Mau Mendapatkan Uang dari Instagram? Begini Caranya!

cara mendapatkan uang dari Instagram

Instagram menjadi salah satu sosial media yang saat ini sering digunakan oleh masyarakat. Melalui Instagram, Anda bisa melakukan banyak hal termasuk mendapatkan uang. Namun, bagaimana cara mendapatkan uang dari Instagram?

Kegunaan Instagram 

Instagram adalah salah satu sosial media yang memiliki kegunaan untuk berbagi foto maupun video. Di aplikasi Instagram terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk melakukan banyak hal. Selain itu, Instagram juga sering digunakan untuk kebutuhan bisnis maupun perusahaan sebagai bentuk personal branding.

Banyak perusahaan, instansi, organisasi, maupun individu menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk/jasa mereka. Ini tentu menjadi hal yang sangat bagus agar semakin dikenal oleh lebih banyak pengguna Instagram.

Instagram untuk kebutuhan pribadi biasanya sebagai bentuk mengeluarkan kepercayaan diri dan ekspresi. Banyak orang yang mengunggah foto-foto kebahagiaan mereka di Instagram untuk mendapatkan lebih banyak likes, komentar, dan followers.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Melalui aplikasi Instagram, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat selain informasi, salah satunya adalah uang. Namun, bagaimana cara untuk mendapatkannya? Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari Instagram. Berikut merupakan ulasan lengkapnya.

1. Menjadi Product Reviewer

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari Instagram ialah menjadi product reviewer. Hal ini biasanya dilakukan karena ulasan produk sangat berpengaruh terhadap keputusan seseorang untuk melakukan pembelian.

Banyak brand atau digital agensi yang menawarkan produk maupun jasa mereka kepada pengguna Instagram untuk mendapatkan ulasan jujur. Anda dapat mengajukan diri sebagai product reviewer langsung kepada suatu brand.

Walaupun bisa mengajukan diri, tetapi umumnya brand akan mencari akun Instagram yang sudah memiliki banyak followers aktif. Hal tersebut supaya produk yang diulas akan dilihat banyak orang. Jadi, pastikan akun Anda sudah memiliki jumlah followers sesuai dengan yang dibutuhkan oleh brand ya.

2. Menjual Produk Handmade

Cara selanjutnya adalah dengan menjual produk handmade. Suatu survey menyebutkan bahwa 81% orang lebih memilih untuk membeli barang handmade dibanding dengan barang yang diproduksi pabrik. Hal ini karena barang handmade mempunyai daya tarik tersendiri, stok yang terbatas, dan juga lebih eksklusif.

Cobalah untuk membuat produk handmade sendiri yang unik dan kreatif. Misalnya seperti tas, sepatu, dompet, dan lain sebagainya. Pilihlah jenis produk yang sekiranya akan diminati dan dibutuhkan banyak orang.

3. Membuka Paid Promote

Instagram dengan followers banyak yang aktif sangat berguna bagi pemilik bisnis dan usaha. Anda bisa membuka layanan paid promote untuk para pemilik bisnis agar bisa mempromosikan produk/jasa mereka di akun Instagram Anda. Ini menjadi cara yang bagus untuk Anda yang ingin mendapatkan uang dari Instagram.

Layanan paid promote biasanya hanya sekedar membagikan postingan brand di feed Instagram, story, reels, atau membuat iklan. Anda tidak perlu membuat desain karena nantinya desain poster akan diberikan oleh pemilik brand. Tugas Anda hanyalah membagikan desain poster tersebut ke akun Instagram Anda.

4. Menjadi Admin Instagram

Selanjutnya adalah dengan menjadi admin Instagram. Menjadi admin adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Namun, tentunya memerlukan kemampuan yang baik dalam mengelola sosial media.

Biasanya admin Instagram dibutuhkan oleh para pemilik bisnis, usaha,organisasi, maupun instansi untuk dapat membantu mengelola akun Instagram mereka. Tugas admin Instagram umumnya seperti membalas komentar netizen, membaca dan membalas pesan masuk, mengelola insight, dan lain sebagainya.

Admin Instagram akan digaji sesuai dengan performa dan tugas yang dikerjakan oleh Anda. Tentu ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin menambah uang jajan, atau sekedar melakukan pekerjaan sampingan sehari-hari yang bisa menghasilkan uang.

5. Mengikuti Program Afiliasi

Cara terakhir yaitu dengan mengikuti program afiliasi. Manda bisa bergabung dengan program afiliasi untuk mendapatkan uang dari Instagram. Program ini akan memungkinkan Anda untuk memperoleh komisi yang menjanjikan apabila Anda berhasil membuat orang untuk membeli suatu produk.

Cara mendapatkan uang dengan cara ini termasuk menyenangkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun. Selain itu, Anda juga tidak perlu melakukan stok barang, karena Anda hanya mempromosikan atau mengajak orang agar mau membeli suatu produk.

Biasanya akan ada brand yang menawarkan kerja sama dengan Anda untuk bisa menjadi affiliate. Nantinya, apabila ada orang yang membeli produk melalui link yang Anda cantumkan, Anda akan mendapatkan komisi. Salah satu ecommerce yang bisa Anda ajak kerjasama adalah Bukalapak.

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari Instagram. Cara-cara diatas bisa Anda lakukan apabila Anda ingin berusaha. Sebab, Instagram mempunyai algoritmanya sendiri yang tentu menjadi kesempatan bagus untuk Anda beraktivitas di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, saat melakukan aktivitas di Instagram, sebaiknya Anda juga tetap fokus mengembangkan akun Instagram Anda agar bisa mendapatkan lebih banyak pengikut aktif. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk mempromosikan produk/jasa, menjadi affiliate, atau bahkan berjualan.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan