Mengenal Tugas Konsultan HKI, Tips Memilih Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Terpercaya

— Diupdate Januari 13, 2023
Mengenal Tugas Konsultan HKI, Tips Memilih Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Terpercaya

Adapun konsultan HKI murah dan terpercaya merupakan seseorang yang mempunyai keahlian di bidang HAKI. Semakin meningkatnya kreativitas yang ada di masyarakat membuat perlindungan atas hak kekayaan intelektual ini perlu ditingkatkan dan konsultan untuk HAKI sangat dibutuhkan.

Dikarenakan, adanya perlindungan untuk karya intelektual dapat menjadi sebuah faktor yang dapat menilai maju atau tidaknya hak dari karya tersebut. Jika sebuah produk memiliki kepastian dalam perlindungan atas hak kekayaan intelektualnya, maka akan menjadi daya tarik untuk mendapatkan investor.

Hal itu disebabkan, karena tidak menutup kemungkinan bahwa sebuah produk yang diciptakan dan dijual oleh perusahaan atau badan usaha memiliki kompetitor atau pesaing yang mencoba untuk melakukan plagiat atau meniru produknya.

Konsultan yang menangani HAKI biasanya telah bersumpah dan diangkat oleh negara supaya bisa menjalankan tugasnya. Sehingga konsultan dalam memberikan pelayanan harus maksimal di dalam memperoleh sebuah HAKI. 

Syarat menjadi konsultan untuk HAKI biasanya mempunyai latar belakang pendidikan minimal Sarjana (S1) di berbagai bidang ilmu dan telah lulus dari pelatihan dan sertifikasi atas kekayaan intelektual yang diselenggarakan oleh lembaga yang telah terjamin mutunya serta telah diakui oleh negara.

Konsultan yang menangani HAKI memanglah belum familiar terdengar di telinga masyarakat, atau bahkan masyarakat sendiri banyak yang tidak mengetahui apa saja yang menjadi tugasnya. Jika kalian belum mengetahuinya, simaklah pembahasan berikut ini.

Tugas Dari Konsultan Hak Kekayaan Intelektual

Konsultan HKI memiliki beberapa tugas yang menjadi tanggung jawabnya, di antaranya sebagai berikut.

1) Membantu Memperoleh Perlindungan Hukum atas Produk HKI

Tugas pertamanya untuk bertanggung jawab membantu pemilik HKI atas karya atau produk yang dimiliki oleh klien atau suatu perusahaan memperoleh perlindungan hukum. Hal tersebut bisa dilakukan konsultan mulai dari mengidentifikasikan dan menganalisa suatu produk atau sebuah karya yang diciptakan, apakah memiliki perlindungan hukum atau tidak.

Jika memang layak mendapatkan perlindungan hukum, maka konsultan harus mampu untuk menentukan dan memilahnya. Apakah produk tersebut termasuk dalam kategori hak cipta, hak paten, merek dagang, atau desain industri lainnya.

2) Membantu Dalam Mendaftarkan Produk HKI

Setelah selesai dilakukannya tahap pengidentifikasian, maka selanjutnya tugas dari konsultan hak kekayaan intelektual yaitu membantu klien atau pemilik HKI untuk melakukan pendaftaran HKI di kantor Direktorat Jenderal HKI.

3) Membantu Proses Pemeriksaan Produk HKI

Setelah itu jika sudah selesai mendaftarkan produk atau karyanya di Ditjen HKI, konsultan bertugas untuk membantu melakukan pemeriksaan produk HKI tersebut untuk tahap berikutnya yaitu proses komersialisasi. Misalnya dalam menentukan royalti, drafting perjanjian lisensi, dan lain-lain.

4) Memberikan Saran Tentang Upaya Hukum

Tugas yang terakhir yang menjadi tanggung jawab seorang konsultan yang ahli di bidang HAKI, yaitu memberikan saran atau masukan kepada pemilik HKI jika suatu saat kemungkinan terjadi pelanggaran HKI atau penjiplakan oleh kompetitor atau oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Dengan sudah mengetahui upaya hukum apa yang memang pantas untuk dijatuhkan kepada pelanggar. Hukum tersebut harus sudah disesuaikan dengan Undang-Undang yang berlaku.

Tips Memilih Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Terpercaya

  • Konsultan yang mampu dan bertanggung jawab atas proses pengajuan merek atau produk HKI ke Ditjen HAKI dari awal sampai dengan akhir
  • Konsultan yang patuh dan paham secara keseluruhan terhadap kode etik profesi
  • Konsultan yang telah andal dan berpengalaman memiliki jam terbang yang tinggi

Demikianlah tugas dan tips memilih konsultan HKI untuk dapat menjamin perlindungan atas produk HKI. Keaslian dan original menjadi kunci untuk setiap perusahaan atas produk yang diciptakan agar memiliki nilai jual yang tinggi dan menarik investor. Semoga bermanfaat!

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan