Jenis Asuransi yang Harus Anda Pertimbangkan

- Diupdate Desember 11, 2021
Jenis Asuransi yang Harus Anda Pertimbangkan

Asuransi sering disebut sebagai alternatif investasi yang lumayan baik dengan risiko yang hampir tidak ada. Dari laman Otoritas Jasa Keuangan, asuransi merupakan perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi dan masyarakat yang memegang polis asuransi.

Yang selanjutnya, masyarakat diwajibkan membayar semua premi untuk mendapat penggantian atas risiko kerugian, kematian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang sebenarnya tidak diharapkan. Jenis asuransi juga banyak sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Asuransi dikelompokkan sesuai fokus dan resiko yang adadi masyarakat. Fokus dan resiko tersebut yang selanjutnya menentukan keseragaman yang perlu ditanggung sesuai kebijakan. Hal tersebut digunakan para perusahaan asuransi untuk meminimalisir kerugian dan tingkat premi yang diberikan.

Jenis Asuransi Yang Tersedia di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan bahwa asuransi di Indonesia sangat banyak dengan berbagai jenis dan resiko yang berbeda. Bagi yang tertarik ingin mendaftar ke salah satu perusahaan asuransi, tentunya harus tahu jenis perusahaan asuransinya terlebih dahulu. Berikut jenis-jenis asuransi yang tersedia di Indonesia :

1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini memberi keuntungan finansial pada tanggung jawab kematian seseorang. Sistem pembayaran asuransi jiwa sangat bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah adanya kematian. Sisanya dapat diklaim sebelum pendaftar meninggal dunia.

Asuransi jiwa bisa dibeli untuk kepentingan pribadi dan atas nama tertanggung saja. Bisa juga dibuat untuk kepentingan pihak ketiga saja. Asuransi jiwa juga dikenal dapat membeli kehidupan orang lain. Misalnya, orang tua dapat mengasuransikan diri pada kematian sang anak dan sebagainya.

2.  Asuransi Kesehatan

Bisa dibilang jika asuransi jenis ini adalah yang paling terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang menangani kesehatan tertanggung karena penyakit dan menanggung semua proses perawatan rumah sakit.

Penyakit yang dapat ditanggung asuransi juga terbatas. Biasanya hanya penyakit yang disebabkan karena cedera, sakit, cacat hingga kematian yang disebabkan oleh kecelakaan.

Asuransi jenis ini juga dikenal dapat membeli kepentingan tertanggung saja atau kepentingan pihak ketiga seperti keluarga dan anak. Biaya asuransi juga beragam sesuai dengan perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi selanjutnya adalah asuransi kendaraan yang juga termasuk jenis asuransi paling populer di Indonesia. Biasanya fokus utama asuransi ini adalah asuransi mobil yang fokusnya pada tanggungan cedera untuk orang lain atau kerusakan kendaraan orang lain yang dikarenakan ulah si tertanggung asuransi. 

Asuransi juga dapat membayar seluruh kehilangan atau kerusakan kendaraan tertanggung. Terdapat dua jenis asuransi mobil, diantaranya asuransi mobil all risk dan TLO. Keduanyatermasuk produk asuransi umum yang paling tenar karena memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di era sekarang.

Asuransi ini termasuk salah satu asuransi yang paling booming saat ada peristiwa kerusuhan Mei 1998. Pasalnya minat masyarakat untuk meningkatkan proteksi pada kendaraan yang mereka miliki lebih tinggi. Namun hingga sekarang peminat asuransi ini juga terus bertambah.  

4. Asuransi kepemilikan rumah dan juga properti

Rumah atau properti lain adalah aset yang nilainya cukup besar. Sebagai aset yang cukup berharga di mata pemiliknya, tentunya para pemilik rumah bakal melindungi diri beserta aset miliknya dengan mendaftarkan properti ke asuransi kepemilikan rumah dan juga properti. 

Seperti namanya, asuransi ini memang memberikan proteksi khusus pada kehilangan atau kerusakan yang terjadi pada barang tertentu yang pribadi tertanggung miliki. 

Yang paling menarik, asuransi bahkan juga dapat melindungi dan juga memberikan keringanan jika nanti rumah atau properti tertanggung mengalami musibah seperti kebakaran atau hancur karena bencana alam. Cocok untuk Anda yang punya properti dengan nilai yang fantastik.

5. Asuransi Pendidikan

Ini termasuk jenis asuransi paling populer dan favorit bagi para pemegang polis. Asuransi pendidikan adalah alternatif untuk solusi kehidupan yang lebih baik. Khususnya untuk aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan sangat berbeda karena sesuai tingkat pendidikan yang diinginkan pendaftar.

Biaya pendidikan yang sangat tinggi tentu saja perlu orang tua perhatikan agar pendidikan anak tetap terjaga dengan baik.  Agar beban biaya pendidikan anak dapat ditekan, tak ada salahnya memberi asuransi pendidikan pada anak-anak Anda sejak dini.

6. Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi selanjutnya adalah asuransi perjalanan. Asuransi ini tak jauh beda dengan jenis atau fungsi asuransi yang sudah disebutkan. Asuransi ini memberi proteksi khusus agar pemiliknya terlindungi dari perjalanan sampai dirinya pulang ke rumah. 

Keuntungan yang didapat dari pemilik asuransi ini adalah adanya, santunan kecelakaan pribadi hingga pemulangan jenazah dan proteksi barang bawaan jika hilang dan rusak selama perjalanan. 

Sekarang Anda sudah tahu jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan asuransi tentunya disarankan mendaftar di salah satu perusahaan asuransi yang dibutuhkan.

Ingat, pilih perusahaan asuransi yang sudah berkomitmen dan berpengalaman supaya hasil asuransi yang didapat sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, jenis asuransi mana yang ingin Anda pilih?

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan