Jangan Disepelekan, Ini Dia Cara Mendaftarkan Merek Dagang!

— Diupdate Oktober 28, 2022
Ini Dia Cara Mendaftarkan Merek Dagang!
Image by rawpixel

Merek dagang menjadi salah satu elemen penting dalam suatu bisnis atau usaha. Mengapa demikian? Karena hal ini berhubungan dengan penilaian konsumen terhadap suatu produk. Lalu bagaimana cara mendaftarkan merek dagang murah dan terpercaya dan mengapa merek dagang ini penting? Merek dagang tidak boleh dianggap sepele. Setelah membangun bisnis anda, segeralah mendaftarkan merek dagang dari perusahaan atau bisnis anda.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Merek Dagang?

Anda bisa memahami merek dagang sebagai salah satu jenis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari suatu bisnis atau usaha, yang terbentuk dari tanda, desain, nama, hologram, dan lain sebagainya. Singkatnya, merek dagang akan menjadi alat identifikasi produk oleh konsumen. Karena merek dagang menjadi ciri khas atau karakteristik pembeda antara satu usaha dengan lainnya, maka merek dagang ini perlu didaftarkan agar kepemilikannya bisa diakui secara sah dan dilindungi oleh undang-undang atau hukum yang berlaku. 

Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mendaftarkan merek dagang dari barang atau jasa dari usaha yang anda miliki. 

1. Siapkan Persyaratan

Ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan sebelum mendaftarkan merek dagang dari usaha anda. Adapun persyaratan yang harus anda siapkan ada tiga hal, yaitu etiket/label merek, tanda tangan pemohon, dan Surat Rekomendasi UKM Binaan, atau sejenisnya. 

2. Lakukan Pendaftaran Secara Online

Setelah menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran secara online atau daring, sehingga tidak perlu pergi ke kantor Ditjen Kekayaan Intelektual terkait. 

Mengapa Penting Mendaftarkan Merek Dagang?

Untuk menjawab pertanyaan ini, anda perlu mengingat bahwa dunia bisnis sama dengan dunia kompetisi. Oleh karena itu, setiap pelaku bisnis atau usaha berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen lebih banyak. 

Nah, salah satu caranya adalah dengan memiliki merek dagang, mengapa demikian? Berikut adalah alasannya. 

A. Merepresentasikan Bisnis Anda

Merek dagang akan menjadi representasi dari bisnis yang anda lakukan. Representasi ini juga bisa menggambarkan kualitas produk atau jasa, sehingga bisa menarik banyak konsumen. 

B. Branding

Merek dagang juga merupakan salah satu trik untuk melakukan branding dan promosi produk. Jika perusahaan kamu bisa membentuk branding yang bagus, maka itu akan meningkatkan ketertarikan dan rasa percaya dari konsumen kepada bisnis atau usaha kamu.

C. Memperluas Relasi

Jika memiliki merek dagang, anda bisa melakukan promosi dan memperluas jaringan bisnis anda seluas mungkin untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Merek dagang dari bisnis kamu akan dikenal oleh banyak orang di berbagai wilayah. 

Pada dasarnya, masih banyak lagi alasan mengapa penting untuk mengetahui cara mendaftarkan merek dagang untuk usaha atau bisnis anda. Cari informasi lebih banyak, dan jangan lupa segera daftarkan merek dagang anda, segera mungkin.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan