Beberapa Hal Yang Menguras Daya Baterai Smartphone Androidmu

Beberapa Hal Yang Menguras Daya Baterai Smartphone Androidmu
Mungkin kalian pernah merasakan daya di smartphone android kalian terkuras dengan sangat cepat disertai dengan badan smartphone yang cukup panas. Hal itu pastinya sangat menjengkelkan apalagi jika kalian sedang berada di luar dan tidak membawa charger-an ataupun sumber daya lain seperti power bank. Ada beberapa hal yang menyebabkan ponsel pintarmu cepat panas disertai dengan penurunan daya yang sangat cepat ini antara lain:

Beberapa Hal Yang Menguras Daya Baterai Smartphone Androidmu

Tingginya Tingkat Kecerahan Layar
Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerahan layar merupakan salah satu hal yang memiliki andil besar dalam terkurasnya daya baterai. Jadi untuk menghemat baterai kalian, masuk ke Settings > Display > Brightness. lalu kurangi kecerahannya atau atur Automatic Brightness.

Waktu Nyala Layar Yang Relatif Lama
Waktu nyala layar yang lama saat tidak digunakan tentu menguras daya baterai, semakin lama maka semakin banyak pula daya yang dikuras, semakin singkat, maka semakin hemat pula dayanya. Untuk mengaturnya, masuk ke Settings > Display > Sleep lalu pilih waktu yang kecil/singkat.

Layanan Lokasi/GPS yang Aktif
Salah satu yang paling menguras daya baterai dan yang bertanggung jawab atas peningkatan suhu pada smartphone adalah GPS. Jika kalian tidak terlalu membutuhkan layanan tracking lokasi ini, segera matikan saja. Namun jika kalian butuh dan sifatnya realtime, pilah saja aplikasi yang kalian kehendaki untuk menggunakan gps. Caranya masuk ke Settings app > Personal > Location > "Recent location requests." Untuk mengatur pelacakan posisi perangkat kalian, masuk ke Personal > Location > Mode > lalu pilih "Location"ke off .

Jangkauan Jaringan Yang Kurang Memadai
Hal ini jungan merupakan faktor yang signifikan yang membuat smartphone cepat panas serta menguras daya. Smartphone secara otomatis akan melacak jaringan terbaik yang tersedia. Jadi semisal pada area tempat kalian sedang berada jumlag jaringan di 2G full namun di jaringan 3G hanya dua bar atau kadang lenyap, maka ponsel tetap akan berusaha untuk menangkap sinyal haringan yang lebih cepat dalam hal ini 3G. Namun dikarenakan sinyalnya lemah dan sering hilang membuat smartphone akan bekerja lebih keras yang imbasnya pada kenaikan suhu dan terkurasnya daya secara drastis. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa mengatur tipe jaringan ke 3G saja. Caranya masuk ke menu setting > more > cellular network > preferred network type > 2G

Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan di belakang
Banyaknya aplikasi yang berjalan selain menguras resourse memori, juga menguras daya baterai. Selain itu beberapa aplikasi juga memerlukan layanan gps, memberikan notifikasi, peringatan dan pesan. Jika kalian ingin menghemat daya baterai smartphone kalian, kalian bisa mematikan aplikasi berjalan yang sebenarnya tidak kalian perlukan. Caranya masuk ke Settings > Apps > Apps Manager lalu pilih aplikasi yang ingin kalian matikan lalu tap "force stop"

Push Email
Hal lain yang membuat perangkat kalian boros daya adalah layanan pepesanan dalam hal ini email yang aktif. Apalagi jika kalian memiliki banyak email yang diupdate secara berkala, sehingga smartphone akan bekerja extra mengunduh pesan yang masuk. Untuk mengatasi hal ini, masuk ke Settings > Accounts > pilih akun email kalian lalu ubah pengaturan Syncnya.

Final Words
Itulah di atas beberapa penjelasan mengenai hal-hal yang menyebabkan ponsel menjadi boros serta tips cara mengatasinya. Semoga artikel singkat yang berjudul 'Beberapa Hal Yang Menguras Daya Baterai Smartphone Androidmu' ini bisa bermanfaat...
Komentar

Temporary Disabled