Cara hapus dan backup data sebelum menjual ponsel android

Tiap tahunnya vendor perangkat ponsel pintar berlomba mengeluarkan produk terbaru mereka. Mulai dari vendor besar sekelas samsung, apple, sony sampai vendor dari tiongkok dan lokal dalam negeri. Produk-produk baru dengan tampilan dan spesifikasi bagus dikeluarkan tiap kwartalnya, dengan hargi variatif mulai dari yang murah sampai yang harganya selangit.

CARA BACKUP DAN HAPUS DATA

Kemunculan produk ponsel terbaru yang menawarkan fitur yang lebih baik bahkan disertai harga yang murah pastinya membuat kita berkeinginan untuk memiliki ponsel tersebut. Akibatnya ponsel lama kita bisa menganggur dan jadi tidak berguana disimpan begitu saja. Sebenarnya tidak ada salahnya jika ponsel tersebut dijual kan lumayan uang buat nambah modal untuk membeli ponsel baru. Namun kita tidak boleh langsung menjual ponsel lama kita begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar ponsel tersebut lebih aman saat berpindah tangan.

Apa itu?, jawabaannya adalah backup. Membackup data-data maupun media yang ada diperangkat ponsel pintar kita pastilah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Karena bisa berakibat buruk jika ponsel kita sudah berpindah tangan sedangkan file pribadi kita masih ada di dalamnya. Dengan file seperti foto, video pribadi serta data-data penting bisa diakses si pemilik baru dan dan bisa jadi disalah gunakan. Kalian tentunya tidak ingin jika foto kalian tiba-tiba muncul di internet, apalagi jika foto kalian muncul di situs cari jodoh kan jadinya berabe. Jadi sangat mutlak bagi kalian untuk mebackup data dan kemudian menghapus data tersebut pada ponsel yang akan dijual.

Cara Backup Data  Dan Menghapusnya Sebelum Menjual Ponsel

Melakukan Full Backup
Backup secara menyeluruh dapat dilakukan dengan mentransfer file/data kalian ke komputer/pc atau bisa dengan menggunakan usb jika perangkat kalian sudah mendukung otg.

Backup ke Layanan Drive Online
Kalian bisa menyimpan data kalian pada pada layanan yang disediakan pihak google yaitu google drive. Pihak google memberikan space sebesar 15 gb untuk tiap akun google. Alasan mengapa menyimpan data di google drive sangat baik yaitu keterjamian data yang disimpan akan awet serta kemungkinan hilang yang sangat kecil dibandikan jika disimpan di perangkat seperti pc atau hardisk external pribadi. Utuk membackup data ke google drive masuk ke menu setting > Backup & reset > lalu aktifkan backup data kemudian automatic restore serta backup data & sync diaktikan juga.
Selain google drive, ada beberapa lagi layanan serupa yang tentunya gratis. Silahkan cara saja di google jika kalian ingin mengetahui informasi lebih lanjut.

Backup Menggunakan Aplikasi.
Backup juga bisa dengan menggunakan aplikasi gartis maupun berbayar yang tersedia di playstore seperti titanium backup (root), helium backup dan sejenisnya.

Menghapus data/file
Langkah berikutnya adalah langkah yang sangat vital yang perlu dilakukan yaitu menghapus data/file yang ada dalam memori ponsel. Untuk menghapus semua data pada memori internal maupun eksternal bisa dihapus secara manual atau langsung dengan menggunakan perintah format. Pastikan bahwa data-data pribadi kalian betul-betul sudah dihapus. Selanjutnya yaitu melakukan faktory reset yang bisa diakses lewat Settings > Backup & reset > Factory data reset dan tap Reset phone. Nanti ponsel kalian akan kembali ke pengaturan pabrik.

Dengan melakukan hal-hal di atas, ponsel lama sudah aman dan bisa dipindah tangankan. Demikianlah artikel yang berjudul  Cara Backup Data  Dan Menghapusnya Sebelum Menjual Ponsel ini, semoga bermanfaat.