Kapan Kamu Sebaiknya Mulai Social Media Detox? Yuk, Cek di Sini!

- Diupdate Oktober 21, 2021
Kapan Kamu Sebaiknya Mulai Social Media Detox? Yuk, Cek di Sini!

Pada dasarnya, sosial media dibuat untuk tujuan yang baik, yakni mendekatkan orang yang jauh. Namun, semakin ke sini, fungsinya sudah jauh berubah. Banyak orang yang justru merasa kesehatan mentalnya terancam karena terlalu banyak mengakses social media.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mulai melakukan "Social Media Detox". Mungkin, banyak yang belum familiar dengan istilah ini. Nah, Social Media Detox sendiri merupakan break (beristirahat) dari aktivitas yang ada di media sosial. Sehingga, kamu harus mengalihkannya dengan aktivitas yang lain.

Lalu, kapan kamu butuh Social Media Detox ini? Yuk, cari tahu pada penjelasan di bawah ini!

1. Hobi Stalking

Sekarang kamu jadi sering banget stalking akun sosmed orang lain hanya untuk menggali informasi mengenai orang tersebut. Padahal, orang tersebut sama sekali belum kamu kenal. Nah, ini artinya, mental kamu sudah mulai tidak sehat karena efeknya akan melahirkan persaingan karena mulai membandingkan dengan kehidupan orang lain. Pun, membuat kamu jadi kesepian.

2. Social Media Menjauhkan yang Dekat

Jika kamu mulai mendapatkan komplain dari pasangan, sahabat, atau keluarga karena terlalu banyak main ponsel saat bersama, ini artinya kamu butuh Social Media Detox. Hal ini dikarenakan perilakumu yang tidak beretika karena mengabaikan orang yang ada di sekitar, bahkan saat mereka berbicara.

3. Cek Ponsel Saat Bangun Tidur

Aktivitas terbaik saat bangun tidur adalah berdoa dan olahraga. Eh, tunggu dulu, sepertinya kebiasaan itu sudah mulai tergantikan dengan ponsel yang ada dalam genggaman. Kamu akan mengecek notifikasi ataupun sekadar membuka akun sosial media. Wah, sepertinya ini alarm yang menunjukkan kamu harus mulai berubah.

4. Nomophobia

Nomophobia merupakan sindrom ketakutan apabila kamu tidak punya akses terhadap ponsel. Bahkan, kamu akan menganggap bahwa ponsel adalah belahan jiwa yang harus ada 24 jam per 7 hari. Kalau tidak dekat dengan ponsel, kamu akan selalu merasa bingung, gelisah, dan khawatir. Setiap waktu, kamu juga akan selalu mengeceknya. Tidak peduli saat sedang rapat, makan, kerja, hingga hang out bersama teman. Bahaya banget!

Ada banyak masalah psikologis yang akan kamu dapatkan jika terlalu ketergantungan pada media sosial. Semisal, cemburu dengan kehidupan orang lain yang tampak lebih baik dan sebagainya. Social Media Detox akan membantu kamu mendapatkan mental yang lebih sehat. Untuk itu, jika kamu menemukan tanda-tanda di atas, segera atasi agar hidup menjadi lebih bahagia.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan