Mengenal Air Purifier serta manfaatnya untuk kesehatan

- Diupdate Juni 26, 2022

Tingginya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat menjadi salah satu alasan mengapa Air Purifier ini cukup populer belakangan ini. Tidak heran mengapa alat ini cukup mudah di temukan. Anda bisa menemukan alat ini di toko-toko elektronik maupun di toko-toko online.

Mengenal Air Purifier serta manfaatnya untuk kesehatan
Air Purifier

Apa itu Air Purifier

Lalu apa sih sebenarnya Air Purifier itu?

Air Purifier merupakan sebuah teknologi yang bisa memberikan Anda udara dalam ruangan yang berkualitas. Teknologi ini diterapkan dalam sebuah perangkat elektronik "Air Purifier" yang mampu menyaring dan membersihkan berbagai jenis polutan di udara. Outputnya adalah udara berkualitas tinggi, bersih dan pastinya sehat.

Air Purifier dilengkapi dengan filter atau saringan. Alat ini menggunakan beberapa susun filter yang berbeda. Setiap lapisan filter ini memiliki fungsi yang berbeda pula. Terdapat filter High Efficiency particulate Air (HEPA) yang memiliki serat halus dan rapat yang diklaim mampu menyaring partikel sampai 99%.

Selain filter HEPA ada juga Air Purifier yang menggunakan filter lain seperti filter Karbon Aktif yang mampu menangkap bau, uap dan asap, Ada juga Air Purifier yang menggunakan filter Ionizer yang memancarkan ion bermuatan listrik yang menarik dan menempel pada debu dan alergen dan menghilangkannya dari udara.

Namun ada juga produk Air Purifier yang menggunakan kombinasi dari filter tersebut seperti produk Hepa Filter Pro dari Meval. Udara keluarannya tentu saja udara dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Adapun jenis-jenis partikel polutan dalam udara ruangan yang mampu ditangkap filter alat ini adalah debu, jamur, alergen, bakteri dan virus, bau rokok, bau masakan, hingga gas kontaminan kimiawi berbahaya dan beracun yang berasal dari cairan pembersih, material maupun furnitur rumah.

Air Purifier ini sendiri berbeda dengan Air Conditioner (AC) dan Humidifier. Air Purifier merupakan perangkat dengan fungsi yang lebih spesifik yaitu membersihkan udara dari berbagai macam polutan dalam udara ruangan, berbeda dengan AC yang fungsinya jauh lebih banyak. 

Dengan Humidifier juga berbeda, Humidifier mengubah air menjadi uap yang kemudian disemprotkan ke udara untuk membuat udara lebih sejuk. Dengan kata lain secara prinsip kerja Humidifier menambah partikel ke udara sedangkan Air Purifier mengurangi partikel tertentu di udara.

Cara Kerja Air Purifier

Cara kerja Air Purifier terbilang sederhana. Saat alat dinyalakan maka kipas yang terdapat dalam alat ini akan mulai menyedot udara dari bagian belakangnya. Udara ini akan dilewatkan pada filter khusus. Polutan hingga bau akan disaring pada susunan filter ini dan udara kemudian akan kembali dilepaskan ke ruangan.

Filter HEPA mampu menangkap partikel dalam udara dengan berbagai ukuran seperti debu, bulu hewan peliharaan, serat benang, bahkan sampai partikel berukuran 0.3 mikron. Hal ini dikarenakan filter HEPA terdiri dari lembaran padat serat kecil yang dilipat dan disegel dalam bingkai logam atau plastik.

Selain melewati filter HEPA, pada produk yang multifiler, maka udara akan melewati filter karbon aktif sehingga semua jenis bau bisa terperangkap. Berikutnya udara akan melewati filter Ionizer dan pada akhirnya dikembalikan ke ruangan.

Manfaat Air Purifier Untuk Kesehatan

Menggunakan Air Purifier bisa meningkatkan kualitas udara ruangan yang pastinya berimbas pada kesehata. Berikut manfaat bagi kesehatan yang bisa diperoleh dengan menggunakan Air Purifier.

  1. Mengurangi resiko penularan penyakit
  2. Menghilangkan bau tidak sedap
  3. Menurunkan kadar zat kimia berbahaya di dalam ruangan
  4. Mengurangi pertumbuhan jamur
  5. Meringankan gejala asma
  6. Meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah

Melihat banyak benefit yang bisa diperoleh dari penggunaan Air Purifier ini, maka ada baiknya jika Anda mulai memikirkan untuk membelinya. Hitung-hitung sebagai investasi untuk kesehatan, kualitas hidup yang lebih baik untuk Anda dan keluarga.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan