Beberapa Fitur Android Yang Perlu Kalian Tahu

Beberapa Fitur Android Yang Perlu Kalian Tahu
Tahukah kalian, bahwa smartphone Android yang kita miliki ternyata menyimpan berbagai kemampuan yang mungkin beberapa kalian tidak tahu dan belum pernah coba? Bahkan untuk beberapa versi Android terbaru seperti Lollipop dan Marshmallow juga memiuliki beberapa setting rahasia Android yang mampu membuat smartphone kita lebih menarik dibandingkan dengan yang lainnya. Pengguna smartphone Android yang sama dengan kita pasti akan terkagum-kagum melihat kemampuan smartphone yang kita miliki.

fitur android

01

Membuka Panel Quick Setting Dengan Cepat 

Kalau sebelumnya kalian membuka panel quick setting dengan cara swipe layar dari status bar ke bawah sebanyak dua kali, swipe yang pertama akan membuka area notifikasi dan untuk yang kedua untuk membuka panel quick setting, nah kini kalian tidak perlu lagi melakukan itu. Caranya yaitu cukup swiping pada layar dengan menggunakan dua jari sekaligus, maka panel quick setting ini akan langsung terbuka. It's timen to move on guys! hehe

02

Magnification Gestures

Setiap android memiliki fitur magnification gesture yang berfungsi sebagai kaca pembesar. Dengan fitur ini kita bisa memperbesar/zoom sebuah objek baik itu berupa gambar maupun teks, serta apapun yang tampil pada layar. Untuk mengaktifkan  fitur ini sangat mudah, cukup masuk ke menu setting > Accessibility > Magnification Gestures  kemudian aktifkan fitur magnification 'on'.Untuk memulai menggunakan fitur ini, kalian cuma perlu mengetuk layar sebanyak tiga kali. Untuk memperkecil maupun memperbear ukur zoomnya cukup pinch dengan dua jari, sedangkan untuk mengeser ke segalah arah, cukup sentuh dan tahan layar dengan dua jari lalu geser ke arah yang di kehendaki. Untuk mengembalikan ukuran layar dari fungsi ini ke normal, cukup ketuk kembali layar sebanyak tiga kali.

03

Permainan rahasia

Perlu kalian ketahui bahwa smartphone android kalian memiliki permainan tersembunyi. Untuk bisa memainkan permainan ini cukup masuk ke Settings > About phone lalu tekan versi Android berulang kali. Kalian akan melihat versi android yang digunakan, dan jika kita menekan beberapa kali lagi dan kemudian terus menekan pada tampilan versi Android tersebut, maka permainan rahasia yang mirip flappy bird akan terbuka. Kalau flappy bird objeknya burung, kalau ini objeknya logo android. Jadi namanya mungkin flappy droid kali ya... Permainainan ini kalau saya ini bilang sih cukup susah, butuh kecermatan, serta presisi saat mengetuk layar. Skor tertinggi yang pernah saya dapatkan cuman 4, seriuss!!!

04

Sistem Animasi

Sistem animasi disini sebenarnya merupakan efek transisi saja, dan tidak mempengaruhi kinerja sebuah android. Untuk bisa mengakses fitur ini, pada ponsel baru masuk ke menu Settings > About phone dan ketuk Build number selama beberapa kali hingga muncul pemberitahuan bahwa menu Developer Option telah diaktifkan. Selanjutnya buka opsi itu dan aktifkan lalu scroll ke bawah  sampai kalian menemukan window animation scale, transition animation scale dan animator duration scale. Ubah nilainya ke animation off. Dengan mengatur ke off maka kalian tidak akan melihat adanya transisi ketika membuka sebuah aplikasi, setting, menu dal sebagainya. Jadi ponsel terasa gegas namun dari segi performa sebenarnya tidak berubah.

05

Kode Rahasia

Ada kode rahasia yang terdapat pada ponsel android yang kebanyakan orang tidak tahu. Kode itu merupakan akses ke area tersembunyi yang berisi beberapa informasi dan pengaturan untuk mengakses fungsi tertentu. kode rahasia itu adalah *#*#4636#*#*. Untuk menggunakannya cukup buka dialpad lalu ketikkan kode tersebut. Nanti akan terbuka menu testing yang berisi informasi perangkat, statistik penggunaan data, informasi wi-fi serta informasi baterai. Silahkan lakukan eksplorasi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai menu testing ini. Namun perlu diingat bahwa kode ini tidak tersedia di beberapa merek ponsel, contohnya seperti samsung.

Demikian artikel yang berjudul beberapa fitur android yang perlu kalian tahu ini. Semoga bisa bermanfaat. Dan jika ada hal yang kurang jelas maupun ingin sekedar berbagi pengalaman seputar hal yang berhubungan dengan artikel ini, silahakan dituangkan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.