Weekend Tiba? Ajak Anak ke Taman Mini Indonesia Indah Yuk

— Diupdate Oktober 19, 2022
Taman Mini Indonesia Indah
Source: https://news.detik.com/

Sebagai Ibu Kota Negara, Provinsi DKI Jakarta tidak hanya dipenuhi oleh perusahaan-perusahaan besar yang bermukim di pusat Ibu Kota, tetapi juga terdapat banyak tempat-tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai hiburan saat akhir pekan. 

Kehadiran tempat wisata tentu menjadi hal yang dituju setiap minggunya baik warga Jakarta maupun masyarakat dari kota penyangga seperti Bodetabek. Ada salah satu tempat yang memang dihadirkan bukan untuk sekedar hiburan, tetapi juga memiliki nilai sejarah, pengetahuan, budaya, dan semua yang terkait dengan Indonesia yaitu Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat menjadi TMII. 

Mayoritas warga Jakarta dan masyarakat umum lainnya pasti sudah merasakan tempat wisata yang satu ini sejak kecil, jadi sekarang waktunya untuk mengajak keluarga dan anak-anak bermain sekaligus belajar di TMII. Ada banyak yang bisa diajarkan kepada anak-anak ketika mengunjung taman satu ini, penasaran dengan yang ada di dalam TMII maka berikut ulasan lengkapnya.

Anjungan 33 Provinsi

Satu area yang paling banyak dikunjungi ketika datang ke TMII adalah melihat secara langsung anjungan 33 provinsi sehingga pengunjung bisa mengenal lebih dekat tentang 33 provinsi tersebut berdasarkan rumat dari setiap provinsi. Setiap rumah adat yang dibangun mewakili setiap provinsi dan benar-benar menyerupai dengan yang ada di provinsi tersebut mulai dari bentuk, atap, ukuran, ruangan, pintu, sampai jendela. 

Dengan adanya anjungan semua provinsi yang ada di TMII tentunya menunjukkan lambang persatuan serta kesatuan di Negeri Tercinta ini. Anjungan ini juga selalu dipakai ketika ada acara daerah seperti pameran pakaian adat, hasil budaya, kerajinan, benda bersejarah, dan yang lainnya dari setiap provinsi.

Taman Rekreasi

Setelah pengunjung berkeliling ke anjungan sebanyak 33 provinsi, selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan menunju taman rekreasi. Secara total, di TMII terdapat 12 taman rekreasi yang terbagi menjadi beberapa kategori yaitu Taman Monumental, Taman Flora, Taman Fauna, dan Taman Budaya. Di kategori Taman Monumental terdapat 2 taman yaitu prasasti APEC serta Monumen KTT. 

Untuk kategori Taman Flora ada 4 taman terdiri dari Keong Mas, Kaktus, Melati, dan Apotik Hidup. Sedangkan di Taman Fauna ada 5 taman yaitu Kupu-Kupu, Reptilia, Bekisar, Burung, dan Air Tawar. Sedangkan untuk taman budaya hanya ada 1 taman yaitu Taman Budaya Tionghoa.

Taman Mini Indonesia Indah

Sebenarnya masih banyak lagi daya tarik dari TMII seperti wahana rekreasi dan juga beragam museum yang tersedia. Jika penasaran dengan semua yang ada di TMII, setiap pengunjung dari kota mana saja termasuk Bandung bisa menikmati keanekaragaman yang ada di TMII. 

Apalagi sekarang akses menuju Jakarta dari Bandung termasuk mudah karena tersedia banyak transportasi umum, salah satunya Travel Bandung Jakarta yang bisa dimanfaatkan. Untuk proses pemesanan dan pembelian tiket dengan mudah tanpa ribet, maka bisa beli tiket bus di Pegipegi melalui aplikasi yang bisa diinstall sekarang juga.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan