Cara Mematikan Auto-Play Videos pada LINE

GoInsan.com - Bagi kalian para pemilik smartphone tentu saja aplikasi chatting line dan aplikasi sejenisnya adalah hal yang wajib untuk diinstal. Line bukan hanya sebatas aplikasi chat saja namun juga menampilkan feeds dari pengguna line lain yang terdapat dalam kontak kita. Pada saat kalian menggunakan aplikasi chatting Line pasti sering menemukan postingan dari teman maupun akun official yang berupa video.

Cara Mematikan Auto Play Videos pada LINE
Secara default video-video yang diposting tersebut akan diputar secara otomatis pada saat layar kita skrol dan video tersebut terlihat.  Video tersebut akan terload dengan bunyi dalam kondisi di-mute. Kalian perlu menyentuh video tersebut untuk mendengarkan bunyinya. Adanya fitur auto play pada aplikasi ini tentunya bisa berguna dan bisa juga sebaliknya yaitu sangat mengganggu. Video yang terputar otomatis ini tentu saja akan menyedot kuota internet dan juga membuat daya baterai ponsel kalian menjadi lebih boros. Kalau kalian banyak kuota sih tidak apa-apa.

Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan sedikit pengaturan yaitu dengan mematikan fitur auto play tersebut yang ada pada menu pengaturan. Untuk cara bagaimana melakukannya silahkan baca dibawah.

Cara Mematikan Auto Play Videos pada LINE

  1. Buka aplikasi line kalian lalu tap pada ikon more/ 3 titik di ujung kanan
  2. Pilih menu setting (ikon roda gigi)
  3. Lihat pada bagian basic setting lalu pilih photos and videos
  4. Pilih opsi ke tiga auto-play videos pada bagian bawah
  5. Silahkan pilih on-wifi only yang artinya video hanya akan diputar secara otomatis jika koneksi internet yang digunakan dari wifi. Atau mematikan total fitur auto play ini dengan memilih opsi "off"

Ada dua opsi yang bisa kalian pilih yaitu memilih on wifi only yang artinya video akan diload secara otomatis jika kalian online dengan terhubung ke wifi atau memilih opsi off yaitu mematikan fungsi auto play.  Dengan mematikan fitur auto play ini maka video tidak akan diload secara otomatis melainkan hanya tampil sebagai thumbnail dengan logo play di tengahnya. Perlu ditap tombol tersebut jika ingin video tersebut diputar. Jika kalian berada di area yang terkoverage dengan wifi, kalian bisa menggunakan opsi pertama.

Tidak hanya Line aplikasi chat serupa rata-rata memiliki mempunyai fitur auto play. Contohnya saja facebook, twitter, instagram dan plikasi-aplikasi serupa lainnya. Tidak hanya di perangkat ponsel pintar, fitur auto play ini juga sudah lama diterapkan pada aplikasi berbasis web browser untuk pc. Contohnya saja pada facebook dan twitter. Fitur auto play pada ke dua aplikasi ini kadang sangat mengganggu. Belum lagi browser menjadi ngelag (padahal ukuran dari video terebut sangat kecil kok browser sampai ngelag dibuatnya)

So, dengan mematikan fitor ini kalian sudah pasti bisa menghemat penggunaan paket data internet dan juga daya baterai ponsel kalian.Silahkan dicoba!
Komentar

Temporary Disabled