Opera Mini, Browser Ringan Nan Hemat Kuota

Opera Mini tentu sudah tidak asing di telinga mengingat browser yang satu ini merupakan browser yang paling populer dan memiliki basis pengguna yang sangat besar terutama di negara yang memiliki koneksi internet yang rendah disertai dengan harga paket data yang mahal seperti India, Afrika dan tentu saja Indonesia. Opera mini menawarkan sensasi menjelajah internet dengan kecepatan tinggi dan hemat kuota dikarenakan adanya kompresi data yang cukup tinggi.

Opera Mini

Selain Opera Mini ada juga Opera Mobile yang tampak serupa interfacenya dengan opera mini. Yang membedakannya hanya hanya kualitas gambar yang ada pada situs yang kita buka. Gambar yang dimuat pada opera mini tampak buram sekalipun kualitas di ubah ke tinggi pada menu setting. Hal ini dikarenakan adanya kompresi tinggi pada gambar di server opera mini. Selain kualitas gambar yang rendah, kadang kala tampilan laman sebuah situs akan berantakan karena pada opera mini beberapa script sepertinya tidak dimuat dan juga tidak mendukung beberapa kode css.

Dari segi tampilan, opera mini memiliki user interface yang cukup simple. Area beranda tampak bersih dengan layout yang bisa dirubah sesuai keinginan, apakah ke tampilan phone, classic atau tablet. Pada bagian atas bawah terdapat navigasi sederhana (tampilan default dengan layout phone) dengan kolom pencarian. Pada laman utamanya dengan kolom bookmark yang sejajar dengan saved pages. Di bawahnya beberapa kolom shortcut/speed dial berupa grid yang bisa ditambah dengan url situs yang diinginkan serta feeds dan iklan terintegrasi dari beberapa situs top yang bisa diatur sesuai keiginan seperti negara serta kategori feeds yang akan ditampilkan.

Lalu apa bagusnya browser ini? Tentu saja ada beberapa hal yang membuat opera mini unggul dari para kompetitornya selain kompresi data yang tinggi, antara lain:

Penggunaan Resource Memori Yang Kecil
Browser ini memiliki ukuran file yang cukup kecil serta hanya menggunakan resource memori/Ram yang cukup sedikit yang membuat aplikasi ini terasa gegas. Jadi browser ini menjadi pilihan yang cukup tepat bagi pengguna ponsel yang memiliki spesifikasi rendah, baik itu dari cpu maupun ramnya.

Loading Yang Cepat Serta Hemat Data
Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa opera mini unggul dari browser lain. Browser ini menyediakan opsi penghematan data dengan nama extreme mode yang membuat kecepatan membuka sebuah laman meningkat. Mode ini diperuntukkan untuk menjelajah web pada kecepatan koneksi internet yang lambat. Namun perlu di ketahui bahwa menghidupkan mode ini akan membuat tampilan sebuah situs menjadi berantakan. Selain itu ada opsi pengaturan kualitas gambar, off, kualitas gambar rendah, kualitas gambar menengah atau kualitas gambar tinggi. Kecepatan yang ditawarkan opera mini sendiri hanya pada pemuatan laman saja. Untuk kecepatan mengunduh file tetap tergantung pada kecepatan koneksi internet.

Fitur keamanan yang lengkap
Opera mini kini sudah didukung dengan proteksi yang lebih lengkap untuk menjaga keamanan kita ketika sedang menjelajahi web, seperti proteksi terhadap virus, malwar, dan sejenisnya.

Terintegrasi dengan RSS feed
Opera mini terintegrasi dengan fitur rss feed yang akan menyuguhkan kita berita, dari berbagi situs top. Fitur ini terletak di laman utama dari browser. Dengan adanya fitur ini, kita disuguhkan dengan berita aktual dan bisa diakses dengan sekali klik sehingga kita bisa up to date. Feed yang ingin ditampilkan pun bisa diatur sesuai keiginan seperti negara serta kategori.

Pemblokiran iklan dan situs
Opera mini kini menyediakan opsi pemblokiran iklan. Jadi kita tidak akan lagi merasa terganggu dengan  danya iklan intrusif yang muncul setiap kali mengunjungi sebuah situs.

Sebagai konklusi, pada mode extreme browser ini cukup ringan, memiliki tampilan yang simple, memiliki fitur yang cukup lengkap, loading laman cepat, serta penggunaan data yang lebih hemat.