Ide Usaha Modal Kecil yang Mudah Dilakukan Mahasiswa

— Diupdate Januari 13, 2023
Ide Usaha Modal Kecil yang Mudah Dilakukan Mahasiswa

Saat ini mahasiswa dituntut mandiri dengan cara berwirausaha. Khususnya mahasiswa perantau, beberapa ide usaha modal kecil yang mudah dilakukan selalu menjadi incaran. Apakah kamu adalah salah satunya yang sedang mencari ide usaha ini?

Bagi mahasiswa melakoni usaha sendiri harus dibarengi dengan kemampuan membagi waktu. Jadi bukan hanya modal saja yang diperhatikan tetapi juga soal waktu sehingga bisnis tidak mengganggu waktu belajar. Beberapa ide usaha ini bisa dilakukan dan juga modal minim.

5 Jenis Usaha Modal Kecil untuk Mahasiswa

Ada banyak keuntungan yang didapatkan mahasiswa dengan wirausaha. Pertama adalah memiliki pengalaman dan tahu bagaimana rasanya berbisnis. Kedua tentu saja mendapat keuntungan bentuk uang sebagai tambahan uang saku.

Keuntungan ini nantinya juga akan membantu diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik dan pekerja keras. Langsung saja simak apa saja ide-ide menarik yang bisa diwujudkan.

1. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Jenis bisnis ini sebenarnya sudah ada dan cukup terkenal. Kamu bisa melakukannya secara online dan pilih produk yang disukai atau merupakan hobi. Tujuannya lebih mudah untuk menawarkannya dan mendapatkan pelanggan.

Pilih juga supplier terpercaya yang bisa menyediakan barang sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas. Khusus reseller kamu harus mempersiapkan ruang untuk menyimpan barang sedangkan dropshipper tidak. Keduanya mengandalkan kemampuan pemasaran sehingga produk bisa cepat laku.

2. Bisnis Barang Bekas

Apakah kamu adalah salah satu mahasiswa yang konsumtif dulunya? Bisnis preloved atau barang bekas namun masih berkualitas bisa jadi pilihannya. Mulailah dengan menyeleksi barang di rumah atau di kos apa saja yang sudah tidak ingin digunakan.

Baik itu barang seperti pakaian, elektronik dan lainnya bisa jadi contoh yang menarik untuk dijual. Pastikan dulu kondisinya masih bagus dan layak untuk digunakan. Baru setelah itu menentukan harga dan menjualnya secara online. Jika banyak peminat kamu bisa mencari barang bekas melalui teman dan kerabat.

3. Jasa Foto Produk

Khusus kamu mahasiswa yang memiliki hobi fotografi, bisa memanfaatkan hobi tersebut menjadi bisnis. Foto produk adalah hal yang diperlukan banyak UMKM yang memiliki keterbatasan karyawan. Tawarkan kemampuan kamu untuk memotret produk mereka.

Sebelumnya asah kemampuan memotret dan pastikan kamu selalu kreatif dalam menyajikan produk. Bahkan kamu juga bisa menjual foto hasil jepretan sendiri untuk dijual, bahkan bisa laku dalam mata uang dollar lho.

4. Jasa Les

Bisnis ini sangat cocok dipilih bagi kamu yang menempuh pendidikan guru. Membuka jasa les untuk anak SD bahkan SMA bisa jadi pilihan kamu mengasah keterampilan mengajar. Di sisi lain kamu akan mendapatkan biaya tambahan sebagai uang saku.

Mengenali mata pelajaran anak sekolah masa kini bisa jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Bahkan jika cara mengajarkan kamu disukai akan lebih banyak orang lagi yang tertarik untuk menggunakan jasa les milikmu.

5. Servis Komputer atau Laptop

Tidak sedikit mahasiswa yang malas untuk pergi ke tempat servis untuk membenarkan perangkat elektronik satu ini. Padahal komputer atau laptop sangat diperlukan untuk mengerjakan tugas kuliah hingga akhir.

Kamu yang memiliki kemampuan khusus dalam hal elektronik ini bisa juga membuka jasa servis. Keuntungannya adalah sudah pasti klien adalah teman sendiri sehingga bisa saja datang terus menerus.

Sudah cek apa saja usaha modal kecil yang bisa menjadi gambaran untuk dipilih? Cara paling mudah adalah menentukan sesuai kemampuan. Selama kamu senang melakukannya akan lebih mudah mendapat keuntungan.

.
edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan