Baca Ini Sebelum Membeli Pemanas Air Tanpa Tangki

— Diupdate November 16, 2022
Baca Ini Sebelum Membeli Pemanas Air Tanpa Tangki

Pemanas air tanpa tangki saat ini cukup populer digunakan di rumah-rumah. Karena kebih praktis, bisa menyediakan air panas untuk mandi terus menerus sesuai keperluan.

Juga karena lebih irit energi, tidak terjadi pemborosan seperti yang berpotensi terjadi pada pemanas air dengan tangki. Karena hemat energi tentunya juga lebih hemat biaya.

Dengan tidak adanya tangki berarti terhindar dari terjadinya kebocoran tangki penampung air. Sehingga biaya perawatan juga lebih hemat.

Bagaimana Pemanas Air Tanpa Tangki Bekerja

Berikut penjelasan secara umum bagaimana cara kerja pemanas air tanpa tangki bertenaga listrik. Setiap produk bisa saja berbeda cara kerjanya, karena perbedaan fitur, kualitas, teknologi, dan sebagainya.

  1. Keran air panas dinyalakan.
  2. Sensor mendeteksi air dingin yang masuk ke pemanas dan mengirimkan sinyal ke panel kontrol untuk mulai memproduksi air panas.
  3. Air dingin mengalir melalui heat exchanger dan dipanaskan.
  4. Air akan terus dipanaskan keran air dimatikan, sensor akan mendeteksi air dingin sudah tidak mengalir lagi dan fungsi pemanas akan berhenti.

Di atas adalah dasar cara kerjanya. Namun pada produk tertentu karena penambahan fitur dan teknologi cara kerjanya akan sedikit berbeda.

Misalnya alat pemanas air kamar mandi tanpa tangki produksi Champs Industrial yang ditambahi dengan indikator overheat. Sehingga ketika air suhunya menjadi terlalu panas indikator tersebut menyala dan proses pemanasan diputuskan. Hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi kulit lepuh akibat terkena air yang sangat panas.

Selain itu saat keran air panas dinyalakan juga bisa memilih temperatur air. Serta memilih satu dari tiga jenis pancuran yang berbeda, salah satu pilihannya adalah pancuran pijat yang akan membuat mandi menjadi semakin rileks dan nyaman.

Pemanas Air Listrik Tanpa Tangki Apakah Murah Atau Mahal?

Jawabannya bisa bervariasi karena harga setiap produk dari produsen yang berbeda akan berbeda-beda juga. Dari produsen yang sama pun jika modelnya berbeda harganya bisa berbeda pula.

Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangannya karena mungkin saja ada toko atau produsen yang mengenakan biaya tambahan untuk pemasangan. Mahal murahnya sebuah pemanas air juga ditentukan oleh biaya perawatan dan biaya operasional jangka panjang.

Jadi harus pintar-pintar memilih dan salah satu produk yang termasuk cukup murah adalah pemanas air Champsindustrial.com. Hemat listrik, hemat biaya operasional dan perawatan, serta gratis biaya pemasangan untuk wilayah Jakarta.

Bagaimana Cara Memasang Pemanas Air

Sebaiknya jangan memasang sendiri dan gunakan jasa profesional. Pemasangannya akan melibatkan saluran air, kelistrikan, dan lain-lain. Penjual pemanas air biasanya juga menyediakan jasa pemasangan.

Perawatan Pemanas Air Tanpa Tangki

Sebelum membeli tanyakan dulu dengan jelas perawatan apa saja yang perlu dilakukan agar pemanas air bisa terus berfungsi dengan baik. Berapa biaya perawatannya dan apakah penjual juga menyediakan jasa perawatan. Bagaimana ketersediaan spare part, untuk berjaga-jaga jika suatu saat ada bagian yang rusak dan perlu diganti. 

Berapa Lama Masa Pakai Pemanas Air Tanpa Tangki?

Ada yang mengatakan umur pakainya sekitar 7-10 tahun tapi mungkin bisa lebih lama lagi untuk produk yang kualitasnya tinggi. Jadi lebih baik membeli yang agak mahal sedikit tapi jauh lebih awet.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan