Ketahui, Ini Dia Lokasi Terbaik untuk Membuka Usaha Sembako

— Diupdate Januari 13, 2023
Ketahui, Ini Dia Lokasi Terbaik untuk Membuka Usaha Sembako
Toko Sembako, foto: detik.com

Ketika membuka usaha sembako modal bukan menjadi satu-satunya hal yang perlu dipersiapkan. Sebab, ada hal penting lain yang harus diingat pemilik bisnis, yakni pemilihan lokasinya.

Dalam dunia bisnis, pemilihan lokasi yang tepat bisa menjadi salah satu faktor penting penentu kesuksesan. Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai lokasi terbaik dari sebuah usaha, simak pembahasan berikut.

Pilihan Lokasi Terbaik untuk Membuka Usaha Sembako

Pilihan lokasi terbaik akan memudahkan pasar potensial untuk mencapai toko yang dimiliki. Pada dasarnya, menentukan lokasi untuk suatu bisnis sendiri tidak terlalu sulit. Ada beberapa lokasi terbaik yang bisa dipilih ketika membangun bisnis sembako, di antaranya:

Dalam area pasar

Salah satu lokasi terbaik untuk membuka bisnis sembako adalah di dalam area pasar. Pasalnya, pasar merupakan tempat berkumpulnya konsumen yang memiliki tujuan utama untuk berbelanja berbagai kebutuhan dapur.

Para pengunjung biasanya bertandang ke pasar untuk membeli beberapa kebutuhan pokok rumah tangga, seperti beras, gula, atau minyak. Dengan begitu, pasar menjadi peluang yang besar untuk memulai bisnis sembako. 

Kawasan pemukiman

Kawasan pemukiman merupakan pangsa pasar potensial untuk membuka bisnis sembako. Sebab, dapat dikatakan bahwa pasar rumah tangga telah menjadi pasar terbesar dari bisnis sembilan bahan pokok ini.

Apabila terdapat bisnis sembako di kawasan pemukiman, maka banyak konsumen yang akan datang berkunjung. Lokasi ini juga cukup strategis karena konsumen tidak perlu pergi jauh ke pasar, atau toko sembako di tepi jalan.

Kawasan usaha kuliner

Selain konsumen rumah tangga, pangsa pasar terbesar dari bisnis sembako adalah para pemilik usaha kuliner. Pasalnya, pemilik bisnis kuliner membutuhkan suplai kebutuhan dapur dalam jumlah yang besar. Bahkan, bisa dibilang jauh lebih besar dibandingkan permintaan yang muncul dari pasar rumah tangga.

Dekat dengan kost-kostan

Lokasi terbaik lainnya yang bisa dipilih ketika akan membangun bisnis sembako, yakni di dekat dengan kost-kostan. Kawasan ini menjadi pasar potensial baru karena dihuni oleh para mahasiswa yang merantau maupun pekerja kantoran.

Biasanya, para penyewa kost-kostan membutuhkan kebutuhan dasar, seperti beras, teh, maupun kopi. Dengan keberadaan bisnis sembako di dekat area kost ini, tentu akan menciptakan keuntungan yang besar bagi pemilik usaha.

Dekat dengan perkantoran

Perkantoran termasuk area yang dapat dipilih saat ingin memulai bisnis sembako. Pasalnya, para karyawan juga memiliki kebutuhan yang sama dengan rumah tangga lain. Mendirikan usaha di kawasan ini akan memudahkan akses dan mendorong konsumen untuk rutin berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Cara Menentukan Lokasi Bisnis Sembako yang Strategis

Ketika menentukan lokasi bisnis sembako yang strategis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk mempermudah dalam menentukan lokasi, hal-hal penting yang harus dipertimbangkan, antara lain:

Lokasi mudah dilihat oleh orang

Tips pertama dalam memilih lokasi bisnis yang strategis adalah mencari tempat yang mudah dilihat oleh orang. Dengan begitu, usaha yang dimiliki akan berpeluang untuk dilihat bahkan didatangi banyak pelanggan.

Mudah dijangkau

Pemilihan lokasi yang tepat agar bisnis berjalan dengan baik, yakni mudah dijangkau. Dalam hal ini, kemudahan akses juga menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi, termasuk memiliki lahan parkir yang luas.

Tak hanya itu, pastikan juga terdapat perlengkapan warung untuk melayani para pelanggan yang datang. Misalnya, jika memiliki usaha warung, maka bisa siapkan kursi dan meja makan yang nyaman untuk pelanggan.

Izin usaha

Masalah yang sering dihadapi pemilik bisnis adalah tidak mengurus perizinan saat membuka suatu usaha. Untuk itu, apabila ingin membuka bisnis sembako di depan rumah, setidaknya minta izin kepada tetangga, RT, maupun pihak keamanan terlebih dahulu terkait aktivitas usaha tersebut.

Demikian informasi terkait lokasi strategis yang bisa dipilih untuk memulai usaha sembako. Ketika akan membuka suatu bisnis, terutama sembako, perhatikan hal-hal kecil seperti lokasi dan izin agar usaha dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan, ya.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan