Peran dan Tanggung Jawab Jasa Konsultan Pajak Bagi Perusahaan

— Diupdate Oktober 30, 2022
Peran dan Tanggung Jawab Jasa Konsultan Pajak Bagi Perusahaan

Perkembangan jasa konsultan pajak murah dan terpercaya saat ini sudah sangat pesat. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi sebagian orang yang memiliki kesibukan sangat padat dan tidak terbiasa dengan urusan administrasi maupun perpajakan.

Kehadiran jasa inilah yang membuat kewajiban melaksanakan perpajakan dapat dilakukan dengan baik dan benar. Nah, jika ingin tahu mengenai konsultan pajak lebih lanjut, simak ulasannya berikut.

Pengertian Jasa Konsultan Pajak

Definisi dari konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak dalam mengurus segala hal mengenai pajak. Profesi satu ini memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Di Indonesia pun sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultasi untuk urusan perpajakan dalam rangka efisiensi. Perlu diketahui, syarat menjadi konsultan pajak, yakni menjadi anggota salah satu asosiasi konsultan pajak yang sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak.

Asosiasi konsultan pajak yang telah terdaftar tersebut berjumlah dua asosiasi. Jika ingin menggunakan jasa dari konsultan perpajakan, maka dapat memilih antara Ikatan Konsultan Pajak Indonesia atau Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia.

Peran Serta Tanggung Jawab Konsultan Pajak

Bagi para wajib pajak, memiliki konsultan pajak memang menghadirkan berbagai keuntungan. Misalnya, wajib pajak dapat memberikan sebuah kuasa kepada seorang konsultan pajak untuk menangani kewajiban perpajakan, mulai dari mempersiapkan, menghitung, hingga melaporkan pajak.

Dengan begitu, kesalahan terkait perhitungan dan pelaporan pajak yang menyebabkan kerugian dapat dihindari. Adapun peran dan tanggung jawab dari konsultan pajak yang perlu diketahui, antara lain:

1. Konsultasi

Seperti namanya, konsultan pajak memiliki peran sebagai seseorang yang dapat diajak berkonsultasi. Karena itu, konsultan pajak bertanggung jawab memberikan jasa konsultasi mengenai permasalahan perpajakan yang sedang dialami klien.

2. Kepatuhan pajak

Selanjutnya, konsultan pajak juga bertanggung jawab dalam kepatuhan pajak kliennya. Konsultan pajak bertugas mengelola keperluan yang berhubungan dengan kepatuhan pajak dari klien, seperti menghitung, membayar, dan melaporkan pajak.

3. Perencanaan pajak

Peran dan tanggung jawab lain dari konsultan pajak adalah melakukan perencanaan pajak. Konsultan pajak biasanya melakukan perencanaan pajak yang bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan dari klien.

4. Restitusi pajak

Restitusi pajak maksudnya adalah konsultan dapat membantu klien dalam proses pengembalian akibat kelebihan pembayaran pajak. Hal yang biasa dilakukan, yakni menyiapkan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan, hingga proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak.

5. Penyelesaian sengketa pajak

Peran konsultan pajak lainnya, yaitu penyelesaian sengketa pajak. Konsultan dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak, misalnya ketika klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding, dan hal lain.

6. Pemeriksaan laporan pajak

Pemeriksaan laporan pajak juga akan dilakukan oleh jasa konsultan. Konsultan pajak biasanya memberikan layanan ini untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan kemunculan beban pajak, terutama jika merugikan perusahaan dari klien.

7. Pendampingan dalam pemeriksaan

Konsultan pajak memiliki tanggung jawab lain, yakni mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan sebab tidak sedikit klien yang paham mengenai masalah perpajakannya. Selain itu, konsultan juga akan membantu menyiapkan data serta dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.

Akhir Kata

Dengan menggunakan jasa konsultan perpajakan, tentu tingkat kesalahan dalam urusan administrasi yang diterima sangat kecil sehingga minim risiko untuk membayar lebih. Di sisi lain, perusahaan tidak akan merasa terbebani karena masalah perpajakan sudah ditangani langsung oleh pakarnya.

Itu dia beberapa informasi terkait jasa konsultan pajak beserta peran dan tanggung jawabnya. Jika ingin merasa nyaman saat menjalani pemeriksaan pajak, jangan ragu untuk didampingi oleh pihak konsultan, ya!

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan