Ciptakan Kualitas Pendidikan Unggul dengan Big Data

Ciptakan Kualitas Pendidikan Unggul dengan Big Data

Kemajuan era digital saat ini membawa dampak yang besar pada berbagai sektor, termasuk  sektor pendidikan. Pemerintah sangat memperhatikan sektor pendidikan dari masa ke masa, berbagai perubahan telah dilakukan demi meningkatkan kualitas pendidikan yang unggul. Dari berbagai macam jenis teknologi, Big Data menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan dalam pendidikan.

Big Data adalah segala kumpulan data berskala besar dan kompleks dan terdiri dari berbagai jenis data yakni, data terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur. Data yang berjumlah besar dan bervariasi dalam Big Data diproses dengan daya komputasi yang besar dan didistribusikan ke beberapa perangkat dengan memanfaatkan skema jaringan komputer atau Cloud.

Big Data memberikan peluang besar dalam membangkitkan pandangan yang optimis tentang masa depan yang kaya akan informasi serta menghadapi kekhawatiran terhadap dampak negatif dari teknologi yang berdampak buruk pada pembentukan generasi muda saat ini. Selain itu, Kehadiran Big Data dalam pendidikan dapat melihat potensi pembelajaran yang disesuaikan juga berpengaruh dalam pengajaran, dengan memberikan staf pengajar lebih banyak waktu untuk mendukung siswa secara individu.

Berbagai Manfaat Big Data dalam Pendidikan

1. Sistem Pendidikan Lebih Efektif dan Efisien

Banyaknya informasi yang tersedia dalam Big Data menyebabkan pengetahuan yang menjadi sumber analisis data bagi institusi pendidikan menjadi semakin luas. Ditambah lagi ilmu dapat diperoleh dimana saja dan kapan saja yang membuat semua orang dapat belajar. Hal tersebut memunculkan inovasi baru dalam sistem pendidikan untuk mewujudkan generasi baru yang berprestasi.

2. Menciptakan Ruang Belajar yang Nyaman dan Kreatif

Dapat kita ketahui kegiatan belajar mengajar umumnya dilaksanakan secara tatap muka di sekolah. Namun dengan kemajuan teknologi sistem pembelajaran dapat diakses secara mudah melalui dunia virtual. Anda hanya perlu menggunakan perangkat seperti laptop, komputer atau gadget yang dimiliki untuk mengakses ilmu yang ingin dipelajari.

3. Ilmu Dapat Tersampaikan dengan Lebih Spesifik dan Personal

Semua orang dapat mengakses pengetahuan dengan mudah secara online. Tidak hanya bidang keilmuan yang konvensional, tetapi juga dapat mencari bidang keilmuan yang disukai sesuai dengan potensi Anda.

4. Learning Environment

Learning Environment atau lingkungan belajar saat ini dapat dioptimalisasi dengan Big Data. Para pelajar tidak hanya mampu belajar di sekolah, namun kini ilmu dapat diakses tanpa terikat ruang dan waktu.

5. Menyusun Kurikulum

Bagi pemangku pendidikan seperti kepala sekolah, rektor dan lainnya dapat memanfaatkan Big Data sebagai sarana untuk menganalisis dan menyusun kurikulum pendidikan yang sesuai untuk diterapkan bagi para siswa.

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh Big Data dalam bidang pendidikan, khususnya di Indonesia. Telkom Indonesia menghadirkan Big Data Platform yang unggul dalam mengidentifikasi tren, efisiensi operasi dan dapat memahami perilaku publik. Big Data Platform membantu mengelola triliunan data dan menciptakan strategi terbaik yang mendorong hasil maksimal. Salah satu produk layanan Telkom Indonesia yang memanfaatkan Big Data adalah Pijar Sekolah yang sudah diimplementasikan di banyak sekolah.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan