Tips Jualan Beras yang Sudah Dikemas yang Menjanjikan

— Diupdate Januari 23, 2023
Tips Jualan Beras yang Sudah Dikemas yang Menjanjikan

Beras yang menjadi makanan pokok orang Indonesia menyimpan peluang usaha yang sangat besar. Tidak sedikit toko kelontong yang jualan beras baik itu kemasan atau kiloan. Di antara keduanya beras kemasan jauh lebih praktis dan mudah penyimpanannya.

Tidak harus menjadi petani atau tengkulak untuk bisa menjual beras kemasan. Anda yang tertarik dalam bisnis bahan pokok ini bisa memulainya. Beberapa tips untuk berjualan beras kemasan ini bisa ditiru.

5 Tips Jualan Beras Kemasan untuk Pemula

Ada yang bilang untuk usaha beras Anda harus menyiapkan dana cukup tinggi hingga ratusan juta rupiah. Tidak selalu, karena Anda bisa menyesuaikan modal yang dimiliki untuk bisa mulai bisnis ini. 

Bukan hanya modal yang jadi fokus utama tetapi bagaimana cara agar jualan Anda ini nanti laku dengan cepat. Sebuah keuntungan jika saat ini Anda tinggal di area yang cukup langka toko kelontong atau penyedia beras.

Inilah kesempatan untuk bisa memulai usaha yang untung. Deretan tips ini akan sangat membantu untuk diikuti.

1. Pastikan Supplier Beras Terpercaya

Tips pertama adalah mendapatkan supplier beras yang berkualitas. Anda bisa sukses dan mendapatkan untung banyak jika produk yang dijual memiliki kualitas terpercaya. Oleh karena itu kualitas ini tergantung dengan supplier.

Mengingat beras ini kemasan ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Pertama adalah membeli beras langsung dari petani kemudian melakukan pengemasan sendiri. Anda bisa berlaku layaknya distributor. Cara kedua adalah mencoba membeli beras kemasan dari supplier yang menawarkan kerja sama menguntungkan.

2. Mempersiapkan Ruang Penyimpanan yang Aman

Keamanan produk harus jadi prioritas Anda dalam berbisnis. Meskipun sudah menggunakan kemasan dan tinggal dijual, namun beras harus aman dari hama. Tempat penyimpanan juga sebaiknya tidak lembab untuk menghindari masalah jamur.

Anda bisa menyiapkan ruangan khusus untuk menyimpan beras kemasan. Pastikan ruangan kering, bebas hama dan juga kokoh untuk menyimpan. Hindari ruang semi terbuka yang memudahkan hama untuk masuk.

3. Menyediakan Banyak Tipe Beras

Supaya laris Anda juga sebaiknya memikirkan soal varian beras. Saat ini ada banyak sekali jenis beras yang memiliki kualitas berbeda. Ada beras yang mudah mengembang, wangi namun ada juga yang berukuran kecil dan sangat lembek. Varian beras ini juga akan diikuti harga yang berbeda. 

4. Memperhatikan Jenis Kemasan

Khusus Anda yang ingin mengemas beras sendiri maka perhatikan juga soal kemasannya. Ada beberapa hal yang harus ada dalam kemasan yaitu merk, nama beras, logo, ukuran atau berat hingga masa kadaluarsanya.

Identitas dalam kemasan ini jadi perhatian utama. Jadi Anda tidak hanya menyediakan kemasan plastik saja tetapi juga komponen tersebut. Kemasan juga harus dengan mudah diikat atau ditutup supaya tidak mudah robek saat disimpan dan didistribusikan.

5. Mempromosikan Beras Kemasan

Terakhir adalah soal promosi. Anda kini bisa berjualan secara online melalui marketplace atau membuat toko sendiri. Cara paling mudah agar untung tentu saja keduanya. Pastikan Anda memanfaatkan semua cara untuk promosi.

Baca Juga: Kumpulan kata-kata promosi

Saat promosi sebagai daya tarik Anda bisa menawarkan harga yang bersaing. Cek dulu berapa harga beras yang ditawarkan oleh kompetitor, carilah harga yang tidak merugikan. Anda juga harus mendapat keuntungan dari harga yang dipasang.

Semua cara jualan beras bisa mulai Anda terapkan dari sekarang. Hal penting dari kelima ini adalah kualitas dari beras yang Anda jual. Karena kebanyakan orang saat ini tidak hanya melihat harga tetapi juga kualitasnya.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan