Rekomendasi Nama Kopi Yang Populer Masa Kini, Favoritnya Minuman Kopi Kaula Muda

— Diupdate Januari 26, 2023
Rekomendasi Nama Kopi Yang Populer Masa Kini

Pilihan nama kopi murah dan terpercaya yang banyak disukai oleh pencinta kopi sudah menjamur di kedai kopi atau Coffee Shop. Selain teh, kopi sendiri merupakan jenis minuman yang sudah terkenal dan disukai masyarakat sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Dulunya kopi menjadi minuman wajib bagi para orang tua, namun pada zaman sekarang ini kopi telah populer dan menjadi salah satu gaya hidup dan tren masa kini, karena minuman kopi banyak disukai mulai dari orang tua, pelajar hingga mahasiswa.

Kopi menjadi minuman favorit yang dapat dijadikan sebagai teman saat santai, saat mengerjakan tugas atau saat hang out di kedai kopi bersama sahabat. Kedai kopi pun semakin berlomba-lomba untuk menawarkan produk dengan cita rasa kopi yang khas dan ada juga yang asli dari Indonesia, seperti kopi robusta Temanggung, kopi arabika Kintamani, kopi arabika Gayo, kopi arabika Toraja, dan masih banyak lagi.

Berbagai macam olahan kopi memiliki cita rasa yang khas dan berbeda-beda. Dengan demikian, kamu perlu mengetahui dan mengenal nama minuman kopi yang di kedai kopi. 

Nama-Nama Kopi yang Ada di Kedai Kopi atau Coffee Shop

Berbagai nama kopi yang menjadi menu minuman pilihan yang tersedia di kedai kopi dan menjadi favorit anak muda karena memiliki ciri khas rasa tersendiri. Kenali kopi mana yang menjadi favoritmu dengan simak pembahasan berikut.

1) Kopi “Espresso”

Espresso yaitu menjadi bahan dasar membuat berbagai macam minuman kopi yang menjadi tren masa kini. Espresso dapat kamu nikmati sebagai minuman tunggal dengan citra rasa kopi yang “strong” atau kuat.

Tekstur kopi ini pekat dan hitam dan memiliki buih putih di atasnya yang terbentuk dari tekanan minyak di dalam biji kopi. Kopi ini dapat disajikan pada cangkir khusus espresso yang berukuran 30 ml. Kopi ini memiliki kalori yang paling rendah dibanding kalori dari kopi lain.

2) Kopi “Cappuccino”

Cappuccino yaitu menjadi minuman kopi yang populer untuk dinikmati oleh para anak muda yang hang out di kedai kopi. Kopi ini merupakan minuman tradisional khas Italia. Kopi khas Italia ini terkenal dengan ciri khas yaitu lapisan di atasnya yaitu berupa foam susu dan di hias dengan menggunakan bubuk cokelat. 

Dua komposisi utama dalam pembuatan kopi Cappuccino yaitu espresso dan textured Milk dengan rasio perbandingannya yaitu 1:1. Namun ada juga beberapa kedai kopi menggunakan perbandingan dari campuran 1/3 susu fam, 1/3 espresso, dan 1/3 textured milk. Kopi ini dapat disajikan pada cangkir yang berukuran 88 ml sampai dengan 177 ml.

Baca Juga: Rekomendasi Franchise Minuman Yang Paling Menjanjikan

3) Kopi “Latte”

Sebelum kamu memesan minuman kopi jenis ini, terlebih dahulu pastikan kamu telah mengetahui bahwa kopi latte dan kopi cappuccino merupakan dua racikan yang berbeda, yaitu memiliki perbedaan dalam komposisi dan rasio perbandingan komposisi yang digunakannya. 

Komposisi perbandingan untuk membuat kopi latte yaitu dari campuran espresso dan susu dengan perbandingan komposisi yaitu 2:1. Selain memiliki citra rasa yang nikmat dan ringan, kopi latte juga cocok dan disajikan dalam cangkir yang dihiasi dengan motif estetik di atasnya, atau disebut dengan “latte art”.

4) Kopi “Americano”

Jenis minuman kopi “Americano” dikenal dengan sebutan atau nama “Long Black Coffee”. Minuman ini masih mirip atau sama dengan espresso, hanya saja yang membedakan kopi ini yaitu kopi ini diracik dari mengencerkan espresso. Dengan perbandingan yang tepat yaitu 2 bagian espresso dengan 3 bagian air. 

Kopi ini dapat disajikan dan dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin. Penyajian kopi American sendiri yaitu terdiri dari satu shot espresso yang disajikan pada cangkir yang berukuran 178 ml dengan dicampur air panas.

5) Kopi “Macchiato”

Ada dua macam dari jenis kopi macchiato yaitu long dan short. Short macchiato merupakan single shot espresso dengan sedikit susu dan foam susu yang bertujuan untuk meringankan rasa yang kuat dari espresso. 

Sedangkan long macchiato sendiri menggunakan double espresso. Dalam pembuatan macchiato yang bisa menjadi sangat enak dan nikmat, maka diperlukan komposisi kopi dengan susu yang memiliki perbandingan yaitu 4:1.

Demikianlah rekomendasi nama kopi yang menjadi minuman favoritnya kaula muda dan menjadi tren gaya hidup masa kini. Semoga bermanfaat!

edit
Tambahkan Komentarmu Sembunyikan Komentar 2

Batalkan

2 Komentar