Cara Menderingkan Ponsel Android Kalian Yang Hilang

Kehilangan barang adalah suatau kejadian yang tidak diinginkan yang bisa dialami semua orang. Salah satunya adalah kehilangan smarthphone atau ponsel. Kehilangan ponsel bisa disebabkan dari phak individu atau pemilik itu sendiri seperti karena teledor dalam menyimpan serta lupa, juga bisa dikarenakan oleh pihak lain yaitu dicuri. Tentunya kehilangfan ponsel akan menjadi hal yang menyebalkan sekaligus menyakitkan mengingat ponsel sudah menjadi bagian dari hidup yang boleh kita katakan "mendarah daging" . Bagaimana tidak, karena di ponsel kalian pasti menyimpan banyak data mulai dari yang pribadi sampai yang umum, data sekolah atau pekerjaan mungkin dan belum lagi kontak teman dan keluarga. Sangat naas apalagi jika data maupun kontak tersebut belum pernah dibackup.

Bagi kalian yang sedang naas kehilangan ponsel android kalian saat sedang berada di tempat umum, kalian bisa mencoba melacaknya dengan menggunakan trik yang akan saya berikan di bawah ini. Silahkan di simak.

Manfaatkan Fitur Device Manager
Ponsel android kalian dilengkapi dengan fitur device Andministrations yang bisa dihubungkan dengan device manager untuk menjaga keamanan akun kalian. device administrations merupakan aplikasi inbuilt yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan ponsel android yang hilang. Sedangkan device manager bisa dibuka melalui browser pada laptop/pc.

Untuk bisa menggunakan fitur device manager untuk melacak ponsel android yang hilang, perlu dilakukan sedikit pengaturan pada ponsel android.

1. Buka menu "setting"
2. Skrol ke bawah lalu tap menu "security"
3. Tap menu "device administrations"
4. Aktifkan "device admistatrtions" dengan cara mencentangnya

Jadi sangat penting sebenarnya bagi kalian yang memiliki ponsel android untuk mengaktifkan device administrations sebagai langkah preventif jika suatu saat kalian kehilangan ponsel kalian. Setelah pengaturan di android selesai, kalian bisa mengujinya dengan cara membuka laman google device manager melalui laptop ataupun pc kalian. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan masuk ke halaman https://www.google.com/android/devicemanager lalu login dengan menggunakan akun yang ada pada android kalian.
2. Nanti laman device manager akan terbuka dengan kolom kecil yang berisi informasi dari perangkat android kalian serta beberapa opsi
3. Klik "Deringkan" untuk menderingkan ponsel android kalian. Ponsel akan berdering sekalipun ponsel berada dalam kondisi silent total maupun cuman getar saja.

Tampilan Laman Google Device Manager

Sayang sekali ponsel akan berhenti berdering saat layar diketuk maupun kunci layar dibuka. Seharusnya developer google membuat ponsel tersebut berdering terus dan hanya bisa berhenti jika ponsel dimatikan. Jadinya bisa legit. Selain itu ada beberapa opsi yang tersedia di device manager ini seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, yaitu:

  • Mengubah nama perangkat (gambar pensil) yaitu untuk mengubah nama perangkat androidmu. Nama yang diamksud adalah nama yang ditampilkan di laman device manager. Mengubah nama perangkat tidak akan memberikan pengaruh apapun pada ponsel android kalian.
  • Melacak lokasi (gambar gps) digunakan untuk melacak posisi ponsel android kalian. Sayang sekali fitur ini hanya bisa digunakan jika gps pada ponsel android kalian diaktifkan. Selain itu keakuratan pelacakan lokasi ini bisa sangat signifikan dengan luas area yang ditandai tertulis bisa berbeda hanya 39 meter saja. Namun tanda merah yang menunjukkan lokasi saya pada map sangat akurat. Saat map diperbesar lokasi yang ditunjukkan dengan posisi aktual saya hanya meleset kurang dari 10 meter.
  • Deringkan, fitur ini untuk menderingkan ponsel sekalipun ponsel dalam keadaan silent.
  • kunci, digunakan untuk mengunci ponsel kalian dengan cara memsang password.
  • Hapus data, opsi ini berguna untuk menghapus data akun dari ponsel android kalian yang hilang.
jadi dengan cara di atas kalian bisa melacak ponsel kalian yang hilang. Jika jaraknya cukup dekat, maka kalian bisa mendengarkan bunyinya secara langsung, namun akan sulit jika sebaliknya. Jadi memang kita perlu berjaga-jaga jika suatu ketika hal-hal seperti kehilangan ponsel terjadi dengan melakukan langkah preventif dengan cata melakukan pengaturan pada ponsel seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Semoga artikel yang berjudul cara menderingkan smartphone yang hilang ini bisa bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan pada kolom komentar di bawah. terimakasih dan stay safe guys...
Komentar

Temporary Disabled