Chrome vs Firefox, sedikit pengalaman menggunakan kedua browser ini

Kalian tentunya sudah tidak asing dengan kedua alat perambaan ini, baik google vhrome maupun mozilla firefox pasti terpasang di perangkat kalian, komputer ataupun smartphone. Ada banyak lagi browser serupa diluar sana, namun kedua browser inilah yang memiliki basis pengguna terbanyak di dunia. Tentu dari kedua browser ini ada sedikit ataupun banyak perbedaan yang bisa berimbas kepada keouasan pengguna, namun hal ini memerlukan pengujian teknis untuk mengetahuinya.

CHROME VS FIREFOX

Di sini saya hanya akan memaparkan pengalaman menggunakan kedua browser ini dan mengungkapkan yang manakah yang lebih nyaman digunakan khusus pada perangkat komputer. Oke langsung saja saya paparkan sedikit pengalaman saya menggunakan ke dua browser ini.

Google Chrome
Yang pertama yaitu google chrome. Browser besutan google ini merupakan browser dengan pengguna terbanyak, terinstal di hampir 2 triliun perangkat, komputer maupun smartphone. Versi terbaru dari browser ini adalah 55.0.0.2883.87 m yang merupakan versi stabil untuk perangkat komputer. Ada beberapa hal yang saya dapatkan setelah menggunakan browser ini antara lain:

Nilai plus:
  • Tampilan yang cukup minimalis. Tidak bisa dipungkiri bahwa tampilan memberikan kenyaman tersendiri bagi pengguna. 
  • Banyaknya ekstensi/addons yang bisa ditambahkan, baik itu utilitas maupun game, pokoknya mantap. 
  • Untuk koneksi internet cepat dan stabil, bisa dikatakan pemuatan sebuah laman dengan browser ini terbilang cepat. Lancar ketika melakukan streaming video di youtube. Untuk video di youtube sendiri player yang digunakan adalah html5 player. 
Namun selain nilia-nilai plus diatas, ada juga nilai minus menggunakan browser ini antara lain:
  • Untuk koneksi internet yang sedikit lambat, sering kali laman yang dibuka akan error dulu, lalu diload lagi. Jadi kalau saya bilang browser ini kerja dua kali. 
  • Untuk koneksi internet yang sedikit lambat, laman yang memiliki banyak gamabar saya pastikan tidak akan muncul semuanya. Kelian perlu refresh halaman tersebut agara gambar bisa muncul semuanya. payah...
  • Menggunakan resource komputer/ram yang cukup banyak.
  • Tampilan inspek elemen yang kaku.
Mozilla Firefox
Browser ini merupakan browser default di komputer saya. Versi terakhir dan stabil dari browser ini adalah versi 50.1.0. Berikut ini beberapa hal yang saya bisa utaraka setelah menggunakan browser ini.

Nilai plus:
  • Pemuatan laman web terbilang cukup cepat
  • Laman yang memiliki banyak gambar bisa dimuat sepenuhnya, sekalipun koneksi internet sedikit lambat.
  • Tampilan sderhana serta kemudahan penggunaan inspector, sangat cocok untuk kalian yang senang desain/otak-atik css laman web.
  • User interface yang cukup bersahabat dan tampilan menu yang bagus
Nilai minus
  • Addons yang sedikit. Kalau dibandikan dengan chrome untuk ketersediaan addons, firefox kalah telak.
  • Pemuatan video youtube pada koneksi internet yang tidak stabil seringkali putus/error. Lama n perlu direfresh untuk bisa memutar kembali video tersebut. Hal ini berlaku untuk semua jenis video player yang digunakan, baik html5 player, maupun adobe flash player.
  • Penggunaan memori ram yang cukup besar. Banyak yang bilang penggunaan ram firefox jauh lebih sedikit dibandingkan chrome, namun berdasarkan pengalaman saya, ketika banyak tab yang di firefox, ram yang dipakai sangat besar. Bahkan pernah makan lebih dari 1GB.
  • Komputer sering nge-hang, salah satu hal yang membuat saya jengkel menggunakan browser ini. Hal ini terjadi jika penggunaan ram tinggi seperti yang saya tulisakan pada poin sebelumnya.
Itulah beberapa nilai plus-minus menggunakan browser chrome dan firefox. Namun perlu saya tekankan kembali bahwa apa yang saya tuliskan di atas tersebut berdasarkan pengalaman penggunaan sehari-hari, bukan berdasarkan pengujian teknis.

Konklusi:
Yang bisa saya katakan untuk kedua browser ini adalah bahwa kedua browser ini merupakan browser terbaik, jauh mengguli browser lain seperti opera, ie, vivaldi dan lainya. Saya sendiri menggunakan kedua browser ini dengan rincian:
  • Untuk browsing saya menggunakan mozilla firefox dengan alasan kenyaman serta kemudahan dalam pemuatan laman.
  • Untuk streaming video di youtube saya mengunakan google chrome dengan alasan pemuatan video yang lebih baik.
Ok sekian tulisan dari saya, semoga bisa bermanfaat...