Manfaat Buah Naga! Mulai Dari Kesehatan Hingga Kecantikan, Simak 15 Manfaat Buah Naga Buat Kamu!

- Diupdate Juni 26, 2022
Manfaat Buah Naga! Mulai Dari Kesehatan Hingga Kecantikan, Simak 15 Manfaat Buah Naga Buat Kamu!

Buah naga atau dikenal juga dengan nama pitaya adalah buah yang cukup unik, karena batangnya yang tumbuh menyerupai kaktus dan kulit dari buah itu sendiri menyerupai sisik naga.

Di Indonesia, terdapat dua jenis buah naga yang mudah ditemukan di pedagang buah, yaitu buah naga merah dan buah naga putih namanya diambil sesuai dengan warna daging buah.

Meski memiliki perbedaan warna, keduanya memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Begitu pula manfaatnya.

Buah naga mengandung air yang cukup banyak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, zat seng, vitamin C, serta vitamin B1, B2, dan B3. Maka tak heran jika buah naga meiliki begitu banyak.

Manfaat Buah Naga

Beberapa manfaat buah naga yang baik untuk kesehatan dan kecantikan akan dibahas di ulasan ini, maka simak rangkum di bawah ini.

1. Menangkal kanker

Menangkal kanker

Buah naga mempunyai kandungan likopen (lycopene), khasiatnya sendiri dapat untuk mengurangi risiko kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru.

Dari hasil studi yang dilakukan Nutrition and Cancer, sel-sel kanker mengalami kesulitan untuk tetap bertahan berada didalam tubuh jika bersentuhan dengan likopen.

2. Mencegah anemia

Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi buah naga secara rutin adalah pembentukan sel-sel darah merah sehingga mencegah terjadinya anemia pada tubuh.

Hal ini dapat terjadi karena pada buah naga terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Belum lagi kandungan vitamin C yang juga akan mempercepat proses penyerapan zat besi itu sendiri.

3. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah

Pitaya atau Buah naga  juga memiliki kandungan mikronutrien seperti vitamin C, B1, dan riboflavin yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

Belum lagi kandungan kalium yang terdapat pada buah naga yang mampu menurunkan tekanan darah sehingga buah nag aini sangat disarankan dikonsumsi oleh seseorang yang menderita hipertensi.

4. Mengobati diabetes

Mengobati diabetes

Hasil penelitian dari jurnal Plos One tahun 2016 menemukan fakta tentang buah naga yang dapat melawan resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes.

Sehingga, agar kadar gula darah tidak melonjak naik setelah makan makanan berlemak, kamu bisa mengonsumsi buah naga untuk makanan penutup, atau kamu bisa meminum jus naga sebagai minuman pendamping makanan.

5. Menyehatkan jantung

Menyehatkan jantung

Manfaat lainnya dari buah naga yaitu kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung hal ini terjadi karena kandungan likopen, betalain, dan serat.

Bukan hanya dagingnya saja, biji buah naga juga memiliki kandungan lemak omega-3 dan omega-9 yang membantu mencegah penyakit jantung, jangan takut memakan biji buah naga, karena bijinya tidak menyatu menyebar dengan dagingnya dan tidak menyulitkan saat dimakan.

6. Mengurangi berat badan

Mengurangi berat badan

Buah naga merupakan salah satu buah dengan kalori dan lemak yang rendah, oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi saat sedang menjalani diet.

Selain itu, serat yang tinggi yang ada pada buah naga juga mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga menghindari kamu ngemil berlebihan karena rasa lapar.

7. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Buah naga juga memiliki manfaat dalam memelihara kesehatan pada gigi dan tulang, kenapa demikian? Buah inimemiliki kandungan kalsium, zat besi, dan fosfor dalam jumlah yang tinggi.

Kalsium ini diperlukan tubuh untuk menjaga organ, otot, dan saraf agar tetap berfungsi dengan baik selain daripada menjaga kesehatan tulang dan gigi.

8. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol

Tidak ada yang menyangka jika buah naga ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam darah.

Khasiat buah naga ini ada karena kandungan seratnya yang cukup banyak, sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung.

9. Membersihkan usus

Membersihkan usus

Buah naga memiliki kandungan prebiotik yang dapat memicu pertumbuhan bakteri baik yaitu asam laktat dan bifidobakteri di dalam usus.

Bakteri tersebut memiliki peran penting dalam membersihkan usus bahkan dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lainnya jika mengonsumsi buah naga adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang menjadi tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini terjadi karena kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan karotenoid di dalamnya dapat melindungi sel darah putih sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

11. Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan

Buah naga tidak hanya dapat membersihkan usus tetapi juga dapat melancarkan pencernaan karena mengandung prebiotik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.

Manfaatnya tentu untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, mencegah diare, dan tentunya dapat mengurangi infeksi pada saluran pencernaan.

12. Mengatasi kerusakan rambut

Mengatasi kerusakan rambut

Tidak banyak yang tau jika buah naga juga mempunyai khasiat untuk mengurangi rambut rontok, loh! Dengan kandungan vitamin C di dalamnya membuat rambut kamu lebih kuat dan lembut.

Caranya cukup mudah, kamu bisa mengolah buah naga menjadi jus, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala sebagai masker rambut. Bungkus dengan handuk (bisa gunakan handuk yang telah direndam air panas lalu diperah, agar terasa hangat) dan diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air mengalir.

13. Menghilangkan jerawat

Menghilangkan jerawat

Tidak banyak yang tau juga tentang manfaat buah naga yang satu ini, karena kaya akan kandungan vitamin C, buah ini dapat membantu proses regenerasi kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Untuk dapat merasakan manfaat buah naga, kamu bisa menghaluskan buah naga hingga memiliki tekstur seperti pasta, lalu oleskan layaknya memakai masker pada wajah yang berjerawat.

14. Mencegah keguguran

Mencegah keguguran

Manfaat buah naga bisa dirasakan untuk siapa saja termasuk ibu hamil, yaitu manfaat berupa pencegahan keguguran dan menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia.

Karena kandungan vitamin B komplek yang terdapat didalamnya, buah naga mampu menghindari bayi terlahir cacat. 

15. Mencegah penuaan

Mencegah penuaan

Manfaat lainnya adalah buah naga dengan kandungan vitamin C dan senyawa bioaktif di dalamnya, dapat memicu produksi kolagen agar kulit agar tetap kencang dan elastis, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Bukan hanya kandungan-kandungan yang telah disebut di atas, buah naga juga mengandung kadar air tinggi hingga 90 persen. Karena itu, salah satu manfaat buah naga adalah mampu menghidrasi kulit agar tetap lembap.

Untuk merasakan manfaat dari buah naga berupa pencegahan penuaan dini kamu bisa mengonsumsi jus buah naga merah secara rutin ditambah dengan perawatan kulit sebagai masker wajah.

Demikianlah deretan manfaat buah naga bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk manfaat buah naga selengkapnya, Simak ulasannya di Indozone. Mulai sekarang, yuk rajin makan buah naga!

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan