Cara Membuat Website Sekolah yang Mudah Diakses Umum

Cara membuat website sekolah
Tampilan situs sebuah sekolah di laptop. Sumber: freepik

Karena teknologi yang semakin berkembang, institusi pendidikan pun harus ikut beradaptasi. Salah satunya adalah dengan membuat web sekolah untuk diakses oleh internal ataupun pengunjung eksternal. Cara membuat website sekolah tidak terlalu rumit apabila Anda mengikuti langkahnya dengan benar.

Beberapa langkah umum untuk membuat sebuah situs resmi sekolah yang ramah pengunjung dapat Anda temukan pada ulasan di bawah. Simak informasinya!

Cara Membuat Website Sekolah Sendiri

Beberapa tahapan yang harus Anda lalui saat merancang situs untuk sekolah adalah:

1. Menentukan Domain

Cara membuat website sekolah yang baik
Seseorang yang mengakses situs pendidikan. Sumber: Freepik

Domain atau nama website adalah aspek penting karena berperan sebagai identitas situs sekolah Anda.

Salah satu domain populer untuk situ sekolah adalah “.sch.id”, namun Anda juga bisa menggunakan domain lainnya.

2. Mendaftarkan Domain dan Membeli Hosting

Cara membuat website sekolah yang mudah
Tablet yang menunjukkan sebuah web hosting. Sumber: Freepik

Agar semua konten situs sekolah Anda dapat diakses oleh umum, maka silakan registrasi domain tersebut sekaligus membeli paket hosting di penyedia layanan domain dan hosting. Layanan hosting akan memberikan situs Anda tempat penyimpanan khusus dengan bandwidth yang beragam.

Anda tinggal pilih layanan hosting yang sesuai kebutuhan. Jenis hosting bervariasi mulai dari Wordpress hosting, cloud hosting, dedicated hosting, unlimited hosting dan lainnya. Anda bisa mendapatkan hosting baik dan lainnya melalui jasa pembuatan website pilihan Anda.

3. Menginstal Wordpress

Cara membuat website sekolah
Seorang pria yang sedang mengelola WordPress. Sumber: Unsplash

Bila Anda memilih Wordpress sebagai platform website Anda, maka langkah untuk membuat web sekolah dengan Wordpress adalah dengan menginstal WordPress di hosting yang sudah Anda beli.

Setelah melakukan instalasi, maka Anda dapat mengakses laman Wordpress tersebut untuk melakukan kustomisasi situs. Salah satunya dengan mengatur agar URL dapat terbaca oleh Google.

4. Menerapkan Tema pada Situs

Cara membuat website sekolah sekolah yang bagus
Tampilan sebuah situs sekolah di hp. Sumber: Freepik

Setelah URL sudah bisa terbaca oleh Google, maka selanjutnya Anda harus memasang atau instal tema agar situs lebih menarik. Karena merupakan situs institusi pendidikan, maka gunakanlah tema profesional yang mencerminkan tujuan website.

Saat merancang tema perhatikanlah desain, daya responsif, hingga SEO agar situs dapat berjalan maksimal dan bisa menjangkau banyak audiens.

5. Memasang Plugin Wordpress

Cara membuat website sekolah
Seseorang sedang ikut kelas online. Sumber: Freepik

Plugin merupakan sebuah alat yang bisa membantu Anda menambahkan beragam fitur di website agar layanan situs berjalan baik.

Beberapa pilihan plugin untuk situs sekolah adalah:

  • LifterLMS. Merupakan sebuah sistem manajemen yang membantu untuk pemberian kelas multi-level. Anda bisa menambahkan materi, modul, kategori, dan sebagainya

  • Tutor LMS. Plugin ini dapat membantu Anda untuk membuat kelas online, tugas, hingga kuis.

  • LearnDash. Cocok untuk pendidik yang ingin memberikan kursus sekaligus latihan dan kuis, karena sudah menyediakan alat manajemen tes.

Selain ketiga plugin tersebut, masih ada CoursePress, Sensei, WPCourseware, serta teachPress.

6. Menambahkan Konten

Cara membuat website sekolah yang menarik
Seseorang sedang mengakses e-learning di tablet. Sumber: Freepik

Agar situs lebih bermanfaat, maka isilah dengan berbagai konten-konten menarik. Selain informatif, cara ini juga bisa menjadi sarana mempromosikan sekolah dan menarik banyak calon siswa.

Beberapa kategori konten yang bisa Anda masukkan adalah profil sekolah, kelas, galeri, berita, halaman informasi siswa, inspirasi, testimoni, dan lain-lain.

GoSocial Percepat Anda Mendapatkan Situs Sekolah Terbaik

Cara membuat website sekolah dengan goSocial
Tampilan logo GoSocial. Sumber: GoSocial

Jika cara-cara di atas belum bisa Anda penuhi karena faktor skill atau waktu, maka manfaatkanlah jasa pembuatan website sekolah dari GoSocial.

Jasa pembuatan web sekolah ini akan melakukan semua langkah-langkah di atas untuk Anda dengan cepat dan berkualitas tinggi. Sebagai salah satu jasa website terbaik di Indonesia, GoSocial telah melayani berbagai klien untuk keperluan pendidikan, bisnis, ataupun pribadi.

Tidak perlu takut mendapatkan template pasaran, karena GoSocial siap merancang situs dengan tampilan profesional namun tetap menarik. Anda bisa berdiskusi lebih lanjut dengan timnya untuk mendapatkan hasil sesuai ekspektasi.

Cara membuat website sekolah dikerjakan oleh tim-tim profesional dalam jangka waktu mulai delapan hari kerja saja. Jika terburu-buru dan membutuhkan penyedia pembuatan situs terbaik, maka segeralah hubungi GoSocial!

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan