Pentingnya Cek Merek Dagang

— Diupdate Januari 13, 2023
Pentingnya Cek Merek Dagang

Anda mungkin sering bertanya-tanya, mengapa kira harus cek merek dagang? Merek dagang yang didaftarkan tentu akan tercantum dengan sendirinya, tanpa Anda mengecek pun merek Anda telah sah untuk digunakan dan telah mendapatkan perlindungan hukum.

Namun, kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Kita juga tidak bisa mengontrol bahwa kesalahan sangat mungkin terjadi. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan merek dagang. Lalu, Apa pentingnya? Untuk menjawab pertanyaan Anda, silakan simak artikel ini dan jangan sampai ada informasi sedikit pun yang terlewat.

Pentingnya Cek Merek Dagang

Pada dasarnya ada dua alasan yang mengharuskan Anda untuk melakukan pengecekan merek dagang. Pertama, setelah Anda melalui proses panjang pendaftaran merek dagang hingga akhirnya merek dagang Anda telah berhasil terdaftar. Setelah merek dagang Anda terdaftar, maka Anda dapat menemukan data tersebut di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual yang diatur oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual.

Namun, untuk memastikan bahwa tidak akan adanya permasalahan di kemudian hari, Anda perlu mengecek apakah merek dagang Anda sudah termuat dalam pangkalan data tersebut atau belum. Hal ini dilakukan sebagai upaya ganda mengamankan merek dagang Anda.

Yang kedua, ketika Anda sedang membuat nama untuk sebuah usaha, Anda harus sering-sering melakukan pengecekan apakah merek dagang tersebut telah digunakan dan didaftarkan oleh pihak lain atau belum. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan dan hal ini sangat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran bisnis Anda ke depannya.

Dengan Anda melakukan pengecekan mengenai pilihan nama yang akan Anda gunakan, maka Anda akan terhindar dari penggunaan nama usaha yang mirip ataupun sama dengan pihak lain. Hal ini sangat penting karena ketika Anda menggunakan nama sebuah usaha dan ternyata ditemukan kesamaan antara nama Anda dengan nama pihak lain yang sudah terdaftar, maka Anda dapat dikenakan sanksi.

Nah, sekarang sudah jelas mengapa kita perlu melakukan pengecekan merek dagang dan apa pentingnya melakukan pengecekan tersebut. Pertanyaan selanjutnya yang sangat mungkin muncul adalah “Bagaimana cara melakukan pengecekan merek dagang?”.

Cara Pengecekan Merek Dagang Online dan Offline

Pengecekan merek dagang dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda dapat melakukan pengecekan baik secara online ataupun offline.

Pengecekan Merek Dagang Online

  1. Kunjungi halaman situs pangkalan data resmi dari kekayaan intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI)
  2. Silakan lakukan registrasi terlebih dahulu dan login dengan akun yang baru saja Anda buat
  3. Lihat pada bagian pengaturan kolom pencarian, ubah pengaturan tersebut menjadi pencarian bebas merek
  4. Tuliskan merek dagang yang ingin Anda cek dengan benar
  5. Layar akan menampilkan daftar merek dagang sesuai dengan yang Anda tuliskan
  6. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang spesifik, Anda dapat memanfaatkan fitur pencarian terstruktur dengan cara mengisi secara lengkap mulai dari periode, teks, nomor, ataupun asal pemilik
  7. Setelah kolom tersebut terisi, silakan klik pada bagian Search All
  8. Layar akan menampilkan hasil dari pencarian Anda

Pengecekan Merek Dagang Offline

Pengecekan merek dagang secara offline dapat Anda lakukan bersama dengan konsultan HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Konsultan HKI ini adalah orang yang memiliki keahlian dalam hal merek dagang dan semua hal yang terkait dengan Kekayaan intelektual.

Demikian informasi mengenai pentingnya cek merek dagang. Semoga bermanfaat untuk Anda.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan