Manfaat Susu Untuk Lansia

- Diupdate Maret 31, 2022
Manfaat Susu Untuk Lansia

Susu untuk lansia, memang ada?

Mungkin banyak yang akan berkata seperti itu ketika seseorang menyebutkan kata susu untuk lansia. Iya, susu untuk lansia itu ada.

Apa itu Lansia?

Lansia atau Lanjut Usia menurut Kementerian Kesehatan adalah kelompok orang yang sudah berumur 60 tahun keatas baik yang masih produktif atau masih bekerja maupun yang sudah tidak produktif lagi.

Pada fase tersebut orang-orang yang masuk dalam kategori lansia ini mengalami banyak perubahan yang mempengaruhi tubuh dan kesehatan mereka.

Penuan disertai penurunan kemampuan dalam mengolah makanan membuat kemampuan menyerap nutrisi juga akan menurun.

Seperti kemampuan mengunyah makanan, kemampuan lidah mengecap rasa dan sebagainya akan membuat nafsu makan lansia menurun.

Akibatnya jumlah makanan yang mereka konsumsi juga menurun. Jika jumlah makanan yang mereka konsumsi menurun maka nutrisi yang tubuh mereka dapatkan akan rendah.

Susu untuk lansia

Sumber nutrisi yang tersedia untuk lansia salah satunya adalah susu yang diformulasikan khusus untuk lansia ini.

Susu memang biasanya diidentikkan dengan balita saja. Namun susu juga tersedia untuk orang dewasa termasuk lansia.

Susu lansia ini merupakan susu khusus yang dibuat sehingga memiliki kandungan esensial yang dibutuhkan oleh tubuh lansia.

Kandungan-kandungan tersebut seperti Zink, protein, mineral, serat, Omega 3 dan Omega 6, kalsium, vitamin dan beberapa kandungan lainnya.

Manfaat susu untuk lansia

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa lansia peroleh dengan mengkonsumsi susu setiap hari:

1. Menjaga kepadatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang cenderung menurun. Akibatnya tulang menjadi lebih rentan akan retak, patah dan mengalami osteoporosis.

Kandungan kalsium dalam susu akan membuat tulang menjadi sehat sedangkan vitamin D akan meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

2. Menjaga sistem pencernaan

Kandungan serat pangan pada susu untuk lansia sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan mereka, sehingga permasalahan seperti konstipasi atau sembelit bisa dihindari.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan lain yang terdapat pada susu lansia adalah kalium. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Selain itu keberadaan serat juga terbukti mampu menunrunkan keberadaan kolesterol jahat yang bisa menyebabkan peningkatan resiko penyakit jantung dan stoke.

4. Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthitis adalah jenis radang sendi yang yang sering menyerang lansia. Kandungan kalsium pada susu bisa mencegah radang sendi ini.

5. Menjaga fungsi kognitif otak

Semakin tua seseornag maka fungsi kognitif otaknya seperti mengingat dan berpikir juga mengalami penurunan. Dengan mengkonsumsi susu, fungsi kognitif otak lansia bisa tetap terjaga.

Kandungan Omega-3 dan Omega-6 mammpu menjaga menjaga saraf otak sehingga menurunkan resiko terkena penyakit-penyakit yang menurunkan fungsi kognitif otak seperti Demensia dan Alzheimer.

6. Menjaga massa otot

Penurunan massa otot pada lansia merupakan hal yang umum terjadi. Bukan berarti hal tersebut baik atau normal saja.

Penurunan massa otot ini akan berpengaruh pada aktifitas lansia. Mereka akan cenderung jarang bergerak aktif sehingga bisa menyebabkan fungsi otot menurun.

Kandungan protein yang tinggi pada susu akan membantu agar jumlah kebutuhan protein lansia tetap terpenuhi sehingga massa otot mereka tetap terjaga.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh oleh lansia dengan mengkonsumsi susu khusus untuk lansia.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan