Cegah Komunikasi Tim Terganggu dengan Jaringan Internet Ini!

— Diupdate Januari 13, 2023
Cegah Komunikasi Tim Terganggu dengan Jaringan Internet Ini!

Komunikasi yang lancar merupakan syarat utama untuk membangun teamwork yang solid. Di era kenormalan baru, komunikasi langsung tatap muka memang kembali digunakan secara luas. Meskipun demikian, komunikasi secara virtual tetap dipertahankan untuk mengakomodasi keterbatasan jarak. Demi komunikasi tim efektif, jaringan internet yang mumpuni merupakan kebutuhan wajib. Simak tips berikut sebelum memilih penyedia jasa internet.

Pertimbangkan Coverage

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih provider internet ialah coverage. Coverage terkait dengan ketersediaan sinyal dan jangkauan layanan internet. Sekalipun provider internet tersebut terkenal, akan sia-sia jika layanannya tidak sampai di wilayah perusahaan Anda. Pilihlah provider internet yang mencakup wilayah luas dan bisa digunakan di daerah Anda. 

Pilih Bandwith yang Sesuai

Setelah memastikan bahwa layanan provider internet tersebut dapat digunakan di wilayah Anda, pilihlah bandwith yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bandwidth terkait dengan kecepatan akses internet. Semakin banyak pengguna internet di perusahaan Anda, semakin besar bandwidth yang dibutuhkan. Namun, jika perusahaan Anda masih berskala kecil, pilihlah bandwith yang sesuai.

Sesuaikan Budget

Selain fitur yang mumpuni, pastikan pula bahwa biaya yang Anda keluarkan untuk layanan internet tersebut sesuai dengan kemampuan. Hal ini terkait dengan biaya operasional yang Anda keluarkan setiap bulan. Jangan sampai terjadi overbudgeting atau mengorbankan pengeluaran lain yang tidak kalah esensial.

Anda bisa membandingkan harga produk antara satu provider dan provider lain. Pastikan bahwa harga yang mereka tentukan sesuai dengan kualitas. Manfaatkan pula promo-promo yang mereka tawarkan.

Pastikan Layanan Purnajual-nya Bagus

Harga yang terjangkau dari provider juga harus disertai pertimbangan bahwa mereka memberikan layanan purnajual yang bagus. Pastikan bahwa mereka responsif ketika Anda mengajukan komplain terkait produk dan layanan internetnya. Cari tahu testimoni dari pengguna lain yang terkait dengan penanganan apabila terjadi kerusakan atau gangguan jaringan.

Memilih provider internet memang bukan perkara mudah. Namun, bisa mempertimbangkan ASTINet Telkom. Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi BUMN yang sudah punya reputasi baik selama puluhan tahun tentunya menyediakan produk unggulan, salah satunya ASTINet. 

Salah satu layanan ASTINet yang dapat diandalkan adalah Dedicated Internet Burstable yang memberikan kapasitas bandwidth hingga dua kali lipat, menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan. Cegah komunikasi tim terganggu dengan internet stabil dari ASTINet!

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan