Cara Upgrade Firmware Zenfone Selfie Via OTA

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi cara mengupgrade firmware asus zenfone selfie dari lollipop ke marshmallow. Untuk mengupgrade firmware android pada umumnya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu flashing manual atau upgrade via OTA (over the air). Tentu saja kedua metode ini memilki keuntungan dan kekurangan masinhg-masing. Di sini saya mengupgrade firmware ponsel saya dengan menggunakan metode ota.

upgrade os Android 5.1 (Lollipop) ke Android 6.0.1 (Marshmallow)

  • Jika melakukan upgrade via OTA, ukuran file firmware yang di unduh hanya sekitar 800 MB-an, namun ukuran filenya akan jauh lebih besar jika di update manual.
  • Upgrade via OTA jauh lebih mudah karena langsung dilakukan di ponsel dan hanya membutuhkan paket data serta koneksi Internet stabil saja, beda halnya jika dilakukan manual dimana kita perlu mempersiapkan PC/Laptop untuk proses updatenya. File firmware diunduh dulu ke pc/laptop lalu diflashing melalui aplikasi pihak ke tiga. Tentu ini namanya kerja dua kali dan hal ini cukup merepotkan.
Persiapan sebelum mengupgrade firmware
Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum melakukan upgrade untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan antara lain:
  • Pastikan kalian memiliki kuota paket data yang cukup. Ukuran firmware sekitar 800 MB. Sediakan setidaknya 1GB. Jangan sampai proses pengunduhan belum selesai ternyata kuota internet kalian sudah habis, kan bisa berabe jadinya.
  • Pastikan koneksi internet kalian stabil, jangan sampai proses pengunduhan terputus gara-gara koneksi internet yang putus, bisa buang-buang waktu.
  • Pastikan baterai ponsel kalian memiliki daya yang cukup, minimal 70%. Kalian pasti tidak mau jika saya mengunduh firmware tiba-tiba ponsel kalian mati.
 Jika persiapan di atas sudah terpenuhi, silahkan mulai proses pengupgradetannya via ota, caranya yaitu masuk ke menu setting lalu gulir ke bawah sampai System Updates lalu check updates. Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi untuk melakukan update. Cukup ikuti saja perintahnya dan ponsel kalian akan mulai mengunduh firmware. Jika proses pengunduhan sudah selesai, nanti akan ada pop up untuk melakukan instalasi. Ponsel akan reboot dan memulai proses instalasi yang memakan waktu cukup lama.

Silahkan taruh saja ponsel kalian dan lakukan beberapa hal berguna daripada menunggu proses instalasi selesai. Saat proses instalasi selesai, ponsel akan restart dan memulai proses upgrade aplikasi. Prosesnya juga memakan waktu beberapa menit dan setelah itu OS ponsel kalian sudah menjadi android 6.0 alias Marshmallow. Untuk melihat versi android kalian sudah terupgrade masuk ke menu setting > about  > Android version.

Dibawah ini release note dari forum zentalk mengenai update untuk zenfone selfie:
  • Software update ke Android 6.0 marshmallow. penyimpanan internal akan sedikit menurun setelah update, disarankan kembali data dan pindah file media (gambar & vides) ke kartu SD untuk cadangan penyimpanan cukup sebelum memulai pembaruan perangkat lunak.Android 
  • Marshmallow tidak akan mendukung APP2SD. Silakan memindahkan aplikasi ke penyimpanan internal sebelum upgrade sistem.fungsi multi-user tidak akan didukung jika akun dihapus.  Harap menjaga akun Anda untuk melanjutkan penggunaan. 
  • Aplikasi yang tercantum di bawah tidak akan lagi menjadi pra-loadeded setelah perangkat Anda telah diupgrade ke Android 6.0 (Marshmallow).
  1. Omlet Chat
  2. Data Transfer
  3. Photo Frame
  4. ASUS Backup
  5. Dr. Safety
  6. What's Next
  7. Party Link
  8. Remote Link
  9. PC Link
  10. Yahoo Shopping
  11. EZ Ding
  12. TripAdvisor
  13. Zinio
  14. iReader
  15. Dr. Eye
  16. Google+
  17. Puffin Browser
  18. Mirror
  19. Google Settings (Integrated in ASUS Settings)
  • Menambahkan fitur dan aplikasi baru:
  1. Google Calendar
  2. Google Messenger
  3. Dr. Booster
Pembaruan ini akan menghapus ASUS Email, ASUS Kalender, ASUS Messaging, dan tidak akan dimuat dalam versi software ini. Anda dapat menggunakan GMail, Google Calendar, Google Messenger untuk layanan yang relevan.
Komentar

Temporary Disabled