Terdengar Suara Ngelitik Dari Dalam Mobil, Apakah Ada Masalah Pada Mesin?

— Diupdate Desember 14, 2022

Performa mobil tentu sangat dipengaruhi oleh kondisi mesin, jika kondisi mesin prima tentu performa juga akan bagus tetapi jika mesin bermasalah maka bisa jadi mobil menjadi tidak bertenaga. Jadi wajar saja jika pemilik mobil harus rutin dalam mengecek kondisi mesin ke bengkel karena memang kinerjanya sangat dibutuhkan untuk semua kendaraan roda empat. Jika memang sudah rutin dicek tetapi ada masalah pada mesin maka biasanya itu adalah masalah kecil.

Apabila ada masalah kecil tentu tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya hanya perlu diperbaiki sedikit saja. Hal yang mesti dikhawatirkan adalah ketika ada masalah serius pada mesin karena jarang dirawat, salah satunya adalah mesin menjadi ngelitik. Jika sudah terjadi seperti itu maka biasanya ada beberapa komponen yang mesti diganti. Tetapi sebelumnya apakah sudah tahu penyebab mesin mobil ngelitik hingga terdengar oleh pengemudi? jika belum maka bisa baca informasi berikut ini.

Suhu pada mesin terlalu panas

Suhu pada mesin terlalu panas

Mesin dengan suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan suara ngelitik, penyebabnya karena bagian pendinginan tidak optimal dalam bekerja. Solusinya cobalah cek beberapa komponen yang berfungsi sebagai pendingin mesin, salah satunya adalah motor pada kipas radiator. Jika motor kipas ini sudah lemah tentu fungsinya juga sudah tidak bisa maksimal seperti normal, maka itu bisa dilakukan penggantian dengan yang baru. Jika perlu, ganti juga air radiator agar fungsi pendinginan bisa lebih maksimal.

Menggunakan bensin yang salah

Proses pembakaran tidak sempurna

Penggunaan bensin yang salah juga ternyata bisa mempengaruhi terjadinya mesin ngelitik. Padahal pabrikan tentu sudah memberikan rekomendasi mengenai bensin yang cocok untuk mobil tertentu. Ada baiknya sebagai pemilik kendaraan untuk mengikuti rekomendasi tersebut. Jangan sampai menyepelekan hal ini karena ada mesin yang memang tidak cocok dengan bensin yang bernilai oktan rendah. Sebaiknya gunakan bensin dengan nilai oktan minimal 92 jika itu memang direkomendasikan untuk mesin mobil dan jangan gunakan bensin dibawah oktan 92.

Proses pembakaran tidak sempurna

Menggunakan bensin yang salah

Penyebab lainnya mobil mengeluarkan suara yang aneh seperti ngelitik yaitu karena proses pembakaran tidak sempurna karena kondisi busi yang sudah lemah. Jika busi lemah maka sumber percikan api juga akan kecil sehingga bensin tidak akan bekerja dengan maksimal. Solusinya tentu ganti busi dengan yang baru agar pembakaran jadi normal kembali.

Itulah penyebab terjadi suara ngelitik yang mengindikasikan ada masalah pada mesin yang harus segera diperbaiki segera. Biasanya mobil bisa terjadi suara ini karena memang kurang perhatian dan perawatan dari pemiliknya. Maka itu kalo mau beli bekas harusnya beli di tempat yang tepat yaitu di aplikasi mobbi yang sudah banyak dipercaya orang menyediakan kendaraan roda empat bekas berkualitas dengan harga yang pastinya bersaing.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan