya bisnis voucher hotspot di Jakarta dengan ISP A, maka kita ingin membuka cabang di Samarinda dengan ISP B. 

Terowongan VPN untuk Akses Internet Anonim

Demikian juga VPN pada VPS MikroTik CHR dapat digunakan untuk mengakses dan tunnel semua trafik sehingga ketika kita mengakses internet, kita akan dianggap mengakses jaringan VPS bukan ISP yang terpasang di rumah.

Membelokkan Lalu Lintas Kustom

Kami tidak ingin semua lalu lintas disalurkan melalui VPN, kami juga dapat mengonfigurasinya untuk mengalihkan hanya lalu lintas tertentu ke VPN. Misalnya untuk trafik game kita bisa beralih ke VPN karena lebih stabil lewat VPN dan trafik lainnya lewat ISP biasa. 

Server Bung

Ketika kita memiliki jaringan yang cukup besar dan terus berkembang, maka kita akan membutuhkan alat untuk monitoring. Di MikroTik terdapat fitur The Dude yang dapat memonitor jaringan kita secara menyeluruh. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda memerlukan router MikroTik, tetapi untuk solusi yang lebih terjangkau kita dapat menggunakan VPS CHR MikroTik sebagai server Dude dimana rata-rata server VPS termurah pun sudah memiliki spesifikasi yang sangat melimpah.

Router Virtual

Kita bisa menggunakan Proxmox misalnya, atau di Windows kita bisa menggunakan VirtualBox atau VMware. Keuntungannya kita bisa mendapatkan router MikroTik dengan spesifikasi yang lebih baik sesuai keinginan kita. 

Keterbatasan juga lebih baik, lisensi CHR dirancang untuk berjalan tanpa batasan, hanya terbatas pada antarmuka transfer rate. Misalnya, lisensi P1 membatasi kecepatan transfer antarmuka hingga 1 Gbps dan itu sudah cukup. Dengan semua kelebihan di atas dan bisa digabungkan, memiliki VPS MikroTik CHR di data center adalah suatu keharusan bagi kita yang mengelola jaringan dan ingin berkembang. 

Demikian ulasan artikel yang kami buat mengenai server vps, semoga bermanfaat.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan