Blunder: Jaringan 4G Telkomsel Di Makassar Keong, Ganti Ke Indosat Oredoo

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman berinternet di jaringan 4G telkomsel dan indosat. Pada judul artikel ini ada kata blunder, yang sebenarnya yang blunder itu bukanlah telkomsel ataupun indosat tetapi saya.

Jadi ceritanya begini, saya pernah membeli kartu simpati telkomsel yang sudah mendukung koneksi di jaringan 4G. Beberapa bulan kemudian saya mendapat telpon dari pihak telkomsel yang saya masih ingat nama petugasnya itu Indah <3 hehe. Jadi si Indah menanyakan kepada saya bahwa saya menggunakan kartu simpati yang sudah mendukung jaringan 4G lalu ia bertanya apakah perangkat saya mendukung jaringan 4G/LTE.

Jaringan 4G Telkomsel Di Makassar Keong

Perangkat yang saya gunakan sendiri adalah smartphone asus zenfone selfie yang sudah mendukung jaringan 4G/LTE pada frekuensi LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800) yang berarti sudah mendukung jaringan 4G semua operator seluler di Indonesia. Pihak kemudian megaktifkan bonus internet khusus di jaringan 4G yang jumlah kuotanya tidak tanggung-tanggung yaitu 10 GB gratis.

Senang tentu saja, dikasih paket data gratis sebesar 10 GB. Saya kemudian mencoba menggunakan paket ini. Namun pertama-tama yang saya lakukan yaitu mengubah tipe koneksi perangkat saya ke 4G/LTE only agar kuota internet saya pada jaringan 3G tidak disedot. Setelah melakukan pengaturan sayapun membuka aplikasi youtube untuk streaming mencoba kecepatan internet di jaringan 4G. Hasilnya boleh dibilang cukup memuaskan untuk video dengan kualitas 360p, naun tidak demkian dengan kualitas video yang lebih tinggi, macet...

Saya mencoba melakukan pengunduhan di laptop dengan koneksi internet yang saya share dari ponsel via tethering. Alangkah kagetnya saya melihat kecepatan downloadnya yang hanya sekitaran 200 kB/s. Padahal di jaringan Hsdpa kecepatan pengunduhan bisa mencapai 2 MB/s. Entah apa yang terjadi dengan jaringan 4G telkomsel yang dikalim memiliki kecepatan sampai puluhan MB per detiknya.

Berhubung kuota utama saya habis dan paket 4G telkomsel tidak bisa diandalkan, saya akhirnya bermigrasi ke indosat untuk sementara. Saya membeli kartu perdana indosat oredoo dengan kuota 8GB di jaringan 2G/3G + 20 GB di di jaringan 4G. Operator yang satu ini lebi bringas lagi dalam memberikan bonus kuota di jaringan 4G. Saya kemudian mencoba browsing dan streaming namun hasilnya cukup mengejutkan. Kecepatannya gak jauh beda dari telkomsel.

So boleh di bilang saya blunder :D, beralih dari telkomsel ke indosat untuk merasakan kecepatan internet super cepat dan stabil namun yang saya dapatkan sama saja. Entah apa yang menyebabkan koneksi internet 4G dua operator tersebut lelet seperti keong di Makassar? Apakah sedang ada gangguan atau ternyata perangkat saya yang bermasalah? tentu tidak. Semoga hal ini dikarenakan adanya gangguan yang sifatnya sementara  saja.
Komentar

Temporary Disabled