Marketing Adalah Strategi Wajib Pemasaran, Begini Penjelasan Lengkapnya

— Diupdate Oktober 30, 2022
Marketing Adalah Strategi Wajib Pemasaran, Begini Penjelasan Lengkapnya

Memahami pemasaran wajib tahu apa itu marketing, karena marketing adalah murah dan terpercaya strategi dasar yang harus diketahui para pebisnis untuk memperluas dan memperkuat produk mereka.

Bagaimana penjelasannya? Simak penjelasan lengkap di bawah ini:

Apa itu Marketing? Marketing adalah..

Marketing merupakan kegiatan bisnis yang berkaitan dengan hubungan antar produsen dan konsumen. Mulai dari pengelolaan produksi, pemberian harga, proses promosi kepada konsumen hingga proses terjadinya interaksi jual beli. Marketing juga bisa diartikan sebagai sebuah proses pengenalan produk baik berupa barang atau jasa kepada masyarakat umum, sehingga masyarakat tahu dan tertarik untuk membeli produk yang dijualbelikan.

Proses marketing terus berkembang seiring berjalannya waktu, dimana dulu bisa hanya dilakukan secara manual atau offline dengan memasang pamflet, menyebar brosur dan sejenisnya, Kini bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan beberapa platform online yang sudah ada.

Pada proses pelaksanaan marketing ini juga bagaimana citra produk dikenal oleh masyarakat luas. Oleh sebab itu, diperlukan strategi yang tepat untuk melakukan proses marketing. 

Tips Strategi Marketing yang Tepat

Ada beberapa strategi marketing yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis, diantaranya: 

1. Perhatikan Kualitas Produk.

Kualitas produk adalah kunci berhasilnya marketing yang Anda lakukan, akan sangat percuma jika marketing sudah dilakukan maksimal sedangkan produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan apa yang disampaikan. 

2. Fokus pada Target Pasar

Strategi marketing pertama yang bisa dilakukan adalah fokus pada siapa target pasar yang tepat bagi produk atau jasa yang anda tawarkan.

Karena target pasar akan sangat mempengaruhi bagaimana produk akan dibuat dan dikelola. Ada empat jenis cara dalam menentukan strategi pasar yang tepat: 

  • B2B (Business to Business) fokus target pasar untuk dikelola atau dijual kembali oleh pebisnis lain. 
  • B2C (Business to Consumer) target pasar secara keseluruhan untuk masyarakat umum. 
  • C2C (Costumer to Costumer) target pasar fokus kepada konsumen untuk konsumen yang lain. 
  • B2G (Business to Government) produk dikhususkan untuk sebuah instansi tertentu.

3. Perhatikan Teknik Pemasaran

Tips kedua adalah memperhatikan teknik pemasaran. Melalui teknik pasaran ini masyarakat akan menilai bagaimana pandangan masyarakat terhadap produk Anda. Ada empat cara yang bisa Anda coba, diantaranya: 

  • Dari mulut ke mulut, teknis dasar pemasaran melalui cerita yang sudah dilakukan sejak jaman dahulu.
  • Teknik pemasaran gerilya, seperti namanya dimana perusahaan akan memberikan dampak besar kepada masyarakat namun dengan biaya produksi yang terbilang rendah.
  • Afiliasi marketing, memberikan hadiah bagi konsumen yang berhasil mengenalkan produk dengan syarat tertentu.
  • Melakukan komunikasi pribadi dengan konsumen sesuai kebiasaan pihak konsumen yang disebut database marketing.

4. Perhatikan Jenis Alat Marketing yang Digunakan

Selain ketiga hal yang sudah dijelaskan di atas, alat yang akan digunakan dalam proses pemasaran juga perlu diperhatikan. Secara jenisnya alat marketing dibagi menjadi 3, yakni:

  • Telemarketing, dimana perusahaan akan mengumpulkan data nomer telefon konsumen dan produk akan dipromosikan melalui telefon tersebut.
  • Direct Mail Marketing, alat pemasaran dengan memanfaatkan platform pamflet, menyebar brosur dan cara offline lainnya.
  • Digital Marketing, cara paling diminati di era digital kini, dengan memanfaatkan media online seperti e-mail, media sosial, website dan beberapa media lainnya.

Nah, singkatnya marketing adalah sebuah aktivitas pengenalan produk yang Anda tawarkan kepada para konsumen, hingga mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Tetap lakukan yang terbaik agar bisnis Anda berjalan lancar. Semoga bermanfaat.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan