Cara Memepercepat Kinerja Androidmu Dalam 5 Menit

Mungkin kalian pernah mengalami saat di pakai seperti biasa, internetan bersosial media atau bermain game secara tiba-tiba smartphone android kalian menjadi lambat bahkan sangat lambat sampai ngefreez alias ngehang. Hal ini bisa jadi dikarenakan oleh beberapa faktor antara lain adanya aplikasi yang sebenarnya tidak perlu yang terpasang, penggunaan random access memory (ram) yang besar, serta banyaknya aplikasi yang berjalan/background proses. Ada beberapa langkah simpel yang biasa kalian lakukan jika ponsel pintar android kalian terasa lambat. Tujuanannya yaitu untuk mendapatkan performa ideal dengan cara melakukan tune up, pengaturan serta melakukan uninstalasi aplikasi tertentu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk Memepercepat Kinerja Androidmu Dalam 5 Menit:

Cara Memepercepat Kinerja Androidmu Dalam 5 Menit
boosting your android

Matikan fungsi animasi windows
Jika smartphone kalian masih baru atau menu settingan developer optionnya masih terkunci, kalian bisa membuka kuncinya dengan cara yang cukup mudah. Caranya masuk ke menu setting lalu gulir ke bawah sampai kalian menemukan build number lalu ketuk beberapa kali sampai muncul tulisan notifikasi "you are now ... steps away from being a developer". Ketuk lagi beberapa kali dan akhirnya fitur developer option ini akan terbuka. Jika kunci menu ini sudah terbuka, segera buka dan aktifkan/on saja. Berikutnya gulir ke bawah ke Window animation scale, Transition animation scale, and Animator duration scale lalu set ke off. Kalau fungsi animasi ini dimatikan ponsel akan terasa sangat gegas dan kurang smoth dari segi transisi windows.

Matikan Background Online App
Beberapa aplikasi berjalan di belakang dan menyajikan notifikasi, peringatan maupun pesan. Tentu saja  hal ini sangat berguna namun memberikan impact negatif untuk performa smartphone kalian karena aplikasi yang berjalan di belakang ini memakai ram yang pastinya akan memperlambat kinerja smartphone. Untungnya ada cara untuk mematikan atau membatasi aplikasi yang berjalan ini. Caranya:
Masuk ke Setting > Wireless and networks > Data usage. Tap the three dots on the top right then tap "Restrict background data."

Uninstall Aplikasi Tidak penting
Kadang kita mendownload aplikasi di playstore namun jarang bahkan kalian tidak pernah gunakan. Sebaiknya uninstal saja semua aplikasi tersebut karena hanya mengambil space di memory card dan juga sistem. Pada pengaturan aplikasi untuk ponsel android terbaru biasanya sudah memiliki fitur yang menyediakan informasi tentang frekuensi penggunaan aplikasi. Silahkan lihat aplikasi manasaja yang paling kecil frekuensi penggunaannya dan silhakn hapus kalau memang tidak penting. Jika ponsel android kalian belum memiliki fitur ini silahkan cari aplikasi pihak ke tiga yang memiliki fitur ini.

Matikan Fungsi Update Otomatis
Hal berikutnya yang bisa memperlampat kinerja android kalian adalah fitur update otomatis. Bayangkan saja jika kalian sedang membuka aplikasi, game atau yang lainnya tiba-tiba play store meng update beberapa aplikasi secara otomatis, tentu saja android kalian akan melambat performanya. Apalagi jika ukuran update aplikasinya besar pasti akan memakan banyak kuota. Untuk mematikannya buka Google Play Store kemudian ketuk tombol menu atau geser ke kanan pada layar lalu Settings > Auto-update apps dan pilih "Do not auto-update apps."

Lakukan Soft Reset 
Jika android kalian terasa lambat, kalian bisa melakukan soft reset. Caranya cukup dengan mematikan smartphone android kalian, lalu lepas baterainya selama beberapa saat lalu pasang lagi dan hidupkan. Untuk smartphone yang bateraiya tidak bisa di lepas, tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan sampai muncul smartphone kalian restart dan muncul boot animationnya. Cara ini terdengar sangat simpal bahkan tidak ada embel-embel tune upnya. Tapi bisa saya bilang caraa soft reset ini sangat membantu.

Akhir kata
Langkah-langkahnya sangat sederhana dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja kalian sudah bisa mempercepat kinerja ponsel android kalian yang sebelumnya teras lambat. Buktikan sendiri pasti ada perbedaan yang cukup signifikan setelah menrapkan langkah-langkah di atas. Semoga artikel singkat yang berjudul 'Memepercepat Kinerja Androidmu Dalam 5 Menit' ini bisa bermanfaat. terima kasih
Komentar

Temporary Disabled