Beli Bitcoin di Indonesia

- Diupdate September 17, 2021
Beli Bitcoin di Indonesia

Bitcoin adalah salah satu uang Kripto yang merupakan uang Kripto yang pertama yang sekarang ini sudah memiliki nilai yang sangat tinggi. Memang uang Kripto sendiri menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari oleh kalangan milenial atau z. Karena memang mata uang Kripto ini menawarkan hasil yang sangat tinggi dan tentunya sangat menggiurkan. 

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin itu adalah mata uang digital yang diatur oleh Cryptography, sehingga sudah pasti tidak mungkin bisa dipalsukan. Ini adalah mata uang yang bisa digunakan untuk transaksi di dunia maya atau Online, namun memiliki nilai tukar. Jadi Bitcoin sendiri bisa ditukar menjadi Rupiah ataupun menjadi Dollar dengan nilai yang sangat tinggi. 

Konsep Transaksi Uang Kripto Bitcoin

Karena ini mata uang digital, maka tentunya transaksinya tidak bisa dilakukan secara sembarangan meskipun secara konsep sama. Berikut ini beberapa poin yang menjelaskan konsep dari transaksi Bitcoin itu seperti apa. 

Transaksi pembelian Bitcoin sendiri dilakukan melalui satu Exchange, dan sekarang sudah ada banyak sekali Exchange yang ada di internet. Bahkan di Indonesia pun ada, dan Exchange ini berperan sebagai marketplace dari uang Kripto. 

Ada Wallet yang merupakan tempat menampung Bitcoin ataupun juga mata uang Kripto lainnya dengan pair tertentu. 

Uang Kripto termasuk Bitcoin memiliki pair dengan mata uang real seperti Rupiah, Dollar, dan lain sebagainya untuk menunjukkan nilai.

Cara Transaksi Bitcoin

Untuk melakukan pembelian pada Bitcoin ataupun juga uang Kripto yang lainnya, memang ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Jadi jauh lebih fleksibel dalam melakukan pembelian, karena ada 2 cara yang bisa dipakai untuk beli. Dan berikut ini kami akan informasikan pilihan cara dan juga langkahnya seperti apa. 

1. Melalui Browser

Cara yang paling pertama untuk melakukan pembelian uang Kripto itu adalah dengan melalui browser, dan ini adalah cara paling default. Karena memang setiap Exchange Bitcoin sendiri pasti awal mula memiliki dan membuat situs mereka sendiri. Dan berikut ini kami akan jelaskan langkahnya bila membeli melalui browser tersebut. 

  1. Langkah pertama adalah masuk ke situs dari Exchange Bitcoin yang sudah Anda tentukan
  2. Langkah yang kedua adalah register atau mendaftar untuk memiliki akun pada Exchange Bitcoin tersebut. Anda hanya tinggal masuk ke menu daftar dan kemudian mengisi formulir pendaftaran dan data diri. Setelah itu akan ada verifikasi email
  3. Langkah ketiga adalah melakukan deposit terlebih dahulu ke Exchange yang dipilih, dan cari tahu cara deposit seperti apa. Biasanya Anda masuk ke menu deposit tuliskan nominal yang akan Anda deposit di situs Exchange tersebut. Setelah itu melakukan pembayaran
  4. Setelah bayar tunggu beberapa saat sampai jumlah saldo di Wallet Exchange itu terisi, dan kemudian Anda masuk ke menu Exchange
  5. Di sana ada banyak pilihan uang kripton yang disediakan oleh Exchange tersebut, Anda tinggal cari Bitcoin
  6. Setelah itu akan ada pilih Buy dan juga sell, Anda pilih Buy dan kemudian tentukan akan membeli di harga berapa dan jumlah koin yang dibeli. 
  7. Pada saat harga Bitcoin sampai pada harga tersebut, maka Anda akan mendapatkan Bitcoin dan masuk ke Wallet Anda. 

2. Menggunakan Aplikasi Smartphone

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi smartphone, karena banyak juga Exchange yang membuat aplikasi smartphone. Dengan aplikasi jauh lebih mudah dan simpel untuk melakukan jual beli Bitcoin ini. Berikut ini langkahnya untuk melakukan pembelian. 

  1. Pertama tentunya instal aplikasi terlebih dahulu, download aplikasinya dan kemudian download. 
  2. Langkah kedua adalah buat akun dengan cara register atau daftar dan isi data diri di aplikasi tersebut. Lakukan verifikasi melalui nomor telepon dan email. 
  3. Langkah ketiga adalah deposit, kalian masuk ke menu deposit terlebih dahulu dan isi nominal. Setelah itu pilih metode pembayaran biasanya ada banyak mulai dari transfer bank dan lain sebagainya. Setelah itu Anda lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih. 
  4. Langkah yang keempat adalah mengecek Wallet atau saldo apakah sudah terisi, kalau sudah Anda klik Exchange
  5. Nanti ada banyak pilihan uang Kripto dan Anda bisa cari Bitcoin untuk membelinya
  6. Kemudian ada tab menu Buy dan juga Sell, pilih tab menu Buy
  7. Nanti ada harga yang harus dituliskan dan juga nominal, biasanya untuk harga sudah terisi otomatis harga terkini
  8. Setelah semua sudah diatur sesuai keinginan maka Anda bisa klik Buy, nanti pada saat menyentuh harga yang Anda target maka Bitcoin langsung terbeli. 

Demikianlah langkah dan cara untuk beli Bitcoin di Indonesia, pastikan Anda ikuti langkahnya dengan baik agar tidak ada kesalahan. 

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan