Biaya Pendaftaran Merek Dagang beserta Manfaatnya

— Diupdate Oktober 27, 2022
Biaya Pendaftaran Merek Dagang beserta Manfaatnya

Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang berapa biaya pendaftaran merek dagang murah dan terpercaya yang harus disiapkan untuk mendaftarkan mereknya secara resmi. Pada dasarnya, mendaftarkan merek dagang secara resmi adalah salah satu poin penting yang harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha. 

Dengan begitu, mereknya tidak akan bisa ditiru oleh pihak lain. Untuk mencegah terjadinya penipuan maupun pemalsuan yang merugikan banyak pihak, para pelaku usaha bisa mendaftarkan mereknya ke sistem pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) serta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Nantinya, dengan melakukan langkah ini Anda bisa mendapat banyak manfaat. 

Lantas, apa saja manfaat dari mendaftarkan merek dagang secara resmi? Selain itu, berapa biaya yang harus disiapkan untuk mendaftarkan merek dagang secara resmi? Kedua pertanyaan ini akan dijawab melalui artikel ini! 

Manfaat dan Biaya Pendaftaran Merek Dagang 

Biaya yang dibutuhkan dalam pendaftaran merek ini akan berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing pelaku usaha. Sebab, ada juga beberapa pelaku usaha yang memanfaatkan keberadaan jasa pendaftaran merek dagang, sehingga mereka tidak harus melakukan aktivitas ini sendiri. Sementara itu, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mendaftarkan merek dagang secara resmi, dan beberapa manfaat tersebut adalah: 

1. Sebagai Perlindungan Hukum

Manfaat paling utama dari pendaftaran merek adalah untuk menjadi perlindungan hukum bagi setiap merek yang mendaftarkan diri. Nantinya, pendaftaran merek ini bisa menjadi bukti bahwa merek tersebut benar-benar milik perusahaan yang bersangkutan. Jadi, tidak akan ada pihak lain yang bisa meniru merek tersebut. Jika ada kompetitor yang dengan sengaja maupun tidak sengaja meniru merek yang telah didaftarkan tersebut, mereka dapat dituntut secara hukum. Jadi, pemilik asli dari merek ini tidak akan merasa dirugikan. 

2. Meningkatkan Peluang Bisnis 

Pada dasarnya, kolaborasi dengan stakeholders bisa mendorong bisnis untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif. Namun, biasanya para stakeholders akan mengajukan persyaratan tertentu untuk mereka bisa bekerja sama dengan suatu perusahaan. Salah satu persyaratan yang biasa diajukan oleh pihak stakeholders adalah perusahaan telah mendaftarkan merek dagangnya secara resmi. Maka dari itu, sangat disarankan kepada para pelaku usaha untuk segera mendaftarkan merek dagangnya. 

3. Meningkatkan Angka Penjualan

Perusahaan Ingin meningkatkan angka penjualan perusahaan dengan mudah dan cepat? Anda bisa segera mendaftarkan merek dagang perusahaan Anda secara resmi. Sebab, merek yang telah terdaftar secara resmi dapat memberikan kredibilitas yang lebih menjanjikan. Dengan begitu, para calon konsumen bisa lebih merasa yakin untuk membeli produk maupun menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. 

4. Sebagai Identitas Produk

Manfaat terakhir dari pendaftaran merek ini adalah sebagai identitas produk yang dilindungi oleh hukum. Sesuai dengan apa yang tercantum pada UU No. 20 tahun 2016, merek adalah tanda yang bisa ditampilkan secara grafis seperti logo, gambar, angka, nama, maupun susunan warna serta kata. 

Dengan adanya merek yang menarik seperti ini, para konsumen bisa lebih mudah untuk mengingat produk maupun jasa yang pernah dibelinya. Jadi, dapat dipastikan bahwa merek bisa menjadi identitas dari produk maupun jasa yang sedang ditawarkan oleh suatu perusahaan tertentu. 

Biaya pendaftaran merek dagang tidak akan terlalu mahal, sehingga biaya ini tidak akan menguras modal usaha Anda. Di balik biayanya yang tidak terlalu mahal, proses pendaftaran merek bisa memberikan beragam manfaat yang menguntungkan. Jadi, Anda bisa segera mendaftarkan merek dagang ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan