Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum ke Grocery Store

- Diupdate Juni 10, 2022
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum ke Grocery Store

Siapa bilang kalau berhemat artinya tidak bisa makan makanan enak? Jika bicara tentang penghematan groceries, banyak orang menganggap hal tersebut sama dengan mengorbankan makanan enak. Padahal tidak juga. Anda tetap bisa berhemat di grocery store dan tetap menyajikan makanan enak dan sehat.

Selain itu, cara terbaik untuk berhemat juga sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan sedikit kreativitas, perencanaan, dan beberapa hal lainnya. Sehingga, Anda tetap bisa menyajikan makanan enak dan sehat untuk Anda dan keluarga.

Persiapan Kecil Sebelum ke Grocery Store

Persiapan adalah kunci penting penghematan belanja. Sebelum Anda pergi ke grocery store, cobalah melakukan beberapa persiapan kecil. Dengan begitu, Anda bisa berhemat berapa Rupiah setiap kali berbelanja.

1. Cek Bahan Makanan yang Anda Miliki

Sebelum pergi belanja, biasakan untuk mengecek bahan makanan yang Anda punya. Cek apakah ada bahan makanan yang sudah habis atau tinggal sedikit. Agar lebih efisien, Anda bisa meletakkan catatan tempel di kulkas, dan mengisinya dengan daftar kebutuhan dapur Anda.

Cara ini membantu Anda mengetahui kebutuhan dapur dan rumah tangga dengan lebih baik. Sehingga, tidak ada barang yang terlupakan lagi saat berbelanja.

2. Kreasikan Makanan yang Ada

Sebelum ke grocery store, cek apakah ada bahan makanan yang tinggal sedikit dan bisa dipakai. Jika ada, buat kreasi makanan menggunakan bahan-bahan yang tersedia. Sehingga, kulkas atau penyimpanan Anda bisa benar-benar kosong dan siap diisi dengan barang yang baru.

Selain itu, jangan lupa juga untuk makan sebelum pergi belanja. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi keinginan belanja karena lapar mata.

3. Kurangi Belanja Makanan Siap Masak

Bahan makanan siap masak memang cukup menggiurkan. Selain praktis, bahan makanan siap masak juga terlihat enak dan mudah diolah. Namun, jika Anda berencana untuk mengurangi budget belanja, cobalah untuk tidak membeli bahan masakan siap masak.

Sebagai gantinya, Anda bisa membuat makanan siap masak sendiri dan menyimpannya di kulkas atau freezer. Selain lebih murah, cara ini juga cenderung lebih sehat dibandingkan dengan membeli makanan siap makan atau siap masak.

4. Beli Makanan Segar dalam Jumlah Cukup

Seberapa sering Anda membuang sisa bahan makanan? Kalau cukup sering, mungkin Anda membeli terlalu banyak bahan makanan saat belanja ke grocery store. Cobalah untuk mengurangi jumlah belanjaan Anda secara bertahan. Khususnya untuk kategori makanan segar seperti sayur dan buah.

Umumnya, sayur dan buah hanya bisa bertahan 1-3 hari saja. Bahkan meskipun Anda sudah melakukan prepared-food sebelumnya. Karena itu, cobalah untuk membeli sayuran atau buah yang dapat Anda habiskan dalam 3 hari. Jika buah atau sayuran tersebut bisa dibekukan, membekukannya bisa menjadi opsi agar lebih tahan lama.

5. Buat Rencana Belanja

Terakhir, jangan lupa untuk membuat daftar belanja dan rencana budget. Pastikan Anda menaruh perhatian pada rencana yang telah Anda buat. Jangan membeli sesuatu yang tidak ada di luar daftar. Kecuali jika barang tersebut memang barang kebutuhan yang memang penting dan sedang diskon.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat belanja. Meski sederhana, cara tersebut cukup ampuh untuk mengurangi budget belanja Anda. Dalam jangka panjang, Anda bahkan bisa menemukan kalau biaya yang Anda hemat ternyata cukup besar.

Selain 5 hal tersebut, Anda juga bisa berhemat jika belanja melalui grocery store online seperti aplikasi Sayurbox atau webste https://www.sayurbox.com/. Dengan belanja online, Anda bisa menghemat ongkos kirim, memantau total belanja dengan mudah, serta mengetahui barang apa saja yang cukup sering Anda beli. Sehingga, belanja hemat sesuai budget bisa lebih mudah dilakukan.Selamat berbelanja.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan