Hal-hal yang menyebabkan android kalian menjadi panas

Salah satu hal yang menjadi masalah dari sebuah perangkat android yaitu masalah panas. Panas yang muncul tentu saja akan membuat pengguna merasa tergangu dan menimbulkan ketidaknyaman saat ponsel digunakan. Hal lain yang muncul sebagai imbas dari ponsel yang menjadi panas yaitu daya baterai yang dipastikan cepat terkuras. Sebenarnya panas yang muncul pada ponsel android adalah hal yang biasa dan wajar. Namun jika panas yang dihasilkan cukup tinggi/kelewat panas (overheating), tentu hal ini harus diperhatikan dan dicari solusinya. Ada beberpa hal yang bisa menyebabkan ponsel menjadi kelewat antara lain:

HAL-HAL YANG MENYEBABKAN ANDROID KALIAN MENJADI PANAS

1. Terlalu banyak aplkasi yang terpasang
Salah satu yang membuat ponsel cepat panas dan menjadi kelewat panas adalah banyaknya aplikasi yang terpasang, dimana alikasi ini memiliki akses ke jaringan internet, gps pesan dan sebagainya. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan ponsel menjadi panas. Sebaiknya hapus saja aplikasi terutama aplikasi yang jarang digunakan.

2. Ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan.
Seperti pada poin satu, banyaknya aplikasi yang terinstal berarti banyak aplikasi yang berjalan. Terutama pada ponsel baru, banyak aplikasi bawaan ponsel yang sebenarnya tidak terlalu penting atau bisa dikategorikan bloatware terpasang dan secara otomatis servisnya berjalan dibelakang layar. Hal ini tentunya memerlukan resource yang besar dri ponsel yang berimmbas pada peningkatan suhu ponsel. Untuk bisa mengatasinya, kalian bisa mematikan aplikasi tersebut secara manual dengan cara masuk ke setting > apps > lalu cari aplikasi berjalan yang kalian tidak butuhkan lalu pilih force close untuk mematikan paksa servis aplkasi tersebut. 
Hal lain yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti clean master. Aplikasi ini cukup bagus dengan banyak fitur seperti membersihkan file sampah, melegakan Ram, bahkan ada fiturnya untuk mendinginkan cpu. Aplikasi pihak ke tiga lain yang bisa kalian gunakan yaitu Greenify. Aplikasi ini bisa kalian gunakan jika ponsel android kalian sudah diroot. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang handal untuk mengurangi panas berlebihan pada ponsel.

3. Banyak aplikasi yang melakukan update secara otomatis
Setiap aplikasi yang terinstal di ponsel kalian tentunya memiliki pembaruan yang diberikan oleh developernya untuk waktu yang tidak ditentukan. Jika ponsel android kalian berada dalam pengaturan yang mempebolehkan aplikasi melakukan update otomatis, maka aplikasi akan terus melakukan pengecekan update secara berkala yang tentunya bisa membuat ponsel menjadi panas. Untuk mengatasinya, silahkan matikan saja fitur update otomatis dan ganti menjadi manual.

4. Wifi, GPS serta paket data yang hidup
Penggunaan wifi juang bisa menyumbangkan panas untuk smartphone kalian. Pastikan saja layanan otomatis ini dimatikan jika kalian berada di area yang memang tidak dicover oleh jaringan wifi atau kalian sedang tidak memerlukan jaringan jaringan internet. Berikutnya yaitu GPS, kalau layanan gps sudah bisa dipastikan menjadi salah satu penyebab ponsel menjadi sangat panas. Layanan ini bertugas menunjukkan posisi dimana kita berada dalam tampilan sebuah peta/map. Sebaiknya layanan ini dimatikan saja jika tidak dibutuhkan. Berikutnya yaitu paket data. Sama halnya seperti wifi sebaknya paket data dimatikan saja jika memang sedang tidak digunakan, karena ketika layanan ini aktif kerapkali ponsel menjadi panas dan sngat panas jika kalian berada ditempat yang jaringannya minim.

5. Menggunakan ponsel saat dicharge
Inilah hal yang paling sering dilakukan, yaitu menggunakan ponsel pada saat ponsel sedang diisi daya. Kadangkala kita bermain game ataupun streaming video di youtube saat ponsel sedang diisi yang membuat ponsel terasa sangat panas. Sebaiknya ponsel dimatikan saat sedang diisi agar ponsel menjadi lebih dingin dan tentunya awet.

6. Baterei Palsu
Jika kalian membeli baterai untuk dijadikan baterai cadangan, sebaiknya pastikan kalian membeli baterai itu dari distributor ponselterpercauya dan sesuai dengan ponsel yang kalian gunakan untuk menghindari kalian membeli produk palsu, karena menggunakan baterai palsu bisa menyebabkan ponsel menjadi sangat panas serta daya yang cepat habis.

Semoga artikel yang berjudul hal-hal yang menyebabkan baterai android kalian menjadi panas ini bisa bermanfaat. Jika ada hal yang kurang jelas, silhakan ditanyakan pada kolom komentar di bawah. terima kasih.