Cara Mengatasi Koneksi Internet Tidak Bekerja di Android

Internet kini sudah menjadi kebutuhan dasar umat manusia. Setiap hari kita bergelut dengan yang namanya internet baik itu untuk browsing maupun mengakses sosial media. Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII),  pengguna internet di indonesia mencapai 132 juta orang di tahun 2016, naik 58% di bandingkan tahun 2014.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Tidak Bekerja di Android

Akan menjadi hal yang sangat menyebalkan jika tiba-tiba koneksi internet kalian tidak bekerja. Hal yang paling pertama yang harus kalian lakukan adalah memerikasa ketersedian kuota paket data kalian. Kalau habis yah sudah barang pasti kalian tidak akan bisa mengakses internet. Namun jika kuota kalian masih banyak, maka tentunya penyebabnya adalah hal lain. Silahkan disimak tips di bawah ini.

Cara mengatasi koneksi internet yang tidak bekerja di android

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika koneksi internet di ponsel android kalian tidak bekerja...

Masuk ke Mode Pesawat / Airplane Mode
Cara yang pertama yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Dengan mengaktifkan mode ini, koneksi internet akan terputus dari server operator seluler. Lalu matikan kembali mode ini untuk membuat koneksi baru. Untuk mengaktifkan mode ini cukup gesek ke bawah status bar untuk membuka area notifikasi lalu cari airplane mode/mode pesawat. Cara yang lain yaitu tekan tahan tombol power, biasanya pilihan mode pesawat juga tersedia di situ.

Restart dalam Mode Pesawat / Airplane Mode
Cara berikutnya yaitu merestart ponsel kalian dengan mode pesawat diaktifan. Caranya aktifkan dulu mode pesawat lalu restart ponsel kalian. Jika sudah hidup, silahkan matikan mode pesawat. Saat mode pesawat dinyalakan maka radio akansecara otomatis melacak dan mendaftar pada jaringan yang tersedia. Cara ini cukup efektif dikebanyakan kasus koneksi internet yang tidak bekerja jika penyebabnya hanya pada gangguan penangkapan sinyal pada ponsel saja.

Matikan fungsi Radio/koneksi
Cara berikutnya yaitu dengan mematikan radio koneksi ponsel kalian. Sebenarnya cara ini mirip dengan cara yang pertama. Caranya buka dialpad dan ketik *#*#4636#*#* lalu cari dan ketuk turn off radio tunggu beberapa saat lalu aktifkan lagi. Saat radio kembali dinyalakan, maka secara otomatis jaringan akan dilacak kembali dan terhubung secara normal.

Ganti Access Point Name (APN)
Cara berikutnya yaitu mengganti Access Point Name atau APN. Setiap operator seluler memiliki beberapa APN namun yang paling umum dan sama untuk setiap operator yaitu apn "internet". Namun jika apn ini tidak bekerja silahkan ganti saja dengan apn lain. Untuk nama-nama apn setiap operator silahkan cari saja di google. Untuk membuat apn baru silahkan masuk ke setting > more > cellular network > access point names lalu ketuk gambar + untuk membuat apn baru. Untuk nama bebas dan untuk apn sesuaikan dengan yang disediakan operator seluler namun biasanya apn apapun bisa digunakan oleh operator seluler mana saja, yang lain kosongkan saja.

Ganti tipe Jaringannya
Cara terakhir yaitu dengan mengganti carrier/tipe jaringan. Silahkan alihkan tipe jaringan misalkan dari 3G ke 2G jika jalur 3G sedang mengalami gangguan. Namun efek dari mengganti tipe jaringan dari 3G ke 2G tentu saja yaitu koneksi internet yang lambat. Sekali-kali silahkan kembalikan ke jaringan 3G untuk memastikan apakah jaringan tersebut sudah tidak mengalami gangguan.

Akhir kata
Demikian cara simple mengatasi koneksi internet yang tidak bekerja. Semoga artikel singkat yang berjudul 'Cara Mengatasi Koneksi Internet Tidak Bekerja di Android' di atas bermanfaat untuk kalian.
Komentar

Temporary Disabled