Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Dan BBM Yang Baru Masuk Saat Aplikasi Dibuka

Bagi kalian para pengguna aplikasi chatting seperti Whatsapp (WA) atau Blackberry Messenger (BBM), pasti pernah mengalami aplikasi-aplikasi chatting kalian pemberitahuan/notifikasi baru baik berupa pesan maupun buletin dan sebagainya masuk ketika aplikasi chat tersebut dibuka. .Hal ini pastinya sangat menggangu dan menjengkelkan terutama jika kalian adalah pengguna aktif. Selain itu hal ini akan menyebabkan komunikasi kalian terganggu dan tidak tepat waktu.

Mengatasi Notifikasi WhatsApp Dan BBM telat masuk

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal-hal tersebut terjadi, bisa karena adanya gangguan pada koneksi internet, gangguan pada perangkat, pengaturan pada perangkat maupaun aplikasi aplikasi chatting tersebut. Bagi kalian yang mengalami masalah seperti ini, silahkan dibaca tips mengenai cara mengatasi notifikasi whatsapp dan bbm yang baru masuk saat aplikasi dibuka yang akan saya bagikan pada artikel ini.
Beberapa penyebab notifikasi whatsapp dan bbm ataupun mungkin aplikasi lain yang baru masuk saat aplikasi dibuka antara lain:

Gangguan koneksi internet.
salah satu yang bisa menyebabkan notifikasi whatsapp dan bbm yang baru masuk saat aplikasi dibuka yaitu gangguan pada koneksi internet. Gangguan koneksi internet kerap terjadi apalagi jika kita berada pada area yang coverage internetnya terbatas seperti diarea pedalaman yang jauh dari pusat kota. Selain itu ketersediaan paket data juga bisa jadi alasan. Aplikasi whatsapp dan BBM memerlukan koneksi internet untuk bisa digunakan. Jadi perlu kalian pastikan jumlah kuota paket internet kalian apakah masih ada atau sudah habis jika suatu ketika notifikasi whatsapp dan BBM tidak kunjung masuk.

Pengaturan Power Saving Mode
Sebagian besar penyebab notifikasi whatsapp dan bbm yang baru masuk saat aplikasi dibuka adalah pengaturan pada mode hemat daya. Fitur hemat daya merupakan fitur yang dimiliki semua ponsel android. Fitur ini tentu saja sesuai namanya yaitu untuk menghemat daya guna memperpanjang masa hitup baterai ponsel. Namun perlu diketahui bahwa cara kerja dari fitur ini pada mode tertentu salah satunya yaitu dengan mematikan koneksi internet pada saat layar ponsel mati. Hal ini pastinya menyebabkan notifikasi dari aplikasi chating atau apapun yang berhubungan dengan internet tercekal juga.

Pengaturan notifikasi pada Whatsapp dan BBM
Hal lain yang menyebabkan nitifikasi whatsapp dan bbm tertunda yaitu pengaturan notifikasi pada aplikasi tersebut. Pengaturan tersebut bisa berupa opsi apakah kita ingin menampilkan notifikasi masuk atau tidak. selain itu pengaturan mengenai pembatasan data yang digunakan aplikasi tersebut juga bisa menjadi faktur pencekal notifikasi masuk.

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Dan BBM Yang Baru Masuk Saat Aplikasi Dibuka
  • Pastikan koneksi internet kalian bagus, pastikan juga kalian memiliki kouta paket internet.
  • Pastikan mode power saving yang kalian pilih bukan power saving ataupu ultra/super saving. Silahkan pilih normal atau coztumized.
  • Pada whatsapp tidak ada pengaturan (pengaturan dalm aplikasi tersebut bukan pada pengaturan ponsel) notifikasi apakah dihidupkan maupun dimatikan. Notifikasi bisa tercekal karena pembatasan penggunaan background data. Untuk mengatasinya silahkan masuk ke pengaturan ponsel, Setting > Data Usage > Whatsapp lalu pastikan restrict background data dalam keadaan mati /off. Jika menu ini kita On kan maka notifikasi atau pesan tidak akan muncul. Lakukan hal yang sama untuk BBM.
  • Pastikan pengaturan notifikasi pada aplikasi tersebut tidak diblock caranya masuk ke Setting > Apps > Whatsapp > notifications >Block All pastikan dalam kondisi mati/off. Lakukan hal yang sama untuk BBM.
  • Jika cara di atas belum berhasil, coba masuk ke setting > Apps > Whatsapp lalu pilih clear cache. Untuk pengguna os android marshmellow, setting > Apps > Whatsapp > storage lalu pilih clear cache. Lakukan hal yang sama untuk BBM.
  • Lakukan update alias pembaruan aplikasi. Silahkan cek di palystore apakah ada pembaruan. Jika ada, segerah perbaharui saja aplikasi kalian.
Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Dan BBM Yang Baru Masuk Saat Aplikasi Dibuka, semoga bisa membantu.
avatar
Written by

"A good boy who keeps dreaming to have a better live but doing nothing to achieve it"