Cairan pembersih kerak pada permukaan peralatan logam

- Diupdate Maret 21, 2022

Kerak merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada permukaan peralatan logam. Hal ini tentunya buruk karena akan mempengaruhi kinerja dari peralataan tersebut.

Kerak sendiri muncul karena kotoran yang menumpuk pada permukaan peralatan selama jangka waktu yang cukup panjang. Misalnya debu semen yang mengeras pada permukaan bak mobil molen, kerak pada pipa, valep (valve) dan sebagainya.

Keberadaan kerak ini akan menurunkan efektifitas dari peralatan sehingga kinerja alat menjadi kurang maksimal. Jika kinerja kurang maksimal, produksi bisa menjadi lambat. Makanya kerak ini sangat perlu dibersihkan.

Untuk membersihkannya bisa dibiang tidak mudah, apalagi jika peralatan tersebut yang diserang adalah bagian permukaan dalam seperti bagian dalam mesin, pipa besi dan sebagainya.

Proses pembersihannya juga membutuhkan peralatan khusus, cairan pembersih kerak serta teknisi profesional yang cakap dalam urusan pembersihan peralatan-peralatan.

Dalam skala industri, pembersihan keraak pada peralatan adalah hal yang wajib dilakukan secara berkala. Hal ini merupakan aturan yang diterapkan agar kinerja perlatan bisa maksimal.

Tidak hanya untuk masalah kinerja saja, tetapi juga untuk kebersihan terutama jika itu terkait dengan industri makanan dan minuman.

Untuk bahan pembersih kerak sendiri bisa berbeda tergantung dari jenis keraknya. Misalnya pembersih kerak biasa akan berbeda dengan kerak yang muncul karena semen atau kerak yang mucul karena oli. 

Namun ada juga pembersih kerak yang sifatnya cukup universal yang mampu membersihkan segala jenis kerak secara optimal.

Cairan pembersih ini merupakan, bahan kimia yang diformulasikan khusus sehingga mampu membersihkan segala jenis kerak ataupun karat namun tidak merusak permukaan peralatan.

Salah satu contohnya produk pembersih karat skala industri adalah Eondescaler 505, produk yang disedikan oleh Eonchemicals Putra Indonesia.

Eondescaler 505 ini merupakan larutan kimia yang digunakan sebagai pembersih kerak (scale remover), sisa semen ringan dan karat. Cocok untuk spareparts, valve, pompa, pipa, dan kipas mesin (impeller). 

Cairan pembersih ini dibuat dari inhibited acid yang mengandung corrosion inhibitor sehingga tidak akan merusak permukaan metal jika dipakai sesuai petunjuk.

Berikut karakterikstik dan fungsi Eondescaler 505

  • Eondescaler 505 termasuk kategori maintenance chemicals yang mengandung corrosion inhibitor, sehingga tidak akan merusak cat atau permukaan logam jika diaplikasikan sesuai petunjuk
  • Corossion inhibitor yang terkandung dapat mencegah terjadinya karat yang timbul dengan cepat pada substrat dan kecil kemungkinan cat terkelupas
  • Ekonomis karena dapat dilarutkan dengan 4 hingga 10 bagian air
  • Mengandung wetting agent yang akan mempercepat penetrasi dan fungsinya sebagai pembersih kerak
  • Dapat digunakan untuk membersihkan sisa semen ringan dan tidak dapat digunakan untuk membersihkan concrete yang berat

Jika Anda memiliki peralatan logam dengan permukaan yang berkerak, mungkin anda bisa mencoba cairan pembersih di atas.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan