Begini urutan nonton Battle Through The Heavens

urutan nonton Battle Through The Heavens

Urutan nonton battle through the heavens - Bagi kalian baru akan menonton serial donghua Battle Through The Heavens (Doupo Cangqiong) yang kadang disingkat BTTH, maka silahkan simak tulisan berikut ini.

BTTH merupakan serial animasi China yang season pertamanya dirilis pada tahun 2017 silam. Serial animasi ini memiliki nama lain yaitu Fights Break Sphere. Serial ini cukup populer belakangan ini diantara para pecinta anime.

Bercerita tentang seorang pemuda dari keluarga Xiao bernama Xiao Yan yang dianggap sampah karena tidak bisa memadatkan Dou Qi (semacam elemen kekuatan bawaan), padahal sebelumnya Ia dianggap jenius keluarga namun beberapa tahun terakhir kemampuan kultivasinya menurun.

Akibatnya Xiao Yan harus menerima berbagai penghinaan baik di dalam maupun di luar keluarga. Bahkan pernikahannya dengan seorang gadis bernama Na Lan Yanran yang telah disepakati oleh keluarga dibatalkan sepihak oleh Yanran.

Tidak ingin dipermalukan Xiao Yan akhirnya menantang Yanran untuk bertarung 3 tahun kemudian. Iapun berkelana bersama guru rahasianya Yao Lao demi meningkatkan kultivasinya dan menepati perjanjian tiga tahun dengan Yanran.

Baca Juga: 5 karakter wanita tercantik di Donghua Battle Through The Heavens

Urutan rilis Battle Through The Heavens

Saat ini serial BTTH telah mencapai season 5 dengan tiga season spesial. Begini urutannya:

  1. Battle Through The Heavens (Season 1) (2017)
  2. Battle Through The Heavens Special 1 (2017)
  3. Battle Through The Heavens Season 2 (2018)
  4. Battle Through The Heavens Special 2: Song of Desert (2018)
  5. Battle Through The Heavens Season 3 (2019)
  6. Battle Through The Heavens Season 4 (2020)
  7. Battle Through The Heavens: Three Year Agreement (2021)
  8. Battle Through The Heavens: Origin (2022)
  9. Battle Through The Heavens Nian Fan (2022)

Catatan: BTTH kini menggunakan sistem "Nian Fan" sejak BTTH: Jia Naan Academy. Serial ini akan terus tayang tanpa jeda setiap tahun sampai serial ini tamat (mungkin dalam 3 atau 4 tahun). Untuk penomoran episode terhitung mulai dari Jia Naan Academy Namun jangan terlalu terpaku pada penomoran setiap judul, pasalnya cluster di atas berantakan karena pihak studio banyak melakukan cutting.

Detail Filling Title Nian Fan

No Nian Fan Episode
1 年番 迦南学院
Jia Naan Academy
1 - 52
2 决战云岚
Final Battle of Yunlan Sect
53 - 60
3 炎盟出世
Birth of Yan Alliance
61 - 65
4 三宗之围
Siege of Three Sects
66 - 67
5 菩提化体涎
Bodhisatva Body Transformation Saliva
72 -78
6 Return To Jia Naan 79 - 86
7 前往中州 等
Central Plains Feng Yun Zhi
87 - 93
8 三千雷幻身
Three Thousand Thunder Phantoms
94 - ?

Jika kalian baru akan menonton serial BTTH ini maka sebagaiknya kalian mengetahui bagaimana urutan menonton yang tepat, pasalnya ada perubahan yang sangat signifikan yang sangat mempengaruhi serial ini.

Hal ini dikarenakan adanya perubahan studio yang memproduksi serial ini. Di season 1, serial ini dikerjakan oleh studio Shanghai Foch Film sedangkan di episode spesial serta season berikutnya diambil alih oleh Motion Magic.

BTTH: Three Year Agreement
BTTH: Three Year Agreement

Perubahan studio ini juga menyebabkan perubahan besar pada serial BTTH. Motion Magic yang merupakan studio pembuat animasi top melakukan perombakan besar seakan-akan tidak ingin terikat dengan produk yang dikerjakan studio sebelumnya. Akibatnya antara season 1 dan sequelnya tampak berbeda satu sama lain dari segi visual.

Saking berbedanya, seakan-akan sequel BTTH season 1 ini kesannya "melompat" dan tanpa parent story. Maka dari itu pihak studio Motion Magic membuat 2 episode alternatif untuk season 1 yang berjudul Battle Through The Heavens: Origin untuk mengatasi hal ini. Meskipun dua episode ini dirilis 5 tahun kemudian namun keputusan ini bukanlah hal yang salah.

Urutan nonton Battle Through The Heavens🔥

Begini urutannya

Keberadaan dua epsiode alternatif pengganti season 1 ini akan membuat serial ini lebih lengkap serta kalian tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menonton 12 episode season 1. Begini urutannya:

  1. Battle Through The Heavens: Origin (2022)
  2. Battle Through The Heavens Special 1 (2017)
  3. Battle Through The Heavens Season 2 (2018)
  4. Battle Through The Heavens Special 2: Song of Desert (2018)
  5. Battle Through The Heavens Season 3 (2019)
  6. Battle Through The Heavens Season 4 (2020)
  7. Battle Through The Heavens: Three Year Agreement (2021)
  8. Battle Through The Heavens Nian Fan (2022)

Detail Order Nonton BTTH

1. BTTH: Origin

BTTH: Origin merupakan urutan pertama dalam daftar nonton BTTH. Meskipun baru rilis tahun 2022, namun Origin merupakan bagian yang sengaja dibuat oleh Motion Magic sebagai alternatif BTTH season 1.

Pada Origin, konflik anatara Xiao Yan dan Nalan Yanran dipertegas sehingga para penonton baru tidak akan bingung untuk mengetahui asal-muasal perjanjian tiga tahun antara keduanya.

  • Rilis: 17 Juli 2022
  • Jumlah episode: 3

2. BTTH Spesial 1

BTTH Spesial 1 ini rilis tahun 2017, tepat setelah season pertama selesai. Di sini Motion Magic sudah mengambil alih projek BTTH. Desain maupun gaya secara umum berubah, begitupula dalam penekanan ceritanya yang lebih jelas. Spesial 1 ini bercerita tentang pertemuan pertama Xiao Yan dan Yun Yun serta bagaimana cinta diantara keduanya muncul.

Tidak hanya itu, Spesial satu ini juga menjadi penghubung cerita antara Season kedua dengan Season ketiga.

  • Rilis: 30 September 2017
  • Jumlah episode: 2

3. BTTH Season 2

Season kedua dari BTTH, menceritakan Xiao Yan yang berkelana untuk meningkatkan kultivasinya. Dalam perjalanannya Ia bertemu kembali dengan salah satu temannya yang juga salah satau heroine serial ini yaitu Xiao Yixian

  • Rilis: 3 Maret 2018
  • Jumlah episode: 12

4. BTTH Spesial: Song of Desert

Spesial kedua ini bisa dibilang Spin off dari cerita BTTH. Spesial 2 ini berfokus pada Hai Bodong dan Ratu Medusa dan bagaiamana awal mula konflik antara Hai Bodong dan Ratu Medusa.

Spesial 2 ini merupakan karya original yang dikerjakan oleh Zhao Bingle sebagai sutradara. Karya original yang dimaksud di sini adalah karya asli sang sutradara karena plot cerita yang dikembangkan bahkan tidak terdapat dalam karya asli (novel) Tian Can Tu Dou, tetapi pengarang hanya sebatas memention saja.

  • Rilis: 14 April 2019
  • Jumlah episode: 3
  • Status: Tidak wajib ditonton/optional

5. BTTH Season 3

Season ketiga ini memiliki plot Xiao Yan yang berhasil memiliki api surgawi pertamanya serta konfliknya dengan Mo Cheng yang mengakibatkan Yao Lao harus tertidur panjang.

  • Rilis: 21 Juli 2019
  • Jumlah episode: 12

6. BTTH Season 4

Merupakan kelanjutan dari serial BTTH. Season keempat ini cukup panjang karena menghadirkan 24 episode. Fokus cerita kepada Xiao Yan yang kembali ke Ibukota Jia Ma. Ia kembali untuk mencari teknik maupun obat untuk membangkitkan jiwa Yao Lao.

  • Rilis: 28 Maret 2021
  • Jumlah episode: 24

7. BTTH: Three Year Agreement

TYA merupakan episode spesial yang mungkin bisa dibilang puncak peranimasian tiga dimensi untuk sebuah serial di Tiongkok. Plot yang mendalam serta serta desain yang berkualitas tinggi membuat TYA mendapat rating yang sempurna di Tencent Video. TYA bisa dikategorikan sebagai donghua SSS Tier.

TYA ini sendiri menjadi alasan mengapa Season 4 memiliki 24 episode. Zhao Bingle kabarnya pernah mengatakan bahwa Ia akan menyajikan pertarungan perjanjian tiga tahun tepat tiga tahun kemudian. Iapun betul-betul merilis TYA tiga tahun kemudian.

  • Rilis: 31 Oktober 2021
  • Jumlah episode: 13

8. BTTH Nian Fan

Merupakan sequel dari serial BTTH dan berubah status menjadi Nian Fan alias episode tahunan. Awalnya yang rilis adalah season ke 5 dengan Judul BTTH: Jianaan Academy yang terdiri dari 52 episode. Namun ketika season 5 ini hampir selesai, pihak studio menginfokan bahwa BTTH akan berubah dari serial musiman (Ji Fan) menjadi nian fan.

BTTH Nian Fan sendiri mendapat banyak kritikan dari para penggemar BTTH di Tiongkok. Hal ini tidak terlepas dari perubahan plot, kualitas desain yang menurun drastis. Para penggemar pun memberikan rating yang sangat rendah untuk sequel ini.

  • Rilis: 31 Juli 2022
  • Jumlah episode: Banyak

Apakah ada BTTH Season 6?

Lalu apakah BTTH nantinya akan memiliki season 6? jawabannya adalah tidak karena sudah berubah menjadi Nian Fan, tidak akan ada lagi yang namanya "Season".

Nah itulah urutan nonton Battle Through The Heavens yang benar semoga tulisan ini bermanfaat.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan