Penyebab Monitor PC Nyala Mati (Restart)

Penyebab Monitor PC Nyala Mati (Restart)

Pernakah Anda mengalami monitor PC  Anda nyala mati atau terestart sendiri dalam kurun waktu sangat singkat? Jika iya silahkan stay membaca artikel berikut ini.

Monitor PC merupakan salah satu perangkat keras output dari sistem komputer. Perangkat ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengeluarkan informasi atau hasil pengolahan data dari komputer ke dunia luar.

Penyebab Monitor PC Nyala Mati (Restart)

Salah satu masalah yang sering dialami oleh monitor adalah ketidakmampuan menyalurkan gambar atau memvisualkan data dari PC.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab dan cara mengidentifikasi permasalahannya.

Jenis-jenis monitor gagal nyala

Ada beberapa model dari kegagalan monitor ini yaitu:

  1. Monitor tidak menyala sama sekali, lampu indikator normal
  2. Monitor tidak menyala sama sekali, lampu indikator mati
  3. Monitor tidak menyala sama sekali, lampu indikator kedip-kedip
  4. Monitor menyala hanya beberapa detik dan mati
  5. Monitor menyala hanya beberapa detik, kemudian mati dan menyala lagi (te-restart)

Identifikasi

Untuk mengetahui penyebab dari masalah gagal menyala pada sebuah monitor bisa dilakukan dengan mengidentifikasi gejala yang terjadi.

1. Monitor tidak menyala sama sekali, lampu indikator normal

Jika saat dihidupkan dan terhubung ke PC monitor tidak menampilkan gambar sama sekali sedangkan lampu indikator monitor menyala normal, maka penyebab kegagalan monitor yang satu ini yaitu:

  • Kabel VGA/HDMI rusak
  • Panel dispay rusak

2. Monitor tidak menyala sama sekali, lampu indikator mati

Untuk masalah ini, kemungkinan besar terjadi karena tidak ada suplay listrik yang masuk ke dalam komputer. Penyebabnya bisa beberapa yaitu:

  • Adaptor rusak
  • Komponen monitor rusak total

3. Monitor tidak menyala sama sekali, lampu indikator kedip-kedip

Berikutnya jika masalahnya monitor tida menyala namun lampu indikator kedip-kedip maka masalahnya kemungkinan adalah:

  • Ic Power Supply Rusak
  • Kapasitor Elco Rusak

4. Monitor menyala hanya beberapa detk dan mati

Jika monitor bisa dinyalakan namun mati dalam bebera menit bahkan detik maka permasalahannya adalah ketidak mampuan meregulasi arus. Penyebabnya yaitu:

  • Ic Power Supply Rusak

5. Monitor menyala hanya beberapa detik, kemudian mati dan menyala lagi (te-restart)

Jika monitor bisa dinyalakan namun mati dalam bebera menit bahkan detik dan kemudian menyala gi atau ter-restart maka permasalahannya juga adalah ketidak mampuan meregulasi arus. Penyebabnya yaitu:

  • Ic Power Supply Rusak

Namun diperlukan identifikasi tingkat lanjut tingkat lanjut untuk mengetahui penyebab valid masalah kegagalan monitor di atas.

Ini tentunya membutuhkan orang-orang sekelas tekhnisi elektronik untuk mengidentifikasinya dengan cara membongkar perangkat monitor untuk melakukan pengecekan.

Solusi Perbaikan

Monitor PC Nyala Mati (Restart) dan masalah lainnya

Untuk memperbaiki masalah monitor ini tentunya tidak bisa Anda lakukan sendiri kecuali jika Anda tahu dan paham mengenai kelistrikan.

Jika masalahnya hanya seperti poin pertama yaitu di VGA atau HDMI maka Anda bisa membeli kabel VGA dan HDMI baru. Namun untuk masalah selain itu perlu ditangani oleh teknisi.

Jika Anda adalah orang awam maka sebaiknya jangan mencoba membongkar sendiri monitor Anda untuk memperbaikinya. Ada beberapa resiko yang bisa terjadi yaitu tersengat dan membuat rusak monitor semakin parah

Untuk perbaikan silahkan bawa ke teknisi elektronik. Mereka akan mengidentifikasi penyebab kerusakan dan melakukan penggantian komponen yang rusak seperti Ic atau kapasitor atau komponen lainnya.

Biaya Perbaikan

Berapa biaya perbaikan untuk monitor bermasalah gagal nyala? Tentunya biaya perbaikan bisa sangat bervariasi tergantung pada standar biaya reparasi yang dipatok oleh teknisi.

Untuk harga komponen seperti Ic atau Kapasitor bisanya cukup murah. Yang membuat mahal adalah servis dari teknisinya. Untuk biaya reparasi bisa berkisar Rp100.000 ke atas.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan