Cara mudah validasi file CSV dengan CSV Validator

- Diupdate Januari 24, 2022
Cara mudah validasi file CSV dengan CSV Validator

Apa itu file CSV?

CSV atau Comma Separate Value merupakan sebuah format file plain text yang berisi daftar atau data. File ini memudahkan penggunanya untuk memindahkan dan memasukkan data ke dalam sebuah database pada berbagai jenis program pengolah angka/data ke program serupa lainnya yang mendukung file tersebut. 

File CSV ini memiliki ekstensi *.csv yang pada perangkat komputer/PC akan dibuka secara default oleh program Microsoft Excell. Karena berupa data, file ini baiknya dibuka menggunakan program spreadsheets seperti Microsoft Excell, Libreoffice Calc, OpenOffice layanan online Google Sheets atau program serupa lainnya. 

Karena sejatinya CSV ini berupa plaintext, artinya file ini juga bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi text editor sederhana seperti notepad. Di dalamnya akan terdapat data yang dipisahkan oleh koma atau kadang titik koma. Jika dibuka dengan program spreadsheets maka teks tersebut akan tampil sebagai tabel. 

Format CSV umumnya digunakan oleh perusahaan besar, yayasan, kampus sampai sekolah. Karena, mereka memiliki basis data yang sangat besar dan penggunaan CSV memungkinkan pencarian data yang lebih mudah menggunakan bahkan jika hanya menggunakan notepad atau wordpad saja. 

Error pada file CSV

Adakalanya ketika sebuah file CSV ini dibuka malah memberi pesan error. Kalau modelnya seperti ini maka jelas bahwa filenya rusak atau corrupt. Bisa jadi karena gagal saat proses penyimpanan sehingga rusak atau bisa juga karena virus. Apalagi jika filenya berasal dari flashdisk yang sering dicolok pada beberapa komputer. 

Kadang juga saat dibuka dengan Microsoft Excell malah tampilannya berantakan. Tampilan yang berantakan salah satu penyebabnya adalah penggunaan karakter lain yang tidak sesuai untuk format sebuah CSV. 

Validasi file CSV

Untuk mengetahui apakah sebuah file CSV tidak dalam keadaan bermasalah bisa dilakukan validasi menggunakan layanan pihak ketiga CSV validator atau CSV Checker. Layanan validator CSV ini tentunya akan sangat membantu pengguna untuk memastikan apakah file CSV yang ingin diolah valid dan tidak ada masalah sedikit pun. 

Cara melakukan validasi file CSV

Untuk melakukan pemeriksaan valid tidaknya file CSV ini bisa menggunakan web Toolkit bay. Web ini berisi kumpulan/kompilasi tools yang memudahkan pekerjaan. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buka file CSV dengan menggunakan notepad lalu salin semua isinya 
  2. Buka  
  3. Paste teks pada kolom yang tersedia 
  4. Klik tombol "Process from text" untuk memulai validasi 

Jika teks CSV-nya tidak valid maka pada teks output akan menunjukan kesalahan terletak pada baris keberapa dan penyebabnya apa. Cukup membantu bukan? dengan begini proses input ataupun pengolahan data bisa bisa dilakukan dengan lancar. 

Namun jika hasil pengujian menyatakan bahwa file valid namun saat dibuka di program seperti Microsoft Excell tampilannya berantakan maka kemungkinan besar masalahnya bukan karena file rusak atau Excell yang bermasalah. Namun mungkin perlu melakukan sedikit pengaturan seperi yang ada pada tutorial berikut ini.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan