Mengenal Smart TV dan kapan Anda harus membelinya

— Diupdate November 01, 2022
Mengenal Smart TV dan kapan Anda harus membelinya
Smart TV Polytron

Di era modern dimana perangkat-perangkat berlabel smart mendominasi ini tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya Smart TV. Perangkat ini menjadi salah satu sumber hiburan yang harus anda miliki di rumah Anda. Lalu apakah sebenarnyta smart TV ini? apa yang membedakannya dengan TV biasa? 

Apa itu Smart TV?

Smart TV adalah perangkat Televisi yang memiliki kemampuan built-in untuk terhubung ke internet. Ini berarti perangkat TV ini mampu "online" tanpa harus menggunakan perangkat tambahan seperti Google Chromecast, Apple TV, Roku Box dan sejenisnya untuk bisa mengakses layanan daring.

Karena smart TV mampu terhubung ke internet, biasanya TV memungkinkan Anda mengunduh aplikasi-aplikasi seperti yang Anda lakukan di perangkat smartphone. Sebagian besar platform TV pintar memiliki aplikasi untuk layanan streaming utama seperti Netflix dan YouTube, ditambah penawaran untuk jaringan TV utama dan lebih banyak layanan khusus.

Anda juga dapat menggunakannya untuk menjelajahi web, mengakses sumber daya lain di jaringan rumah Anda, streaming dari komputer dan telepon lain di rumah Anda, dan banyak lagi tergantung pada model TV yang Anda miliki. Itulah perbedaan utama antara Smart TV dengan TV biasa.

Lalu bagaimana dengan Android TV? Apa bedanya dengan Smart TV?

Merujuk pada namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa TV ini berhubungan dengan android layaknya perangkat smartphone android. Iya, android TV merupakan perangkat TV yang memiliki sistem operasi android dan bisa digunakan layaknya smartphone Android.

Artinya perangkat ini juga memiliki akses ke Google Play Store sehingga bisa mendownload aplikasi-aplikasi seperti permainan dan sebagainya dan menggunakan aplikasi atau permainan tersebut langsung melalui TV.

Android TV juga mendukung Google Assistant yang dapat Anda gunakan untuk memberikan perintah ke TV untuk melakukan tugas apa pun. Anda juga dapat menghubungkan Android TV dengan perangkat pintar lain di rumah.

Fitur lainnya seperti Live cast, home cloud, teknologi Chromecast, live streaming sama di smart dan Android TV. Jadi bisa dibilang Android TV ini termasuk Smart TV karena sudah memiliki semua fitur-fitur konvensional dari Smart TV. Bahkan sekarang kebanyakan Smart TV malah sudah menggunakan Android TV sebagai sistem operasinya.

Keunggulan Smart TV

Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari Smart TV:

1. Bebas Streaming

Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan alasan orang-orang mulai beralih dari TV lama ke smart TV karena ingin mencari tontonan yang lebih beragam dari streaming di berbagai aplikasi. Mulai dari Youtube, Netflix, Viu, dan yang lainnya.

2. Ada fitur Playback

Kebanyakan Smart TV sekarang sudah dilengkapi fitur playback. Jadi, Anda tidak akan ketinggalan tayangan favorit karena gangguan atau ada acara mendadak. Anda tetap bisa menonton tayangan favorit secara lengkap karena fitur canggih dari smart TV yang satu ini.

3. Bisa mendownload Aplikasi

Smart TV tidak hanya bisa digunakan untuk menonton acara TV atau layanan streaming saja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengunduh dan menjalankan aplikasi lainnya termasuk game. 

4. Mendukung perintah suara

Salah satu fitur unggulan dari smart TV adalah menerima perintah suara lewat Google Assistant. Artinya Anda tidak perlu repot lagi menggunakan remot. Namun tidak semua smart TV mendukung perintah suara ini. Pastikan cek ketersediaan fitur ini saat Anda membeli smart TV.

5. Kualitas gambar yang lebih baik

Rasanya mungkin aneh jika smart TV memiliki kualitas gambar yang buruk seperti TV biasa. Tenang saja, umumnya smart TV menawarkan layar yang mendukung layar full HD sampai 4k, bahkan anda yang lebih tinggi lagi.

6. Bisa tersambung dengan Smartphone

Smart TV memiliki kemampuan untuk terhubung dengan perangkat ponsel cerdas baik secara wired maupun wireless. Anda bisa menikmati smartphone Anda pada layar yang lebih besar.

Apakah Anda harus memiliki Smart TV?

Memiliki Smart TV di rumah Anda tentu harus Anda pertimbangkan, apalagi harganya bisa dibilang sangat terjangkau. Kenapa? karena adanya fitur-fitur yang ditawarkan ini artinya hiburan yang Anda peroleh lebih banyak jika dibandingkan dengan TV biasa atau konvensional.

Jika Anda pecinta konten internet dan biasanya menonton konten internet dan jika Anda memiliki koneksi wifi yang baik (dengan bandwidth yang baik) dan paket data yang lebih besar, maka YA Anda harus mempertimbangkan membeli TV Smart ini.

Rekomendasi Smart TV

Jika Anda berminat untuk mengupgrade TV lama Anda dengan Smart TV maka anda bisa mempertimbangkan membeli produk dari Polytron seperti POLYTRON Smart Android TV 32 inch PLD 32AG5959.

Atau jika Anda menginginkan yang layarnya lebih besar, Anda bisa mempertimbangkan Polytron Smart TV Android 43″ PLD 43AG9953 dengan ukuran layar sebesar 43 inchi. Dari segi harga, smart TV ini bisa dibilang cukup terjangkau.

Pada produk ini selain mendapatkan fitur dan layanan umum tv smart seperti Androidtv + Bluetooth Remote, Netflix, Google Play Store, Youtube, Digital TV (DVB – T2), Anda juga akan mendapatkan, Free akses Mola selama 12 Bulan sangat cocok buat Anda yang suka nonton bola

Semoga artikel tentang mengenal Smart TV dan kapan Anda harus membelinya bermanfaat.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan