Ini Dia 5 Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia

Ini Dia 5 Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia

Pendidikan yang dimiliki setiap orang merupakan faktor penting untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi. Sehingga tidak heran bila negara maju dipenuhi dengan SDM yang cerdas. Hal ini karena negara maju tersebut memiliki sistem pendidikan terbaik yang diberikan kepada warganya sejak masih duduk di sekolah dasar. 

5 Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik di Dunia

Menurut situs Duwitmu, berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa negara yang memiliki pendidikan anak terbaik dunia, yaitu: 

1. Jepang

Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia - Jepang
School children of Nara Oleh John Gillepsi, Flickr, CC BY-SA 2.0

Negara Jepang menduduki posisi kedua yang dinobatkan sebagai negara yang memiliki pendidikan terbaik. Ketika anak sedang menjalani pendidikan dasar, tiga tahun pertama akan diajarkan mengenai pendidikan karakter. Sehingga tidak heran bila masyarakat Jepang terkenal dengan kesopanan, etos kerja, dan juga kecerdasannya. Bahkan Jepang memiliki pendapatan Domestik Bruto hingga 5,96 triliun USD. Pencapaian ini tidak lepas dari SDM yang berkualitas.

2. Hong Kong

Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia - Hong Kong
Dream School oleh Charles Wiriawan, Flickr, CC BY-NC-ND 2.0

Negara Hong Kong merupakan negara yang menerapkan standar pendidikan terbaik bagi warga negaranya. Negara tersebut menerapkan sistem pendidikan sama dengan Negara Inggris. Hal ini tentu didukung dengan para pengajar yang berkualitas juga. Bahkan Pemerintah Hong Kong rela mengeluarkan anggaran tinggi untuk  menunjang kebutuhan pendidikan warganya. 

Uniknya sistem pendidikan di Hong Kong menerapkan pendidikan berbasis dunia kerja dan juga fakta yang akan terjadi. Hal ini dilakukan agar para siswa dapat terbiasa dengan kondisi pekerjaan yang akan terjadi ketika mereka sudah memasuki dunia kerja. Sehingga tidak heran bila warga Hong Kong memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

3. Korea Selatan

Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia - Korea Selatan
Marie, Flickr, CC BY-SA 2.0

Negara Korea Selatan memiliki standar pendidikan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan anak bangsa yang berkualitas tinggi. Bahkan mereka wajib belajar di sekolah dengan waktu lama. Bagi siswa SD dan SMP harus belajar mulai dari jam 07.30 hingga 16.30. Kemudian bagi siswa SMA waktu belajar dilakukan mulai jam 08.00 hingga 22.00. Lamanya waktu belajar bagi siswa SMA tersebut dilakukan agar dapat kuliah di perguruan tinggi. 

Para pelajar Negara Korea Selatan harus sekolah selama 7 hari kerja dengan waktu belajar yang sudah ditentukan. Adanya standar pendidikan anak tersebut, telah terbukti menghasilkan anak anak yang memiliki edukasi tinggi yaitu 99,2% untuk penduduk laki laki serta 96,6% untuk penduduk perempuan.

4. Singapura 

Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia - Singapura
Assembly in Nan Hua High School oleh JinKai97, Wikimedia.org, CC BY-SA 2.0

Negara Singapura terkenal dengan standar pendidikan, kualitas pengajar, serta infrastruktur yang diakui dunia. Hal ini karena dalam negara tersebut selalu fokus terhadap peningkatan kualitas pendidikan dasar. Ketika di kelas, semua murid diwajibkan untuk mencari dan memecahkan permasalahan yang diberikan oleh pengajar. Dari situlah murid tersebut banyak diskusi dan juga berfikir keras untuk menemukan jawaban yang tepat. 

Adanya standar pendidikan yang diberlakukan membuat Singapura menempati posisi ke 5 sebagai negara yang memiliki pendidikan terbaik di dunia. Sehingga tidak heran bila sistem pendidikan layaknya sudah tertanam dalam jiwa masyarakat Singapura sendiri. 

5. Finlandia 

Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia - Finlandia
Kevin Oliver, Flickr, CC BY-NC-ND 2.0

Pada Negara Finlandia memiliki sistem pendidikan yang terbilang santai namun berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan sistem belajar di negara tersebut hanya 4 hingga 5 jam saja. Tidak seperti di negara lainnya yang membutuhkan waktu belajar hingga berjam jam. Alasan waktu belajar yang sebentar tersebut dimaksud memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengetahui ilmu yang ada di luar sekolah. 

Hampir semua sekolah menyandang status negeri serta dibiayai oleh pajak. Hal ini dilakukan agar semua warganya dapat menuntut ilmu tanpa memikirkan biaya sekolah. Sehingga seluruh masyarakat Finlandia memiliki pendidikan terbaik ketika masih anak anak. 

Itulah penjelasan mengenai beberapa negara yang memiliki pendidikan anak terbaik dunia. Anda dapat membiayai sekolah anak anda di salah satu negara tersebut agar mendapatkan pendidikan terbaik sejak dini. Selamat mencoba.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan