Manfaat menggunakan Jasa Pengacara Perceraian

- Diupdate September 16, 2022
Manfaat menggunakan Jasa Pengacara Perceraian

Jasa pengacara perceraian merupakan salah satu jenis jasa yang cukup banyak dicari ketika seseorang ingin mengakhiri hubungan pernikahannya. Pernikahan sendiri merupakan suatu ikatan janji yang dibuat oleh dua orang atau pasangan yang dilindungi oleh hukum negara dan hukum agama.

Tujuan pernikahan tentunya untuk membangun rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Namun dalam perjalanannya, berbagai masalah bisa saja muncul dan mengakibatkan keretakan dalam hubungan rumah tangga. Tentunya tidak ada pasangan suami istri yang menginginkan hal tersebut terjadi. 

Jika rumah tangga sudah retak maka perceraian akan sangat mungkin terjadi. Perceraian sendiri merupakan jalan terakhir yang harus seharusnya ditempuh ketika kedua pasangan sudah tidak lagi mampu menciptakan ruang untuk berbaikan satu sama lain.

Hal ini sangat disayangkan apalagi jika dalam keluarga yang dirundung pereraian itu sudah memiliki anak. Anak tersebut akan menjadi korban broken home yang bisa berakibat buruk terhadap kondisi psikologis mereka.

Jika perceraian sudah tidak bisa dihindari maka ada baiknya jika pihak yang ingin bercerai mulai menyewa pengacara perceraian. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa menggunakan pengacara sangat dianjurkan.

Saat proses perceraian, pendampingan oleh pengacara tentu sangat membantu karena pihak yang ingin bercerai sejatinya awam soal hukum perceraian serta belum mengetahui prosedur persidangan terutama dalam hal pembuatan berkas-berkas persidangan, seperti surat gugatan dan lain sebagainya

Peran pengacara ini tidak hanya untuk mewakili para pihak yang akan bercerai saat beracara di pengadilan. Pengacara juga akan menjadi jembatan dialog dalam membicarakan segala kesepakatan yang ingin dicapai, seperti tunjangan hidup, hak asuh anak dan hal-hal penting lainnya.

Berikut ini 3 manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan jasa pengacara perceraian:

1. Proses administrasi yang efektif

Proses administrasi merupakan bagian yang bisa sangat menyita waktu. Pihak yang akan bercerai harus mengurus banyak hal seperti mendaftar, menyiapkan dokumen dan sebagainya. Hal tersebut bisa membuat aktivitas lainnya bisa terganggu. Dengan menggunakan jasa pengacara, urusan administrasi akan dikerjakan oleh mereka.

2. Tidak perlu bingung tentang hukum

Bagi orang yang kurang paham tentang hukum perceraian, banyaknya prosedur yang tergolong rumit yang harus dilalui bisa membuat bingung. Apalagi perceraian kadang memberi beban psikologis yang membuat pikiran menjadi kurang jernih. Akibatnya kesalahan alur bisa saja terjadi. Mamakai jasa pengacara sudah pasti akan sangat membantu.

3. Penyusunan dokumen menjadi lebih mudah

Dalam perceraian akan ada banyak dokumen yang harus dipersiapkan. Dokumen-dokumen ini menjadi syarat yang harus dilengkapai agar proses perceraian bisa dilaksanakan dan berjalan dengan lancar. Pengacara bisa membantu mengumpulkan secara menyusun dokemen tersebut sehingga proses penyusunan bisa lebih cepat dan efisien.

Melihat manfaat di atas tentu menggunakan pengacara perceraian menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya pihak yang ingin bercerai tidak akan dibuat pusing oleh proses perceraian serta persidangan yang rumit, menguras waktu dan pikiran.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan