Ini Dia Biaya dan Manfaat Daftar Merek Dagang

— Diupdate Oktober 28, 2022
Ini Dia Biaya dan Manfaat Daftar Merek Dagang

Jika anda memiliki bisnis atau usaha namun belum mendaftarkan merek dagang, maka jangan skip informasi ini. Dalam daftar merek dagang murah dan terpercaya memiliki manfaat yang penting untuk bisnis atau usaha anda. Oleh karena itu, langkah ini tidak boleh disepelekan dan tidak boleh ditunda-tunda. 

Lalu Berapa Biaya Daftar Merek Dagang? Untuk mendaftarkan merek dagang bagi bisnis atau usaha anda, anda harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu untuk pendaftarannya. Berdasarkan PP Nomor 28 Tahun 2019, Ditjen Kekayaan Intelektual telah menetapkan besaran tarif untuk pendaftaran merek dagang. 

Nyatanya, tarif untuk masing-masing usaha berbeda-beda, tergantung jenis usahanya. Saat melakukan pendaftaran baik secara online maupun offline, anda akan diberi tahu berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mendaftarkan merek dagang. Berdasarkan informasi, pendaftaran merek dagang untuk pelaku UMKM lebih murah dibanding masyarakat umum.

Dan untuk biaya online maupun offline, lebih murah jika anda mendaftar secara online. Selain biaya pendaftaran, anda juga harus mengeluarkan biaya jika ingin melakukan perpanjangan untuk hak merek dagang ini. Perpanjangan dilakukan setiap 6 bulan sekali, atau sesuai dengan kesepakatan berakhirnya perlindungan merek.

Apa Manfaat Mendaftarkan Merek Dagang? 

Untuk apa suatu bisnis atau usaha perlu mendaftarkan merek dagangnya? Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika segera mendaftarkan merek dagang untuk usaha atau bisnis anda. 

1. Dilindungi Hukum Secara Sah

Dengan memiliki merek dagang, usaha anda akan terdaftar secara resmi di Ditjen KI, dan dengan demikian maka usaha anda juga akan resmi menjadi badan usaha atau bisnis yang dilindungi secara sah oleh hukum yang berlaku di Indonesia. Hal itu ditandai dengan diterimanya sertifikat dari Menteri Hukum dan HAM Indonesia. Dengan begitu, maka merek dagang anda akan terhindar dari plagiat dan pencurian merek. Plagiat sendiri bisa menyebabkan dampak buruk pada bisnis anda. 

2. Memiliki Identitas Resmi

Identitas suatu usaha akan melekat pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh usaha tersebut. Oleh karena itu, identitas usaha ini akan membantu jalannya proses branding yang akan mengenalkan bagaimana kualitas dari produk atau jasa kepada konsumen. Identitas ini juga akan menjadi pembeda atau ciri khas dari produk anda dibanding dengan produk dari badan usaha lainnya. Dengan begitu, maka produk anda akan lebih mudah dikenali konsumen, dan berdampak baik pada bisnis anda di pasar. 

3. Mempermudah Marketing

Dalam proses marketing atau pemasaran, suatu badan usaha memerlukan nama atau identitas yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Bagaimana jadinya jika suatu usaha tidak memiliki nama, maka konsumen akan kesulitan untuk mencari atau mengidentifikasinya. Oleh karena itu, dengan memiliki merek dagang yang resmi, anda bisa melakukan promosi atau marketing untuk usaha anda. Tanpa khawatir terjadi pencurian, plagiat nama, hingga usaha untuk menjelekkan merek usaha anda. 

4. Memperluas Jaringan Pasar

Peluang bisnis dan jaringan pasar akan semakin terbuka jika anda memiliki merek dagang untuk usaha anda. Dengan adanya merek dagang, suatu usaha memiliki misi yang lebih terarah, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Jika hal tersebut konsisten dijalankan, maka bisnis atau usaha anda akan memiliki peluang besar untuk dikenal banyak orang, unggul pada jaringan pasar, dan tentu mendatangkan banyak keuntungan. 

Jadi apakah anda masih ingin menunda daftar merek dagang untuk usaha atau bisnis anda? Jika melihat bagaimana urgensi dan manfaat yang bisa anda dapatkan, maka segeralah daftarkan merek dagang anda secara resmi.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan